5 Hal Mendasar yang Harus Selalu Anda Ingat Sebagai Seorang Sales

5 Hal Mendasar yang Harus Selalu Anda Ingat Sebagai Seorang Sales
aji-bintara.blogspot.com
Menjadi seorang tenaga penjual atau salesman terkadang memang bukanlah hal mudah.

Dibutuhkan trik-trik khusus dalam memikat orang agar tertarik untuk membeli produk anda.

Nah, jika anda adalah orang yang bekerja sebagai tenaga penjual, dan ingin menjadi seorang tenaga penjual yang baik, maka kalimat-kalimat berikut ini mungkin bisa membantu anda untuk mencapai hal tersebut.

Baca juga: Tips Sederhana Menjadi Seorang Sales yang Baik


1. Konsumen Selalu Benar

Seorang konsumen tentunya sangat tahu apa yang sebenarnya dia inginkan, untuk itulah anda harus memposisikan konsumen sebagai orang yang selalu benar.

Hingga seorang penjual menemukan pertanyaan yang tepat dan informasi yang tepat untuk konsumen, sebagai seorang salesman yang baik maka anda harus selalu berasumsi bahwa pelanggan adalah benar.

Namun, ungkapan tersebut juga bukan tanpa batasan, karena bila anda ingin sukses dalam penjualan anda, tentu harus mampu memenuhi kebutuhan konsumen yang bisa saja jadi berbeda dengan perkataan si konsumen itu sebelumnya. Tapi, pada tahap awal pertemuan anda posisikan konsumen sebagai orang yang benar.


2. Penjualan untuk Besok Ditentukan dalam Perencanaan Hari Ini

Rencana dan jadwal kerja yang tersusun dengan rapi hingga beberapa hari ke depan akan membuat seorang tenaga penjual mampu dengan baik menganalisa peluang-peluang bisnis yang ada, baik kaitannya dengan penjualan hari ini maupun untuk hari-hari mendatang.

Dalam mengejar peluang, anda harus tetap proaktif dan bisa meluangkan waktu untuk menjaga hubungan dengan konsumen yang sudah ada supaya peluang untuk pembelian ulang produk yang ditawarkan dapat terbuka kembali.


3. Anggapan Konsumen, Mereka Membeli dari Orang, bukan Perusahaan

Sebagai seorang tenaga penjualan yang profesional, anda harus mampu bersikap positif, menjadi sahabat konsumen, dan mendengarkan mereka dengan baik.

Pada dasarnya, kedekatan konsumen dengan tenaga penjual yang berhubungan dengannya lebih banyak mempengaruhi keputusan mereka dalam membeli suatu barang.

Oleh sebab itu, tenaga penjual haruslah menjadi orang yang disukai oleh pelanggan dengan memberi layanan terbaik saat menawarkan suatu produk.


4. Konsumen Perlu Terlibat dalam Proses Penawaran

Untuk memastikan pelanggan anda tetap perhatian dan memahami semua yang anda ucapkan, maka keterlibatan konsumen juga harus tetap berjalan.

Mintalah pendapat konsumen tentang produk yang akan dibelinya dan berikan kesempatan pada konsumen untuk ikut berbicara dan memberikan infomasi lebih banyak guna proses penjualan yang lebih baik lagi ke depannya.

Dengan melakukan hal ini, tujuan utama dalam proses penawaran agar pelanggan memahami benar dan tidak salah mengartikan apa yang diucapkan tenaga penjualan dapat tercapai.


5. Berterima Kasih pada Konsumen

Ucapkan terima kasih atas waktu yang telah mereka luangkan untuk mendengarkan anda, apalagi jika mereka telah melakukan pembelian pada produk yang anda jual.

Selain itu, anda dapat menindaklanjuti bila bertemu kembali dengan memastikan pelanggan tersebut merasa puas terhadap pembelian yang mereka lakukan sebagai kunci untuk membuat mereka melakukan pembelian ulang.

Sumber:
http://www.coretankecil.com/menjadi-tenaga-penjualan-yang-lebih-baik/


Related Posts

5 Hal Mendasar yang Harus Selalu Anda Ingat Sebagai Seorang Sales
4/ 5
Oleh