Tips Membuat Lapak Jualan yang Sukses di FJB Kaskus

Tips Membuat Lapak Jualan yang Sukses di FJB Kaskus
www.kaskus.co.id
Kebanyakan anda yang membaca posting saya kali ini pastinya sudah tahu dong apa itu FJB Kaskus?

Buat yang belum tahu, FJB itu singkatan dari Forum Jual Beli, dan FJB Kaskus berarti Forum Jual Beli yang ada di situs Kaskus.co.id.


Sama seperti semboyan dalam logo KASKUS yaitu “The Largest Indonesian Community”, situs ini merupakan situs forum dengan trafik yang luar biasa di Indonesia.

Baca juga: 9 Hal Penting yang Perlu Dilakukan untuk Sukses Dalam Marketing

Membernya juga sudah mencapai jutaan, dan setiap harinya posting yang masuk ke kaskus itu bahkan jumlahnya bisa mencapai ribuan. Buat anda yang belum tahu Kaskus, itu tandanya anda kurang gaul nih di dunia maya... hehe.

Kaskus sendiri selalu melakukan pengembangan terhadap situsnya, salah satunya adalah dengan memfasilitasi komunitasnya (kaskuser) dengan berbagai fitur yang membantu dalam kenyamanan bertransaksi jual-beli di FJB.

Jangan salah, banyak lho orang yang telah sukses berjualan di FJB, dan banyak juga yang akhirnya menggantungkan hidupnya dari berjualan online di FJB Kaskus ini.

FJB dan Kaskuser juga memiliki ikatan yang erat sehingga seakan transaksi jual-beli sudah memiliki landasan kepercayaan yang telah terbangun dengan baik.

Intinya, anda harus bisa membangun kepercayaan dari kaskuser lainnya. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kualitas thread jualan anda dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di kaskus. Serta tetap jaga attitude atau perilaku anda di dalam forum tersebut.

Makanya, posting kami kali ini akan membahas tentang apa saja yang perlu anda lakukan untuk dapat membuat lapak dagangan yang sukses di FJB Kaskus. Yuk kita simak sama-sama tips-tipsnya!


1. Ikuti Peraturan yang Ada di Forum

Sebelum mulai membuat lapak atau mulai berjualan, hal pertama yang harus anda perhatikan adalah bacalah rules atau aturan main yang tertera di FJB.

Rules-rules yang ada biasanya terdapat pada thread teratas (sticky) di sub forum tersebut. Atau anda juga bisa membaca F.A.Q setiap forum terlebih dahulu.

Tujuannya agar nanti tidak ada kesalahpahaman antara Seller dan Buyer pada forum tersebut, serta untuk menghindari kesalahan agar lapak anda tidak di lock oleh moderator forum (momod).


2. Kasih Judul yang Jelas pada Lapak

Judul merupakan sesuatu yang penting. Harapannya, dengan hanya melihat judul saja, orang akan tertarik untuk melihat-lihat isi dari lapak anda.

Judul juga akan mencerminkan keseriusan anda dalam berjualan. Dan yang pasti, judul haruslah sesuai dengan barang yang anda perdagangkan.

Tidak harus membuat judul yang panjang, cukup singkat dan padat asalkan memuat informasi inti dari isi lapak.


3. Buat Lapak yang Menarik

Sama seperti saat anda membuat thread di forum lainnya, buatlah thread atau lapak yang menarik di FJB.

Tampilkan lapak sekreatif mungkin, jangan lupa tambahkan smiley, gambar dan bahasa-bahasa yang bisa menarik perhatian buyer, tapi usahakan size-nya jangan terlalu besar, karena bisa membuat lapak anda membutuhkan loading yang lama saat dibuka. Dan juga tentu saja isinya harus sesuai dengan dagangan anda.


4. Cantumkan Foto Dagangan

Kalo kata kaskuser “No Pic = Hoax”, ini penting dan benar sekali. Selain sebagai bukti keseriusan anda dalam berjualan di kaskus, adanya foto asli dalam dagangan anda juga sebagai informasi tentang kondisi barang tersebut.

Dan biasanya penjual tanpa foto asli sering dianggap menjadi modus dalam penipuan dalam jual beli online. Untuk itulah peran foto itu sangat penting dalam lapak dagangan anda.

Jangan lupa foto barang (produk) anda dari berbagai sisi. Karena dalam jual beli online, pihak yang bertransaksi tidak bertemu secara langsung, sehingga pembeli juga tidak bisa melihat barang tersebut secara langsung. Jadi, semua itu harus terwakilkan dari adanya foto pada lapak anda.


5. Informasi yang Lengkap Harus Tercantum dalam Lapak

Pada saat anda membuat thread, di situ tertera kolom-kolom informasi yang harus anda isi, seperti judul, harga, extra attribute, diskon, dan kolom deskripsi di bawahnya.

Nah, jangan sampai itu semua lupa diisi karena lapak anda akan terlihat serius dan tidak terkesan asal-asalan.

Anda juga harus spesifik dalam menjelaskan barang dagangan pada kolom deskripsi di bawahnya, jelaskan semua tentang produk anda, kondisi, harga satuan, cara pembayaran, dan harga reseller, semua itu harus diisi sejelas-jelasnya, agar pembeli bisa langsung mengerti tanpa harus mengajukan banyak pertanyaan lagi.


6. Tuliskan Harga dengan Pasti

Bila saya berposisi sebagai Buyer, ketika telah menemukan barang apa yang sedang dicari, tentunya hal yang saya pastikan berikutnya adalah soal harga.

Cantumkan harga dengan jelas, kalaupun nantinya kemahalan, anda bisa menggunakan fitur “Discount” yang ada pada halaman Edit Thread agar kesannya harga di lapak anda lebih murah.


7. Kontak Jangan Sampai Ketinggalan

Hal penting berikutnya adalah cantumkan kontak anda dengan lengkap. Jangan sampai lupa mencantumkan nomor HP yang bisa dihubungi.

Komunikasi dengan pembeli juga harus selalu anda jaga. Bila perlu, cantumkan juga kontak media sosial anda seperti Line, Whatsapp, Email, YM, PIN BB, dan lain-lain.


8. Cara Pembayaran yang Jelas

Metode pembayaran harus anda cantumkan dengan jelas. Cantumkan bagaimana cara pembayaran melalui transfer bank, atau COD (Cash On Delivery), atau menggunakan Rekening Bersama (Rekber).

Nah, untuk metode pembayaran menggunakan Rekening Bersama, pastikan anda memilih jasa Rekber yang sudah familiar dan terkenal di FJB. Hal ini juga untuk menghindari penipuan yang bermoduskan RekBer.

Tips lainnya adalah dengan memiliki rekening bank lebih dari satu. Hal ini juga akan semakin memudahkan pembeli untuk mentransfer uang mereka lewat rekening sesuai yang mereka miliki.

Karena bila transfer ke rekening bank berbeda tentu akan terkena biaya transfer (fee), dan ini akan mengurangi minat pembeli bila harus mengeluarkan biaya lainnya.

Selain itu, anda juga harus mengaktifkan fitur sms banking dan internet banking anda, agar mudah dalam melakukan pengecekan ketika ada konfirmasi transfer sehingga pelayanan anda akan semakin lebih cepat.


9. Tuliskan Kata Kunci (Tags) dengan Jelas dan Singkat

Saat membuat lapak, ada kolom tentang informasi Tags di bawah upload image. Tulislah Tags sesuai barang dagangan anda, dan menulisnya harus bijaksana agar lapak agan mudah dicari oleh pembeli.

Contohnya, anda mempunyai barang dagangan Handphone Blackberry, maka anda bisa menuliskan handpone, atau Blackberry pada kolom Tags.


10. Mintalah Testimoni pada Kaskuser yang pernah Membeli

Setiap kali proses transaksi selesai dilakukan, dan barang sudah sampai ke tangan pembeli, jangan lupa meminta testi kepada mereka.

Testi ini bisa menjadi bukti bahwa anda bisa dipercaya oleh kaskuser yang lain. Anda bisa membuat thread testimoni sendiri terpisah dari thread lapak dagangan anda agar lebih rapih dan nyaman dipandang.


11. Selalu Lakukan Update di Thread Jualan Anda

Ketika barang sudah terjual, atau ada perubahan pada stok barang, harga, dan kondisi produk, anda harus selalu meng-updatenya di lapak. Hal ini akan memudahkan kaskuser dalam berbelanja di lapak anda.


12. Verified Seller

Sekarang ini di FJB Kaskus sudah adan fitur baru, yaitu “Verified Seller”. Anda bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk menambah kepercayaan pembeli.


13. Jadilah Kaskuser yang Baik

Anda tidak harus menjadi Kaskuser teladan, cukup menjadi kaskuser yang baik saja. Dengan begitu anda akan mendapat dampak positif untuk lapak dagangan anda.

Selain itu, selalu berikan pelayanan yang jujur, ramah, murah senyum (lho, emangnya pembeli bisa lihat wajah kita?), dan yang pasti tetap jaga reputasi anda kepada pembeli dan calon pembeli.


Nah, demikianlah tips-tips yang bisa kami bagikan untuk anda yang ingin mencoba berbisnis di FJB Kaskus. Selalu ingat untuk senantiasa bersyukur dan berdoa kepada Allah SWT, karena rezeki enggak akan tertukar asalkan kita mau tetap berusaha.

Sumber:
http://www.kaskus.co.id/thread/551bdb39582b2ef6208b4570/?ref=homelanding&med=hot_thread


Related Posts

Tips Membuat Lapak Jualan yang Sukses di FJB Kaskus
4/ 5
Oleh

3 komentar

6 Maret 2016 23.51 delete

Info yang menarik dan bermafaat

Reply
avatar
6 Maret 2016 23.51 delete

Artikel nya bagus dan bermafaat

Reply
avatar
6 Maret 2016 23.52 delete

Artikel yang menarik dan sangat berguna
Makasih infonya..

Reply
avatar