5 Metode Pembayaran yang Banyak Digunakan oleh Pebisnis Online

Di saat menjalankan bisnis secara online, tentunya kita juga membutuhkan metode pembayaran guna memudahkan proses transaksi atau pemindahan uang dari pembeli ke tangan penjual.

Mungkin kalau bisnis dilakukan secara offline akan lebih mudah dalam transaksi pembayarannya, karena uang langsung bisa berpindah secara langsung dari tangan ke tangan atau bisa juga melalui transfer antar bank lokal.

Namun, akan berbeda bila kiga melalukan bisnis secara online yang tidak dilakukan tatap muka secara langsung dan menggunakan media perantara internet.

Baca juga: Beberapa Rasio Keuangan yang Dipakai untuk Mengukur Kesehatan Usaha

Jadi, sebelum transaksi pembayaran dilakukan, pembeli memilih barang atau jasa yang ditawarkan melalui website untuk kemudian membayar produk tersebut barulah pembeli akan menerima barang atau jasa yang telah ia bayarkan.

Salah satu kendala yang sering dihadapi dalam berbisnis secara online ialah jangkauan jarak yang luas namun dengan waktu yang terbatas.

Dalam artian, sangat kecil kemungkinan untuk pembeli dengan penjual dapat bertemu secara langsung bahkan bisa saja tidak perlu bertemu bila masing-masing sudah ada rasa yakin dan percaya.

Nah, untuk itulah metode pembayaran yang juga secara online tentunya dibutuhkan guna mempermudah proses transaksi pembayaran yang hendak dilakukan.

Akan tetapi beberapa pertimbangan juga harus dilakukan kaitannya dengan memilih metode pembayaran yang sesuai dengan bisnis online anda. Beberapa pertimbangan tersebut di antaranya:

  • Terpercaya
  • Penggunaanya mudah
  • Diterima secara luas (banyak digunakan oleh pebisnis online), dan
  • Minim biaya transaksi yang harus dikeluarkan


Beberapa metode pembayaran berikut ini bisa dikatakan sesuai dengan kriteria di atas, dan cukup populer di kalangan para pebisnis online. Mari kita simak penjelasannya di bawah ini!


1. Rekening Bank Lokal

Rekening bank lokal tentunya yang paling mudah dan familier untuk digunakan bagi anda yang hendak mengawali bisnis online.

Metode ini juga yang paling cocok untuk digunakan pebisnis yang berkonsentrasi di pasar lokal Indonesia.

Namun, bank lokal yang dipilih juga sebaiknya tidak hanya satu, agar lebih memudahkan pembeli dalam melakukan transaksi pembayaran.

Selain itu, rekening bank lokal yang sejenis juga pastinya akan bebas dari biaya transaksi dan pembeli pastinya akan memilih rekening bank lokal yang sama dengan rekening bank yang mereka miliki.

Pada metode pembayaran antar Rekening di bank lokal ini ada beberapa proses yang biasanya dilakukan:

  • Kita harus menginformasikan beberapa rekening bank yang kita miliki kepada pembeli.
  • Pembeli melakukan transfer sejumlah uang yang telah disepakati ke salah satu rekening bank yang kita miliki dan melakukan konfirmasi agar kita bisa lebih mudah dan cepat dalam melakukan pengecekkan.
  • Jika Transaksi telah masuk, maka kita hanya tinggal mengirimkan barang atau jasa yang sudah dipesan dan dibayar oleh pembeli.



2. Paypal

Paypal adalah alat pembayaran online yang banyak dipakai dan populer bagi pelaku bisnis online, bukan hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia.

Artinya, kita bisa juga menerima dan mengirimkan uang melalui Paypal kepada semua orang di seluruh dunia (tentu saja kedua belah pihak juga harus memiliki akun Paypal).

Dewasa ini juga semakin banyak merchant dari seluruh dunia yang menggunakan Paypal untuk melakukan transaksi pembayaran secara online.

Akun Paypal bisa kita miliki secara gratis. Dengan menggunakan email sebagai identitas atau yang lebih dikenal dengan Paypal ID.

Hanya saja memang yang sering menjadi kendala dalam proses pembayaran melalui Paypal adalah diperlukan proses verifikasi agar kita bisa mengirimkan uang atau menarik uang dari Paypal ke rekening bank lokal yang kita miliki.

Untuk memverifikasinya kita bisa menggunakan kartu kredit, atau salah satu metode verifikasi lain yaitu dengan menerima kode digit pada rekening bank lokal yang kemudian akan digunakan sebagai kode verifikasi akun kita nantinya.

Proses tarik tunai dari akun Paypal pun juga sangat mudah. Kita tinggal menambahkan rekening bank lokal kita ke akun Paypal.

Kemudian pindahkan saldo dari Paypal ke rekening bank lokal kita, hanya saja ada batas minimal penarikan uang dari Paypal yaitu sekitar $ 10 untuk bisa melakukannya.

Sedangkan untuk proses pembayaran dengan Paypal adalah sebagai berikut:

  • Buat website untuk mempromosikan barang atau jasa yang kita miliki.
  • Pembeli memilih dan memesan barang atau jasa dan menekan tautan pembayaran.
  • Proses pembayaran dilakukan melalui Paypal.
  • Dana telah masuk ke akun Paypal penjual dari akun Paypal pembeli.
  • Setelah mendapat konfirmasi, selanjutnya penjual mengirim barang atau jasa yang sudah dipesan dan dibayarkan hingga sampai ke tangan pembeli.


3. Kartu Kredit

Kartu kredit juga sangat populer di kalangan pebisnis online. Hanya saja, kartu kredit memiliki kelemahan yaitu rawan terjadinya pembobolan karena kita membagikan informasi kartu kredit kepada merchat yang dikunjungi.


4. Cek

Pembayaran melalui cek biasanya dilakukan oleh jaringan affiliasi guna membayar para membernya atas kinerja yang telah diberikan.

Beberapa perusahaan jasa yang menggunakan cek sebagai metode pembayaran di antaranya Adbrite, ClickBank, Google Adsense, dan lain-lain.

Biasanya, cek akan dikirimkan langsung ke alamat tertuju dan bisa langsung dicairkan di bank lokal apabila cek telah diterima.

Hanya saja salah satu kelemahan dalam penggunaan cek sebagai metode pembayaran adalah proses pengiriman yang memakan waktu (30 hari) dan biaya yang cukup besar untuk setiap pencairan (biasanya sekitar $ 10 s/d $ 30).


5. Western Union

Western Union adalah jasa pengiriman uang secara real time ke berbagai penjuru dunia. Metode pembayaran ini memiliki keunggulan di antaranya lebih aman, cepat, dan bisa langsung cair minimal hanya dalam hitungan menit.

Payment processor yang satu ini juga menjadi favorit untuk para publisher Google Adsense, karena prosesnya yang cepat dan biaya yang dikeluarkan juga lebih minim dibandingkan dengan payment processor yang lain.


Demikianlah posting kami kali ini yang sedikit mengulas tentang beberapa metode pembayaran atau payment processor yang populer di kalangan pebisnis online. Apakah anda sudah pernah menggunakan semuanya?

Sumber:
http://promosinet.com/bisnis/bisnis-online/1539-7-metode-pembayaran-bisnis-secara-online.html


Related Posts

5 Metode Pembayaran yang Banyak Digunakan oleh Pebisnis Online
4/ 5
Oleh