Tips Agar Lolos Survey dalam Pembelian Mobil Baru secara Kredit

Untuk bisa lolos survey dalam pembiayaan pembelian mobil baru secara kredit memang bukanlah hal mudah.

Petugas survey biasanya akan menaksir besarnya aliran dana dalam penghasilan dan pengeluaran bulanan anda sebelum memutuskan layak atau tidaknya anda mengambil kredit mobil baru.

Anda akan sangat sulit untuk bisa lolos verifikasi apabila hasil survey yang mereka lakukan tidak sesuai dengan aturan dan kebijakan perusahaan mereka.

Standarisasi untuk lolos atau tidaknya pengajuan kredit mobil anda akan mungkin akan berbeda di masing-masing lembaga keuangan, baik bank maupun leasing.

Baca juga: Tips Sederhana Agar Bank Menyetujui Pengajuan KPR Anda Dengan Mudah

Selain kemampuan bayar yang anda miliki, faktor lain yang menjadi acuan mereka adalah apakah anda memiliki tanggungan hutang lembaga lain, serta apabila hutang anda telah lunas bagaimana penilaian mengenai pola bayar dalam angsuran anda tersebut.

Track record anda dalam kredit sebelum-sebelumnya akan sangat menentukan dalam persetujuan kredit baru anda.

Bila anda memiliki track record yang buruk tentunya kemungkinan untuk disetujuinya pengajuan kredit mobil anda juga akan semakin kecil.

Apalagi jika anda pernah mempunyai riwayat kredit macet yang sampai sekarang belum selesai, tentu nama anda akan masuk dalam ‘blacklist’ nasabah pengajuan kredit mobil baru tersebut.

Selain itu, bila ternyata hasil survey menyatakan bahwa penghasilan dan pengeluaran anda tidak mencukupi untuk menambah pengeluaran baru dalam pembayaran angsuran kredit mobil. Maka peluang anda untuk lolos verifikasi pengajuan kredit mobil pun akan semakin sulit.

Sementara untuk persyaratan administrasi yang harus anda persiapkan dalam pengajuan kredit mobil baru ini hampir sama dengan semua pengajuan kredit di lembaga keuangan lainnya, seperti KTP atau SIM, Kartu Keluarga, Slip Gaji, Rekening Koran, dan NPWP.

Persyaratan administrasi ini penting juga dalam penilaian tim survey sebagai data diri anda yang akan dilakukan pemeriksaan secara sistem dan nantinya persyaratan ini juga akan digunakan sebagai bukti otentik lainnya yang menyatakan bahwa memang benar anda adalah nasabah dari pembiayaan di perusahaan tersebut.


Menyiapkan Dana untuk Uang Muka Lebih Besar

Mungkin aliran dana kas anda akhir-akhir ini sedang dalam kondisi kurang baik, namun sebaiknya anda menyediakan uang muka yang cukup besar dalam permohonan kredit mobil.

Kaitannya adalah pada penilaian tim survey terhadap aliran kas yang anda miliki. Kalau aliran kasnya jauh lebih tinggi dari besarnya angsuran kredit sih tidak ada masalah.

Namun bila ternyata hanya pas-pasan saja sebaiknya anda menyiapkan dana tambahan untuk menaikkan Uang Muka Kredit sehingga jumlah angsuran tiap bulannya juga akan lebih kecil dan ringan dalam pengeluaran bulanan anda.


Siapkan Rekening Koran yang Bagus Aliran Kasnya

Memang ini bisa menjadi cara untuk menutupi penghasilan anda yang pas-pasan. Dengan adanya aliran kas yang bagus pada rekening koran anda, pihak survey akan berpendapat mungkin anda punya sumber pemasukan lain selain gaji bulanan. Dan biasanya pihak survey akan menanyakan hal tersebut pada anda.

Memang secara riil, rekening tidak bisa menjamin anda bisa lolos survey kredit mobil dengan mudah. Tapi, paling tidak ada sedikit keringanan yang akan menjadi nilai tambah untuk lembaga keuangan dalam menilai aliran kas bulanan anda.

Hal ini cukup penting dan hampir semua lembaga keuangan memakai acuan ini dan menjadikannya standar umum.

Memang dalam mengajukan kredit dalam pembelian mobil baru, sebaiknya segala sesuatunya anda persiapkan terlebih dahulu.

Dari mulai persyaratan formal untuk administrasi hingga berbagai macam hal yang bisa menjadi faktor agar dapat memudahkan dalam persetujuan pengajuan kredit tersebut.

Sumber:
http://tipsta.blogspot.com/2013/11/trik-lolos-survey-kredit-mobil-baru.html


Related Posts

Tips Agar Lolos Survey dalam Pembelian Mobil Baru secara Kredit
4/ 5
Oleh