Tips Bisnis Jualan Web atau Blog yang Sukses

Tips Bisnis Jualan Web atau Blog yang Sukses
Sumber: businessnthings.com
Salah satu jenis bisnis internet dengan potensi yang sangat menggiurkan adalah bisnis jual beli website/blog.

Bisnis ini layaknya mereka yang melakukan bisnis jual-beli tanah di dunia offline. Profit secara cepat memang tidak bisa langsung anda dapatkan.

Karena dalam membangun web atau blog dibutuhkan usaha-usaha yang tidak sebentar hingga blog tersebut bisa tumbuh subur dan kita petik hasilnya.

Menjual web itu sebenarnya adalah hal yang sangat disayangkan, karena web atau blog anda merupakan aset virtual yang bisa sangat menguntungkan bila anda tekun membangunnya.

Namun, karena beberapa alasan, atau bisa saja karena anda memang berbisnis di bidang penjualan blog, maka ada beberapa tips yang wajib diperhatikan untuk melakukannya. Berikut kita simak tips-tipsnya!


1. Pastikan Blog atau Web Anda Sudah Layak Jual

Saat anda ingin menjual sebuah blog atau website, hal pertama yang harus anda tanyakan pada diri anda apakah blog tersebut sudah memiliki nilai jual atau belum.

Maksudnya di sini adalah bila web yang anda miliki masih seumur jagung dan belum mendatangkan trafik yang besar, sebaiknya anda membesarkannya terlebih dahulu supaya nilai jualnya tinggi.

Para pebisnis online juga tentunya akan mempertimbangkan berbagai faktor dalam membeli sebuah blog atau web, faktor tersebut antara lain, lalu lintas pengunjung (trafik), Alexa Rank, Pagerank, persaingan di mesin pencari, kualitas konten, dan relevansi kata kunci dengan niche bisnis mereka.

Memang bisa saja anda menjual blog anda yang masih seumur jagung, tapi tentunya harganya juga akan sangat murah, bahkan besar kemungkinan jarang sekali yang berminat.


2. Keuntungan yang Didapat dari Menjual Blog

Menjual website merupakan hal yang sangat disayangkan seperti telah dijelaskan sebelumnya, apalagi jika web anda memiliki kualitas yang baik dari segi trafik dan persaingan di mesin pencari.

Namun, bila anda memang hendak melakukannya sebaiknya pertimbangkan kembali keuntungan apa yang anda dapat dari penjualan blog tersebut.

Apakah biaya serta waktu yang sudah anda keluarkan sebanding dengan nilai uang yang anda dapat dari harga jual blog? Mungkin perlu anda kaji lebih dalam lagi.

Biasanya para blogger yang menjual blognya dikarenakan alasan yang klasik, yaitu karena dia tidak bisa menghasilkan apa-apa dari blognya.

Tapi sebenarnya yang jadi masalah bukan blognya, melainkan usahanya yang kurang maksimal dalam memonetize blog tersebut.

Tentu saja bila anda menganggap bahwa dengan menjual blog tersebut, paling tidak sebagian modal dan biaya yang anda telah keluarkan bisa balik lagi, silahkan saja tidak masalah. Semua kembali pada kebijakan anda sendiri untuk menentukan pilihan.


3. Gunakan Sistem Lelang

Dengan menggunakan sistem lelang, tentunya semua orang yang berminat terhadap blog anda akan berlomba-lomba untuk mendapatkannya dengan harga penawaran yang lebih tinggi.

Ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan dari sistem lelang ini, pertama anda akan mendapat informasi sejauh mana popularitas dan nilai jual blog anda tersebut.

Kedua, kemungkinan besar untuk mendapatkan harga lebih tinggi bisa anda dapatkan ketimbang menjualnya dengan cara biasa.


Bagaimana, sudah ada sedikit gambaran bukan mengenai hal-hal penting yang harus anda perhatikan dalam menjual sebuah blog.

Mungkin masih banyak hal lainnya yang bisa dipertimbangkan. Intinya, mempunyai sebuah web atau blog itu ibarat kita memiliki properti yang bisa dijadikan investasi di masa depan.

Sumber:
http://kuncimarketing.com/tips-bisnis-jual-beli-website-blog/#sthash.DZvrGeHj.dpuf


Related Posts

Tips Bisnis Jualan Web atau Blog yang Sukses
4/ 5
Oleh