Tips Mengoptimalkan Sosial Media Sebagai Strategi Pemasaran Bisnis Anda

Tips Mengoptimalkan Sosial Media Sebagai Strategi Pemasaran Bisnis Anda
Sumber: commons.wikimedia.org
Banyak dari mereka yang tertarik melakukan strategi marketing sosial media dengan spektakuler, namun tidak tahu bagaimana caranya.

Mungkin anda termasuk orang yang ingin menginspirasi orang lain dengan menemukan sebuah konten berharga.

Sebenarnya ada cara yang lebih efektif dan tidak perlu anda menghabiskan waktu berjam-jam setiap hari untuk merumuskan suatu posting yang sempurna.

Yang anda butuhkan hanyalah pemahaman dasar dan perencanaan matang mengenai siapa target pasar untuk bisnis anda.

Baca juga: Hindari 6 Hal Berikut Dalam Mendesain Web E-Commerce Responsif

Berikut ini kami akan berbagi beberapa cara mudah dalam mengoptimalkan sosial media sebagai strategi marketing untuk bisnis anda. Silahkan disimak!


1. Lengkapi Profil pada Sosial Media Anda

Bila anda sudah siap untuk terhubung dan berinteraksi dengan orang-orang yang tepat untuk pasar bisnis anda, segera lengkapi profil sosial media. Optimalkan juga profil sebagai kata kunci dalam bisnis anda.

Dunia harus tahu siapa anda, apa pekerjaan anda, dan bagaimana klien yang potensial dalam jaringan dapat terbantu dengan melihat profil diri anda.


2. Bergabung dan Aktif di Google Plus

Bila anda ingin mudah ditemukan di dunia maya, maka buatlah akun dan bergabunglah di Google Plus!

Karena hasil pencarian pada Google Search Engine mengkorelasikan lebih banyak dengan Google Plus. Namun, anda juga harus terlibat aktif dalam Google Plus, tidak hanya sekedar bergabung saja.


3. Bergabunglah dalam Grup-grup di Facebook

Anda bisa membuat sendiri grup anda, atau bila ingin lebih praktis bisa juga bergabung dengan grup facebook yang sudah ada. Kemudian undanglah klien, prospek anda dan profesional industri lainnya untuk ikut bergabung di grup bersama anda.

Jelaskan alasan dan manfaat yang bisa didapatkan dengan bergabung di grup tersebut. Yakinkan pada setiap orang yang bergabung dalam grup bahwa grup tersebut aman, dan bebas dari spam.


4. Promosikan Di Instagram

Instagram bisa anda gunakan untuk mendukung semua usaha pemasaran anda. Anda dapat memasang gambar dengan tindakan panggilan agar para followers bisa diarahkan ke website anda.

Mungkin bisa berbagi tips-tips atau artikel dari posting anda, atau sekedar memberitahu followers bahwa ada posting baru dan arahkan mereka ke blog.


5. Berhubungan dengan Orang yang Punya Kesamaan

Bila anda bingung dalam pembuatan konten, Anda bisa berhubungan dan minta bantuan orang-orang yang memiliki kesamaan dengan anda baik dalam hal selera atau pemikiran.

Hubungan yang bermakna harus dapat diciptakan dengan influencer lain merupakan cara yang bagus untuk menjaga anda agar selalu update pada industri.


6. Komentar di Blog Lain

Banyak blogger aktif yang banyak berkomentar di blog-blog lain sebagai suatu strategi untuk memperoleh visibilitas, menciptakan hubungan strategis, dan meningkatkan popularitas.

Ketertarikan mereka untuk bergabung ke jejaring sosial akan terdorong dengan hal ini, sehingga interaksi lebih lanjut bisa dimungkinkan.


7. Pasang Social Share Button di Website anda

Tambahkan social share button pada halaman konten di web/blog anda ketika membuat desain website, hal ini akan memudahkan pengunjung untuk berbagi informasi dengan teman dan rekan bisnis mereka.

Manfaatkan jasa pembuatan desain website untuk hasil yang maksimal agar share button tersebut mudah diakses dan digunakan oleh pengunjung.


8. Penggunaan Twitter dalam Riset Target Pasar

Twitter bisa menjadi alat yang ampuh dalam penggunaannya untuk penelitian bisnis dan pesaing dengan menggunakan nama anda. Atur Twitter alert, riset kata kunci dan dengan menggunakan pencarian pada Twitter Advanced anda bisa identifikasikan peluang anda.


9. Kalender pada Sosial Media

Salah satu cara terbaik untuk berhenti membuang-buang waktu anda dan menjadi tetap konsisten ialah dengan kalender sosial media. Selain itu, tidaklah sulit dalam membuat kalender sosial media. Sesuatu yang mendasar dapat anda gunakan seperti spreadsheet excel.


10. Penggunaan Google Alert

Untuk para Followers anda sebaiknya gunakan kata kunci yang relevan dan atur pula pilihan pengiriman untuk memberi feed bukan dengan email, lalu create.

Ini bisa anda lakukan untuk setiap kata kunci, frase kata kunci, nama bisnis anda maupun ungkapan unik yang biasanya digunakan dalam website atau blog anda.


11. Saling Silang Promosi

Upaya pemasaran secara silang pada jejaring sosial media anda semuanya harus didukung. Bagikan artikel yang menurut anda bagus di google plus. Bagikan juga link Google Plus ke Twitter. Mungkin tidak semua orang yang mengikuti anda di jejaring sosial yang sama.

Pastikan keberadaan anda diketahui mereka dan berikan kesan bahwa tidak sulit untuk terlibat bersama anda di beberapa saluran.


12. Bagikan Quotes yang Menarik

Jangan pernah anda lupakan kekuatan quotes di saat semuanya gagal. Penggemar sosial media dan pengikut dari segala jenis quotes jangan anda lupakan. Beberapa menit dapat anda luangkan untuk melihat quotes yang relevan. Kemudian pilih yang menurut anda menarik dan bagikan.


Punya akun sosial media jangan hanya dimanfaatkan untuk hiburan di waktu senggang saja. Sosial media sangat bermanfaat untuk membantu upaya pemasaran bisnis anda seperti yang anda lihat dari tips-tips di atas.

Sumber:
http://blog.sribu.com/2014/08/27/26-tips-unik-promosi-sosial-media-untuk-marketing-bisnis-perusahaan/


Related Posts

Tips Mengoptimalkan Sosial Media Sebagai Strategi Pemasaran Bisnis Anda
4/ 5
Oleh

1 komentar:

30 Oktober 2015 23.38 delete

Ikut nyimak gan.. Tipsnya boleh juga nih. Salam kenal aja dari http://www.KiatKiat.com

Reply
avatar