Sekilas Pengertian dan Asal Mula tentang Management Science

Management science merupakan salah satu satu bidang dari ilmu manajemen yang bahasan ialah tentang penyelesaian persoalan-persoalan yang seorang manajer hadapi baik bergerak di sektor publik ataupun swasta.

Management science menitikberatkan pengambilan keputusan melalui proses pendekatan model-model matematik.

Jadi, pada dasarnya management science adalah suatu cabang ilmu dari aplikasi matematika, sehingga sering kali dalam banyak hal terlihat rumit atau tidak sederhana.

Sering juga management science ini disebut sebagai manajemen kuantitatif yang masuk dalam kategori manajemen kontemporer.

Simak juga: Pengantar dan Klasifikasi Teori Manajemen

Walaupun ada beberapa yang sebenarnya mengkategorikan management science sebagai manajemen klasik.

Management science lahir setelah Howthrone Experiment, yaitu sebuah eksperimen yang dilakukan oleh Hardvard University di mana hasil penelitian tersebut menunjukkan keanehan pada produktivitas dari kedua kelompok yang berbeda.

Di mana di satu kelompok kondisi kerjanya sudah ditingkatkan dan yang satu lagi dalam kondisi tetap, namun tingkat produktivitas yang dihasilkan tetap sama.

Setelah penelitian tersebut, melahirkan teori manajemen kontemporer yang memiliki tiga aliran, yaitu:


1. Behavioral School (Human Relation)

Aliran ini berpendapat untuk memperlakukan manusia baik sebagai individu maupun kelompok. Ini merupakan teori awal yang berkembang dalam semua teori Motivasi, seperti salah satunya yaitu Hierarchy Needs dari Maslow.


2. Quantitative Model

Quantitative Model merupakan cabang ilmu yang berkembang setelah perang dunia ke II, karena dalam keadaan perang semuanya harus bertindak cepat, sehingga pendekatan masalah dengan matematik dan statistik (solusi yang optimal).

Contoh dari ilmu ini yaitu Metode Transportasi yang dikembangkan oleh George B Dantzig, dan Program Integer.


3. System

Aliran ini berpendapat tentang pemecahan masalah dengan melihat masalah tersebut secara system, sehingga juga akan memperhitungka pengaruhnya pada unit lain (tidak hanya sektoral).

Jadi, ilmu management science ialah termasuk pada aliran Quantitative Model. Ilmu management science menghasilkan aplikasi dalam Metode Transportasi, Program Linier, Program Integrer, Penugasan, Manajemen Proyek, Model arus jaringan, dan banyak juga yang lainnya.

Untuk mempelajari ilmu ini secara lebih lengkap, buku yang sangat direkomendasikan adalah dari Taylor yang diterbitkan oleh Prenhall yang berjudul “Management Science 8th atau 9th Edition”.

Dalam buku tersebut dipaparkan dengan lengkap dan mudah dimengerti disertai dengan contoh-contoh penyelesaiannya baik secara manual ataupun menggunakan program komputer.

Di samping itu, Taylor juga sering disebut sebagai “The Father of Scientific Management”, atau bapak dari ilmu management science.

Dalam buku tersebut juga disertakan program komputer apa saja yang dibutuhkan dalam penyelesaian masalah-masalah tersebut, seperti QM for Windows, Excell QM, TreePlan, Crystall Ball, dan lain sebagainya. Silahkan anda bisa me-review buku tersebut agar lebih jelas.

Sumber:
http://e-je.blogspot.com/2009/01/management-science.html


Related Posts

Sekilas Pengertian dan Asal Mula tentang Management Science
4/ 5
Oleh