Tips-tips Penting dalam Memulai Karir Menjadi Broker Properti yang Sukses

Tips-tips Penting dalam Memulai Karir Menjadi Broker Properti yang Sukses
Untuk jadi sukses, profesi apapun itu tentunya membutuhkan proses yang tidak mudah. Salah satunya bila anda memilih untuk menyelami profesi menjadi broker properti.

Prinsip-prinsip dasar untuk bekerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas sangatlah dibutuhkan dalam profesi menjadi broker properti.

Untuk jadi broker properti yang sukses, berikut ini kami akan berbagi tips yang bisa anda terapkan dalam bisnis, maupun karir anda.

Baca juga: Tips Memilih Apartemen Murah Di Jakarta


1. Paham Betul Apa itu Properti

Dalam memulai bisnis atau profesi di bidang properti ini, hal pertama yang harus anda miliki adalah pemahaman yang utuh mengenai kata properti.

Seringkali kita bahkan salah dalam mengartikan properti, dan tidak tahu apa saja yang termasuk dalam properti. Padahal tanpa disadari kita sering berhubungan dengan bidang ini.

Bicara properti maka bisa diartikan sebagai tanah dan semua yang berdiri di atasnya itu termasuk dalam kategori properti. Contohnya, tanah itu sendiri, rumah, gudang, ruko, kos-kosan, hotel, gedung, SPBU, dan lain-lain.

Biasanya kebanyakan orang awam bila menyebut properti maka batasannya hanya rumah, ruko, kos-kosan, dan bangunan hunian lainnya. Itulah yang terjadi pada awal seseorang masuk ke dunia properti.

Padahal banyak sekali bisnis yang termasuk dalam kategori properti ini. Untuk memahami properti lebih mendalam tentu tidak bisa hanya berdasarkan teori semata.

Namun, juga butuh yang namanya praktik, diskusi, dan hal-hal lain yang membuat anda terlibat lebih jauh di dalamnya.


2. Cobalah Transaksi Pertama Anda Sendiri

Bila dimungkinkan, anda dapat mencoba untuk bisa bertransaksi sendiri dalam dunia properti atau melakukan hal yang membuat seolah-olah anda akan bertransaksi properti.

Dapatkan pengalaman menarik dari situ, termasuk pemahaman tentang istilah-istilah dalam dunia properti yang belum pernah anda ketahui sebelumnya.

Dari transaksi properti yang dilakukan maka anda akan mulai mengenal istilah notaris, PPH, BPHTB, dan banyak lagi istilah lain yang wajib anda pahami terlebih dahulu sebelum menekuni profesi menjadi broker properti.


3. Jadi Refferal Dulu

Sebelum anda benar-benar menjadi broker profesional, cobalah untuk menjadi refferal terlebih dahulu. Artinya anda bisa mencoba untuk bekerjasama dengan broker properti nasional dari International Brand seperti ERA, Ray White, Century21, atau lainnya.

Tentunya anda akan mendapat banyak ilmu dari kerjasama dengan partner anda tersebut. Ketika anda baru memulai dan belum bisa mengharapkan penghasilan tetap dari profesi ini, anda tidak harus meluangkan waktu terlalu lama.

Anggaplah ini sebagai side job di samping pekerjaan utama anda saat ini. Setelah nanti anda memiliki bekal yang cukup, barulah anda bisa terjun secara total di bisnis ini.

Menjadi Refferal yang anda perlukan hanyalah menemukan properti yang dijual, dan siapa pemiliknya untuk kemudian dipertemukan dengan broker profesional yang menjadi partner anda.

Ikuti bagaimana proses transaksi berlangsung dari awal hingga selesai, dan dapatkan ilmu-ilmu gratis dari situ.


4. Bergabung Dengan Broker Properti

Atau jika anda ingin lebih maksimal dalam belajar dunia bisnis properti ini, anda bisa juga langsung bergabung dengan perusahaan-perusahaan Broker Properti seperti Century21, ERA, Ray White atau yang lainnya.

Setiap brand nantinya akan membekali diri anda dengan pelatihan-pelatihan yang sangat mendukung kemampuan anda dalam berbisnis properti.

Pelatihan tersebut  biasanya akan diberikan sampai anda benar-benar siap dan layak untuk bertemu dengan owner, buyer serta pihak-pihak terkait seperti notaris dan perbankan yang akan berperan penting dalam transaksi properti anda.


5. Perkaya Listing Produk Anda

Berbisnis properti ini sebenarnya hampir sama dengan bisnis-bisnis lain. Seperti kita ketahui kalau dalam bisnis properti ini produknya berupa rumah, kos-kosan, ruko, SPBU, dan lain-lain.

Anda harus benar-benar pasang mata dan telinga di lingkungan ini agar memiliki banyak barang yang bisa diperdagangkan. Semakin banyak chanel, semakin bagus juga peluang anda untuk dapat sukses menjadi broker properti.

Misalnya, anda mengetahui bahwa ada properti yang hendak dijual, langsung kejar dengan cepat, pompa keberanian anda untuk menemui mereka. Anda bisa bertanya seolah-olah sebagai pembeli yang sangat ingin tahu detail properti yang akan dijual.

Kemudian anda bisa menyampaikan dengan sopan bahwa anda akan membantu mereka menjualkan properti mereka agar bisa terjual lebih cepat sesuai harapan pemilik.


6. Perbanyak Jaringan dan Kawan Anda

Seringkali kawan menjadi orang yang sangat berperan untuk memberikan info-info apabila ada peluang properti yang akan dijual. Perbanyaklah kawan yang tahu tentang profesi baru anda ini.

Atau anda bisa juga menawarkan mereka menjadi refferal dengan pembagian yang relevan dari setiap properti yang bisa terjual.

Usaha memperbanyak perkawanan ini bisa anda lakukan dengan mengikuti kegiatan-kegiatan sosial, komunitas, atau dengan memasang iklan di media cetak, internet, maupun menyebarkannya lewat social media.

Dengan semakin banyak jaringan yang anda miliki, semakin banyak pula potensi yang bisa anda dapatkan, seperti potensial owner, buyer, refferal, dan keuntungan lain dalam mendukung profesi baru anda sebagai broker properti profesional.

Sehingga langkah anda dalam menuju kesuksesan juga akan semakin mudah.


Itulah beberapa tips buat anda yang ingin menekuni profesi sebagai broker properti yang sukses. Yang terpenting adalah untuk tetap menjaga semangat anda.

Jangan hanya manisnya saja yang anda bayangkan, tapi perhitungkan juga kendala-kendala yang akan anda hadapi dalam bisnis ini. Sehingga anda akan lebih siap ketika hambatan-hambatan tersebut datang menghampiri anda.

Sumber/gambar:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-trik-properti/tips-menjadi-broker-properti-sukses
cirebonproperti.com


Related Posts

Tips-tips Penting dalam Memulai Karir Menjadi Broker Properti yang Sukses
4/ 5
Oleh