Sekilas Perjalanan Hidup Sang Pendiri Google Inc – Larry Page

Sekilas Perjalanan Hidup Sang Pendiri Google Inc – Larry Page
Siapa yang tidak tahu Google? Sebuah layanan mesin pencari di internet yang digunakan hampir mayoritas orang di seluruh dunia.

Namun, tahukah anda siapa pembuatnya? Dan seperti kita ketahui sekarang ini Google telah menjadi perusahaan raksasa dengan berbagai produk media yang populer di dunia maya.

Tahukah anda bagaimana itu semua bermula?

Mungkin hanya sedikit dari anda yang mengenal siapa itu Larry Page. Ya, dialah salah seorang yang merintis Google dan saat ini menjadi Presiden dari Produk-produk Google Inc.

Baca juga: Prinsip Sederhana Rasulullah SAW dalam Berbisnis

Terlahir dengan nama Lawrence E. Page pada tahun 1973 di Lansing, Michigan, Amerika Serikat. Ayahnya adalah Carl Vincent Page yang merupakan guru besar ilmu komputer di Universitas Michigan, dan ibunya bernama Gloria Page yang merupakan guru pemrograman komputer di Universitas Michigan.

Mungkin anda tidak kaget bila Larry Page menjadi pengusaha besar di bidang teknologi bila melihat latar belakang kedua orang tuanya.

Ia mendapatkan gelar Bachelor of Science di bidang rekayasa komputer dari University of Michigan setelah itu ia melanjutkan studinya ke program Master di Universitas Stanford.

Pada saat belajar di Universitas Stanford inilah page kenal dengan Sergey Brin. Namun, diawal pertemanannya dengan Brin, keduanya tampak tidak begitu akrab karena banyak ketidaksetujuan pada setiap topik pembicaraannya.

Hingga pada akhirnya sebuah subjek yang telah menjadi sangat menarik bagi mereka membuat kerja sama yang dekat di antara mereka berdua.

Topik tentang bagaimana mengambil informasi dari kumpulan data besar, membuat pasangan ini kemudian menulis apa yang secara luas dianggap sebagai kontribusi mereka di bidang ilmu komputer.

Sebuah karya yang disebut dengan “The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine” menjadi satu dari sepuluh makalah ilmiah paling banyak diakses di Stanford University.

Selepas itu Page dan Brin memulai kerja pada sebuah proyek yang kemudian menjadi layanan mesin pencari Google. Namun, usaha mereka memang tak semulus harapan, coba menjual gagasan tentang mesing pencari tersebut tapi gagal.

Keputusan besar telah diambil oleh mereka dengan menulis rencana bisnis dan membawa total investasi awal hampir sebesar US$ 1 juta untuk mendirikan perusahaan mereka sendiri. Google Inc mulai berdiri pada September 1998, dibuka di Menlo Park, California.

Tanpa diduga, perusahaan tumbuh begitu cepat dan mendapatkan begitu banyak karyawan sehingga membuat beberapa kantor harus di relokasi karena kekurangan ruang. Sampai pada akhirnya hingga sekarang kantor pusat Google Inc menetap di Mountain View, California.

Hingga beberapa tahun selanjutnya, Google yang dipimpin oleh Larry dan Sergey membuat beragam inovasi produk. Serta memiliki karyawan yang berjumlah 5 ribu orang di tahun 2006.

Sebelumnya pada Oktober 2004 Google juga telah mengumumkan hasil kuartal pertama mereka sebagai perusahaan yang terbuka untuk publik dan mencatatkan keuntungan sebesar US$ 805,9 juta.

Larry Page sendiri Di tahun 2005 telah mendapat predikatnya menjadi urutan ke 27 orang terkaya di dunia versi majalah Forbes. Diperkirakan kekayaannya saat itu mencapai US$ 12 miliar.

Sejumlah prestasi juga ditorehkan oleh Page, diantaranya Ia pernah terdaftar sebagai anggota National Avisory Committee (NAC) untuk Universitas Michigan College of Engineering, dan bersama-sama dengan Co-Founder Sergey Brin, Larry memperoleh penghargaan Marconi Prize pada tahun 2004.

Dan di tahun yang sama pula ia menjadi dewan direksi dari X PRIZE, serta terpilih sebagai anggota National Academy of Engineering di Amerika Serikat.

Sumber/gambar :
http://kolom-biografi.blogspot.com/2010/01/biografi-larry-page-pendiri-google-inc.html
http://collection27.blogspot.com/2011/12/biografi-larry-page-pendiri-google-inc.html
www.eweek.com


Related Posts

Sekilas Perjalanan Hidup Sang Pendiri Google Inc – Larry Page
4/ 5
Oleh