Tips Menggelar Pesta Pernikahan dengan Lebih Hemat

Tips Menggelar Pesta Pernikahan dengan Lebih Hemat
idepernikahan.com
Salah satu momen penting dalam hidup yang paling dinantikan oleh kebanyakan orang adalah momen pernikahan.

Karena di momen tersebut, ada kesempatan untuk membina hubungan yang diharapkan bisa memberi kebahagiaan di masa depan akan diresmikan.

Tetapi, ada juga orang yang tak kunjung memutuskan menikah, dan biasanya itu dikarenakan dua sebab, yaitu belum ada calon pendamping atau belum ada dana untuk melangsungkan pesta pernikahan.

Baca juga: Tanamkan Rasa Tanggung Jawab dalam Mengelola Uang Kepada Anak

Walau sudah punya pacar, kadang ada juga sih yang menunggu punya banyak uang untuk bikin pesta besar, dan itu sah-sah saja.

Namun, enggak ada salahnya juga kamu mencoba melakukan ide-ide kreatif yang bisa menghemat biaya nikahmu, daripada si dia harus menunggu kelamaan? Nanti malah diambil orang. Hehe. Nah berikut ini kami akan berbagi beberapa tips supaya biaya pernikahanmu tidak terlalu membengkak.


1. Buat Undangan yang Kreatif dan Murah

Ada kalanya berlaku rumus “undangan konvensional = akhirnya akan dibuang = buang-buang uang”. Sebelum undangan dipesan, tidak ada salahnya bila kamu membagi undangan yang akan disebar menjadi dua kategori, yaitu penerima undangan fisik dan undangan online.

Calon penerima undangan fisik adalah orang-orang yang jadi prioritas karena mempunyai kedekatan denganmu atau keluargamu seperti saudara-saudara kamu, orang-orang tua, kolega orang tua kamu, kolega kerja yang posisinya lebih tinggi dari kamu, dan sahabat-sahabat dekat yang kurang aktif berselancar di media sosial.

Pilihlah desain undangan yang unik namun tidak terlalu mahal untuk menghemat biaya. Undangan yang unik namun tidak harus mahal ini akan bisa lebih dikenang orang bila dibandingkan dengan undangan berbentuk persegi panjang konvensional.

Di samping itu, dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, atau bahkan Path akan bisa lebih menghemat budget pernikahanmu.

Anda bisa membuat video invitation yang kreatif dan unik, lalu tag calon tamu-tamumu. Undangan online tidak ada salahnya kamu coba, namun buatlah kata-kata yang formal dan serius agar tidak terkesan main-main.


2. Menyewa Seragam Pernikahan

Tidak jarang, dana pesta pernikahan bisa membengkak hanya untuk membeli baju pengantin atau seragam pernikahan.

Apalagi bila kamu punya keluarga besar yang jumlahnya tidak bisa terhitung dengan jari. Ditambah lagi juga dengan keluarga pasanganmu. Masa hanya keluarga kamu saja yang dipakaikan seragam?

Kamu bisa kok mengakalinya dengan memanfaatkan jasa wedding organizer yang menyediakan persewaan baju sekaligus make up.

Demi menghemat biaya, tidak salah bila seragamnya anda sewa saja. Namun, jangan buru-buru. Komunikasikan dulu keputusan kamu dengan keluarga.

Apakah mereka sepakat atau tidak. Bisa jadi keluarga kamu merasa kalau menyewakan baju untuk anggota keluarga lain akan dianggap bentuk kurang hormat.

Kalaupun nantinya keluarga besarmu menginginkan untuk membuat seragam sendiri, sebaiknya jangan membeli bahan pada saat mendekati hari raya karena harga kain pada saat itu akan naik dan sangat mahal.


3. Pesta Di Luar Ruangan Juga Asik Kok

Pesta di halaman rumah? Kenapa tidak? Seperti kita ketahui untuk menyewa gedung bukanlah biaya yang murah.

Terkadang dana hingga puluhan juta bisa kamu keluarkan hanya untuk menyewa gedung dengan kapasitas 500 orang.

Itu pun belum termasuk dekorasi, katering, sound system, dan segala perlengkapan lainnya. Duh, kayaknya bisa bikin tambah pusing nih. Mau nikah kok malah jadi pusing? Hehe

Tapi, kamu pernah enggak sih coba pertimbangkan untuk mengadakan pesta pernikahan yang tidak harus selalu di dalam gedung?

Ada baiknya coba kamu pikirkan untuk membuat pesta outdoor minimalis dengan lokasi seperti di halaman, kebun, lapangan, ataupun di sekitar rumahmu yang memiliki kapasitas yang cukup.

Untuk urusan dekorasi, kamu bisa kok ‘memanfaatkan’ keahlian temanmu yang anak jurusan seni atau kawan yang hobi membuat dekorasi. Pestamu bisa jadi akan dikenang oleh tamu undangan asalkan propertinya unik dengan konsep yang menarik.

Dari konsep pesta outdoor semacam ini, kamu  bisa lho mendapat keuntungan lain, salah satunya adalah membuat kesan keakraban yang kental di antara tamu satu sama lain.

Kamu bisa memasang tenda di beberapa titik untuk kenyamanan para tamu, seperti di tempat antrian makanan dan tempat ucapan selamat agar para tamu tidak kepanasan.


4. Cari Hotel dengan HargaWedding Package yang Murah

Mungkin kamu akan berpikir kalau mengadakan pesta pernikahan di hotel akan menghabiskan biaya yang besar.

Tapi jangan takut dulu, sekarang banyak kok hotel-hotel yang menyediakan Wedding Package dengan harga bersaing. Ya, pesta pernikahan di hotel tidak selalu identik dengan biaya mahal.

Kini banyak sekali hotel yang sedang berlomba-lomba menarik tamu untuk menyelenggarakan pesta pernikahan di hotel mereka.

Biasanya ini merupakan upaya pihak manajemen hotel untuk menutup biaya operasional di sepanjang masa di mana tamu hotel sedang tidak dalam kondisi ramai.

Wedding Package di hotel bisa jadi pilihan selain karena praktis juga memudahkan tamu mencari venue serta harganya cukup terjangkau.

Biasanya untuk paket yang masih cukup terjangkau, kamu hanya perlu membayar Rp 100 ribu per tamu undangan.

Biaya tersebut pun juga sudah mencakup dekorasi, MC, hiburan, make-up, hingga kamar untuk malam pengantin.


5. Menghemat Budget Katering

Dengan memanggil gerobak jajanan langganan kesukaan untuk ambil bagian dalam pesta pernikahanmu enggak ada salahnya dicoba.

Asik juga kan kalau kamu bisa mengajak angkringan langgananmu hadi di resepsi? Tukang es krim favorit kamu? Atau tukang bakso yang sering mangkal di perapatan dekat rumah?

Kamu  bisa meminta mereka mengisi stand makanan di pestamu dan menegosiasikan harganya. Pastinya akan lebih merakyat dan hommy.

Selain itu, perbanyaklah variasi cemilan, buah segar, ataupun kue-kue kering. Dijamin, akan bisa lebih menghemat budget kateringmu.


6. Pilihlah Souvenir yang Unik dan Bermanfaat

Tak usah terlalu ambisius dengan memberikan souvenir yang mewah pada pesta pernikahanmu. Kamu bisa pilih souvenir yang unik tapi bermanfaat untuk digunakan para tamu sehingga akan lebih berkesan bagi mereka.

Misalnya kamu bisa memberikan benda-benda seperti mug, tote bag, sapu tangan, atau benda-benda lain yang kecil tapi ada manfaatnya.

Untuk nama dan foto sebaiknya jangan terlalu besar, karena biasanya mereka akan segan untuk menggunakannya di keseharian.


Demikian tips yang bisa anda lakukan untuk menghemat budget dalam menggelar pesta pernikahan. Nah, bagaimana? Sudah tidak pusing lagi kan?

Kamu bisa coba cara-cara di atas agar biaya pernikahan kamu bisa lebih hemat. Jadi kamu bisa simpan uangmu untuk kehidupan pasca menikah.

Karena pernikahan itu hanyalah momen lembaran baru dalam hidup kamu, yang terpenting adalah bagaimana kamu akan mengisi lembaran-lembaran baru hidup kamu dengan menjalaninya bersama pasangan hidupmu hingga usia senja.

Sumber:
http://www.hipwee.com/tips/6-konsep-alternatif-untuk-biaya-pernikahan-yang-lebih-hemat/


Related Posts

Tips Menggelar Pesta Pernikahan dengan Lebih Hemat
4/ 5
Oleh