Tips Pintar Kredit Sepeda Motor Agar Lebih Menguntungkan

Tips Pintar Kredit Sepeda Motor Agar Lebih Menguntungkan
motoralsalaam.com
Di tanah air nampaknya pasar sepeda motor sedang sangat bergairah.

Semakin banyaknya kebutuhan masyarakat untuk mobilisasi serta semakin mudahnya perusahaan pembiayaan dalam memberikan layanan kredit sepeda motor menjadi salah satu hal penyebabnya.

Bisa kita lihat dari banyaknya sepeda motor baru yang berlalu-lalang dan hampir sebagian besar pembelian sepeda motor tersebut ditopang oleh lembaga pembiayaan (leasing).

Adanya leasing motor memang menjadi kemudahan tersendiri bagi masyarakat untuk dapat memiliki kendaraan sepeda motor.

Baca juga: Apa Penyebab Pengajuan Pinjaman Anda Di Bank Tidak Disetujui?

Sehingga sedikit banyak bisa meningkatkan perekonomian karena mobilisasi menjadi semakin mudah. Biaya transportasi semakin bisa ditekan, dan waktu tempuh juga menjadi lebih cepat.

Semakin berkembangnya pembelian sepeda motor dengan sistem kredit dikarenakan sekarang ini banyak lembaga leasing yang memberikan kemudahan dalam hal persyaratannya. Sehingga konsumen bisa lebih dimudahkan dalam memiliki sepeda motor.

Kendati demikian, anda juga harus lebih cermat sebelum memutuskan untuk membeli motor melalui leasing. Dan berikut ini kami akan berbagi beberapa tips pintar dalam membeli sepeda motor secara kredit.


1. Jangan Hanya Terpaku Pada Satu Dealer

Pertama, anda harus mengetahui dealer mana saja yang melayani pembelian secara kredit. Namun, sebenarnya hampir semua dealer sepeda motor sekarang ini melayani pembelian secara kredit.

Sebaiknya anda tidak hanya mendatangi satu dealer saja, mungkin bisa juga melihat-lihat pada dealer lainnya, siapa tahu ada perbedaan harga yang ditawarkan.

Selain itu, mencoba mendatangi dealer lainnya juga bisa memberikan alternatif lain apabila sepeda motor yang anda inginkan stoknya sedang habis (indent).


2. Minta Potongan Harga/Hadiah

Biasanya, harga yang tertera pada brosur masih bisa dinegosiasi atau ditawar. Jadi, jangan langsung percaya begitu saja pada harga yang ditawarkan.

Besarnya jumlah potongan juga tergantung pada merek motor, tipe dan sistem pembelian (tunai atau kredit).

Dan untuk pembelian secara kredit, anda juga sebaiknya menawar lagi besarnya angsuran yang disodorkan. Karena, angsuran yang tertera juga biasanya masih bisa ditawar sehingga anda bisa lebih berhemat lagi.


3. Hitung Lagi Jumlah Total Kredit yang Harus Anda Bayar

Sebelum memutuskan untuk membeli coba anda hitung kembali total dari angsuran yang harus anda bayarkan tiap bulannya dikalikan dengan lama pelunasan (dalam bulan).

Ini bisa anda jadikan perbandingan harga terhadap leasing lain, mana yang memberikan bunga angsuran lebih murah.

Jangan tergiur dengan iming-iming diskon yang lebih tinggi tapi ternyata justru jatuhnya angsuran hingga pelunasan totalnya lebih mahal.


4. Ketahui Hak-hak Anda Sebagai Konsumen

Pada saat penandatanganan kontrak perjanjian dengan leasing, ada baiknya anda tidak terburu-buru. Baca dulu dengan seksama isi perjanjian kontrak tersebut.

Perhatikan hak dan kewajiban anda sebagai konsumen. Atau boleh saja anda meminta fotocopy dari perjanjian kontrak kredit yang akan anda lakukan, agar anda lebih banyak mengetahui apa saja hak yang anda dapatkan ketika melakukan pembelian kredit sepeda motor.

Jangan lupa untuk meminta bukti polis asuransi yang biasanya sudah termasuk dalam perjanjian kredit sepeda motor.

Hal ini tentu akan berguna bila suatu ketika sepeda motor anda hilang atau mengalami kecelakaan hingga mengalami kerusakan sampai 75 persen.

Bila pembayaran angsuran telah dilakukan, kuitansi pembayaran wajib anda simpan sebagai bukti kalau-kalau terjadi kesalahan sistem dan tunjukkan ketika pelunasan akan dilakukan.


5. Cari Leasing dengan Sanksi Keterlambatan Lebih Kecil

Terkadang, karena suatu keadaan keuangan ‘darurat’ atau karena lupa, anda sedikit terlambat dalam membayar cicilan kredit sepeda motor anda.

Nah, biasanya keterlambatan bayar ini akan dikenakan denda oleh pihak leasing, bahkan terlambat satu hari saja juga akan terkena denda.

Besarnya denda atau penalty ini biasanya juga berbeda-beda. Untuk itu, pilihlah leasing yang memberikan sanksi keterlambatan berupa denda yang lebih kecil.


6. Fleksibilitas dalam Pembayaran

Pilihlah leasing yang pembayarannya bisa dilakukan di beberapa tempat yang menjadi mitra kerja sama dari leasing tersebut.

Misalnya, pembayaran bisa melalui ATM, atau transfer bank lain, membayar di kantor pos, minimarket, dan lain-lain.

Hal ini akan membuat anda bisa lebih praktis untuk membayar di manapun dan tidak harus bersusah payah datang ke kantor leasing tersebut.

Bahkan, ketika kantor leasingnya sedang libur atau tutup anda bisa melakukan pembayaran di minimarket misalnya.


Nah, itulah beberapa tips pintar untuk anda memilih leasing motor dalam pembelian sepeda motor secara kredit.

Dari tips di atas, tentunya anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih sehingga anda bisa lebih nyaman membayar angsuran di tiap bulannya.

Sumber:
http://harymotor.blogspot.com/2012/06/tips-cermat-memilih-leasing-motor.html


Related Posts

Tips Pintar Kredit Sepeda Motor Agar Lebih Menguntungkan
4/ 5
Oleh