6 Tips Praktis untuk Memulai Berjualan Online

Tips Praktis untuk Memulai Berjualan Online
Pada intinya, melakukan bisnis online tidak jauh beda dengan offline. Yang sedikit membedakannya hanya di media marketingnya saja.

Bila bisnis offline alat pemasaran umumnya dengan cara menyebar brosur, memasang spanduk, canvasing, detailing, presentasi, mengikuti pameran, memasang iklan di koran/majalah, dan sebagainya.

Sedangkan pada bisnis online, alat pemasaran yang digunakan adalah media internet, berupa SEO, SEM, SMM, e-mail marketing, atau program kerja lain seperti affiliasi, dropship, reseller, dan lain-lain.

Ada langkah-langkah praktis yang bisa anda lakukan bila ingin mulai berbisnis dengan berjualan secara online. Berikut langkah-langkahnya:
1. Menentukan Produk / Jasa yang Akan Dijual

Langkah pertama dalam memulai bisnis online ini tentunya anda harus menentukan terlebih dahulu produk/jasa apa yang akan anda jual.

Banyak barang atau jasa yang bisa anda jual, seperti makanan, pakaian, handphone, komputer, hewan peliharaan, atau produk jasa lainnya seperti jasa renovasi rumah, instalasi listrik, konsultasi kesehatan, dan lain-lain.

Ada beragam inspirasi produk dan jasa yang bisa anda jual di internet, asalkan barang atau jasa tersebut bukanlah sesuatu yang dilarang secara hukum untuk diperjual-belikan.


2. Membuat Portal Usaha Anda

Setelah barang atau jasa sudah ditentukan, langkah berikutnya adalah membuat sebuah portal baik itu berbentuk website atau blog yang fungsinya untuk memajang produk anda sehingga pengunjung yang datang ke situs anda bisa melihat-lihat atau sekedar bertanya-tanya terlebih dahulu sebelum membelinya.

Adanya portal ini juga sebagai bentuk keseriusan dan profesionalitas anda dalam berbisnis di internet. Sehingga akan menambah kepercayaan calon konsumen yang hendak membeli produk anda.

Bila diibaratkan bisnis secara offline, situs anda tersebut adalah sebagai toko anda, dan pengunjung yang tertarik untuk datang ke toko anda tersebut pastinya akan melihat-lihat dulu barang-barang yang dipajang di toko anda itu.


3. Promosikan Situs Anda

Langkah ketiga adalah mempromosikan situs anda agar mendapatkan pengunjung yang diharapkan menjadi prospek pembeli di situs anda. Tentunya anda harus memberitahukan situs anda tersebut agar dikenal dan diketahui oleh publik di dunia maya.

Oleh sebab itu, situs anda harus dipromosikan terlebih dahulu melalui situs-situs dengan pengunjung yang besar seperti Google, Facebook, OLX, Twitter, dan lain-lain.

Ada dua cara yang bisa anda pilih dalam mencari pengunjung untuk datang ke situs anda.

Cara pertama adalah cara yang gratis atau biasa disebut dengan istilah Search Engine Optimation (SEO) sedangkan cara kedua adalah dengan cara berbayar atau biasa dikenal dengan istilah Search Engine Marketing (SEM).

SEO merupakan langkah-langkah yang dibuat untuk situs anda agar mendapat ranking yang baik di halaman Mesin Pencari. Biasanya Google adalah mesin pencari yang dijadikan sebagai patokan dalam SEO.

Ranking yang baik di mesin pencari akan membuat situs anda mendapatkan banyak pengunjung ketika mereka coba mencari dengan keyword tertentu.

Namun, kekurangan dari cara yang gratis ini adalah dari segi proses yang akan memakan waktu cukup lama antara 1 sampai 6 bulan untuk bisa membuat situs anda memiliki ranking yang baik.

Sedangkan pada cara yang kedua dengan berbayar atau SEM, tentunya ada biaya yang harus anda keluarkan. Dengan cara ini berarti anda memasang iklan situs anda di website dengan traffic yang tinggi.

Misalkan dengan memasang iklan di layanan Google AdWords, Facebook Ads, atau membayar pihak ketiga untuk bisa mendatangkan traffic yang permanen ke situs anda.

Cara berbayar ini memiliki keunggulan dari segi waktu, biasanya hanya kurang dari 24 jam saja, situs anda akan mulai dibanjiri oleh pengunjung.


4. Membuat Pengunjung Jadi Pembeli

Untuk cara selanjutnya adalah Optimasi Konversi. Harus ada relevansi antara pengunjung yang datang ke situs anda dengan orang yang kemudian membeli produk anda.

Untuk apa kita repot mempromosikan website kita hingga mendatangkan banyak pengunjung tapi tidak ada yang membeli?

Untuk melakukan hal ini memang bukan cara yang mudah. Dibutuhkan teknik-teknik khusus untuk melakukannya. Teknik ini dikenal juga dengan istilah Conversion Rate Optimization (CRO).

Biasanya ada orang-orang yang ahli di bidang ini. Agar lebih mudah, anda bisa menggunakan jasa dari Digital Advertising Agency yang sudah berpengalaman, tentunya harus ada biaya yang anda keluarkan dari usaha ini.

Teknik dalam CRO biasanya mencakup tentang kata-kata iklan, template/tampilan situs, posisi mana saja di halaman situs yang sering dilihat oleh pengunjung, sales letter, dan lain sebagainya.

Intinya, CRO ini berfungsi untuk mengoptimalkan penjualan di situs penjualan yang anda miliki. CRO juga biasanya dilakukan bila pengunjung di situs anda sudah mencapai angka ribuan.


5. Berikan Pelayanan Terbaik

Dari semua langkah yang telah anda lakukan di atas, tentu tidak akan lengkap jika tanpa disertai dengan pelayanan yang baik. Anda juga pasti berharap kalau orang yang telah membeli di tempat anda akan datang lagi dan menjadi langganan anda.

Banyak sekali cara yang bisa anda lakukan dalam memberikan pelayanan yang bisa berkesan bagi konsumen. Misalnya dengan respon yang cepat, memberikan jam pelayanan 24 jam, memberikan garansi, menanggapi keluhan dan pertanyaan pembeli dengan baik, dan sebagainya.

Pada dasarnya hampir sama dengan pelayanan yang bisa anda berikan bila berjualan secara offline, yang membedakan hanya toolsnya saja.


6. Simpan dan Gunakan Dengan Baik Data dari Pelanggan Anda

Dari data yang sudah didapatkan dari pembeli, anda bisa coba menghubungi mereka kembali sekali waktu untuk melakukan riset dan survey dalam mengevaluasi usaha anda dalam melakukan pelayanan kepada mereka.

Dari situ, akan banyak manfaat untuk menemukan solusi dari pada setiap permasalahan yang muncul. Bahkan, anda bisa menciptakan produk baru lainnya yang bisa anda tawarkan kembali kepada mereka. 


Itulah beberapa langkah dalam memulai usaha berjualan online. Yang terpenting adalah anda harus berpikir jangka panjang dalam menjalankan bisnis anda tersebut.

Karena tidak semua bisnis dapat berhasil dan memberikan pendapatan yang besar hanya dalam waktu sekejap. Butuh waktu dan proses untuk anda bisa meraih sukses dari bisnis yang anda jalani. 

Cobalah untuk bersabar dan tetap semangat menjalankan bisnis anda. Bila semua usaha untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan sudah dilakukan. Jangan lupa juga untuk terus berusaha mempelajari semua tips dan trik untuk kesuksesan bisnis anda.

Sumber/gambar:
http://www.bisnisa.biz/2014/09/cara-berbisnis-online-bagi-pemula.html
rumpitekno.com


Related Posts

6 Tips Praktis untuk Memulai Berjualan Online
4/ 5
Oleh