Tips Memasarkan Bisnis Rumahan dengan Efektif dan Efisien

Bagi pemula yang ingin memulai bisnis dengan modal kecil, usaha rumahan memang selalu menjadi pilihan terbaik.

Hanya saja, terkadang kita menghadapi kendala tentang bagaimana cara pemasaran yang efektif untuk bisnis rumahan ini.

Seorang pemula yang ingin memulai bisnis dengan modal kecil tentu bisa saja memanfaatkan tempat tinggal yang dimiliki agar keuntungan yang didapat bisa lebih maksimal.

Akan tetapi usaha yang anda buka ini haruslah disesuaikan dengan lingkungan tempat tinggal, agar jangan sampai nantinya usaha yang telah anda bangun tersebut mengganggu ketenangan tetangga atau orang-orang di sekitar tempat usaha anda.

Baca juga: Pengertian dan Macam-macam Bisnis

Dengan adanya bisnis rumahan, anda jadi bisa meningkatkan penghasilan supaya kebutuhan keluarga dapat tercukupi, selain itu dari bisnis rumahan tersebut juga sebenarnya sangat membantu terwujudnya pemberdayaan bisnis UKM sehingga bisa sedikit mengurangi angka pengangguran khususnya di lingkungan sekitar rumah anda.

Kendati demikian, bisnis rumahan memiliki perbedaan dengan bisnis-bisnis besar pada umumnya, seperti pada proses perencanaan, proses produksi, sampai pada proses pemasarannya.

Nah, untuk mengoptimalkan bisnis rumahan yang anda jalankan agar dapat memberi penghasilan yang besar, pastinya dibutuhkan strategi pemasaran yang efektif.

Untuk itu, posting kami berikut ini akan berbagi mengenai apa saja strategi pemasaran yang cocok untuk dilakukan oleh bisnis rumahan.


1. Promosi dari Mulut ke Mulut

Memasarkan produk bisnis rumahan yang anda miliki memang bukanlah hal mudah, sebagai langkah awal dalam memasarkannya, anda bisa mencoba dengan cara dari mulut ke mulut.

Teman, keluarga, tetangga, bahkan rekan kerja, merupakan sasaran yang pas untuk anda menerapkan strategi dari mulut ke mulut ini.

Dari orang-orang terdekat di lingkungan anda jugalah bisa didapatkan masukan serta kritikan yang membangun guna pengembangan bisnis rumahan anda selanjutnya.


2. Melalui Media Online

Bukanlah hal yang baru untuk memasarkan produk atau bisnis rumahan melalui media online. Cara ini bisa anda mulai dengan membuat akun media sosial seperti facebook, twitter, Blogger, atau melalui Blackberry Messenger.

Selain itu, anda bisa juga memanfaatkan situs-situs iklan jual beli dan situs forum jual beli untuk menjaring lebih banyak lagi konsumen.

Jalinlah hubungan pertemanan lebih banyak, dan jangan lewatkan kesempatan untuk membuka pangsa pasar anda lebih luas.


3. Sebar Brosur

Salah satu strategi pemasaran lainnya yang cukup efektif ialah dengan menyebar brosur. Di samping itu, anda juga bisa memasang pamflet di lokasi-lokasi yang mudah dilihat atau dikunjungi oleh orang ramai.

Semakin banyak orang yang membaca brosur atau pamflet, semakin besar pula kemungkinan untuk anda mendapatkan konsumen atau pelanggan untuk bisnis rumahan anda.


4. Memasarkan Produk ke Toko-toko

Anda dapat memasarkan produk dari bisnis rumahan anda ke toko-toko di sekitar tempat tinggal maupun berada jauh dari tempat tinggal anda.

Untuk sistem keuntungannya, anda bisa menerapkan sistem bagi hasil dengan toko tersebut, atau menitipkannya dengan harga reseller dari anda lebih murah dari yang harga jual di toko tersebut.


5. Ikut Bazar atau Pasar Malam

Bisnis rumahan akan sulit berkembang apabila anda hanya duduk dan menunggu pembeli datang ke rumah anda.

Daripada hanya di rumah saja, lebih baik anda mencoba untuk ikut dalam bazar keliling yang biasanya diadakan suatu kelompok pedagang.

Bazar keliling ini biasanya pindah dari satu daerah ke daerah secara rutin, namun juga tidak sampai keluar kota, paling hanya satu kecamatan atau kota saja mereka berkeliling.

Dengan begitu anda bisa memiliki kesempatan untuk memamerkan produk bisnis rumahan anda. Dengan mengikuti bazar, sebagai pemula anda tidak hanya akan meningkatkan penjualan produk, namun bisa juga menjaring relasi bisnis lebih banyak lagi.


6. Buat Kartu Nama

Terkadang banyak pebisnis rumahan yang menganggapnya hal sepele, padahal adanya kartu nama selain dapat dijadikan sarana untuk memudahkan orang untuk menghubungi anda, juga bisa digunakan sebagai alat pemasaran bisnis rumahan anda lho.


Demikianlah beberapa tips yang bisa kami berikan  sebagai strategi dalam memasarkan bisnis rumahan yang anda jalankan.

Bila bisnis rumahan yang anda jalankan sudah berkembang dengan baik, tidak ada salahnya kemudian anda memikirkan strategi baru untuk menyewa tempat usaha yang lebih besar dengan letak yang lebih strategis lagi.

Sumber:
http://bisnisukm.com/strategi-pemasaran-bisnis-rumahan-bagi-pemula.html


Related Posts

Tips Memasarkan Bisnis Rumahan dengan Efektif dan Efisien
4/ 5
Oleh