6 Langkah Mudah Mengendalikan Nafsu Makan Berlebih

6 Langkah Mudah Mengendalikan Nafsu Makan Berlebih
Obesitas merupakan penyebab timbulnya beragam penyakit dan diakibatkan oleh nafsu makan yang tidak terkontrol.

Nafsu makan yang tidak terkontrol tentunya berbahaya untuk kesehatan tubuh, dan bagi anda yang mengalami kesulitan dalam mengendalikan nafsu makan anda berikut ini kami akan berbagi tentang tips mudah mengendalikan nafsu makan. Silahkan menyimak!


1. Kenali Pemicunya dan Coba Hindari

Nafsu makan yang tak terkendali tentu ada pemicunya, cobalah untuk mengenali apa pemicunya dan berusaha sebisa mungkin untuk menghindarinya.

Baca juga: Jangan Samakan Diet Sehat Remaja dengan Orang Dewasa

Penyebab nafsu makan selalu besar bisa dikenali penyebabnya, antara lain dengan membuat daftar makanan yang akan dimakan selama seminggu sekaligus melakukan rekam mood anda, lalu catatlah kejadian yang membuat anda stres, dan seberapa lapar sebelum anda memulai makan.


2. Waktu Makan Jangan Sampai Terlewat

Banyak orang berpikir kalau melewatkan waktu makan dapat mengurangi asupan kalori, namun hal itu ternyata salah besar.

Menurut Susan Kraus, seorang ahli gizi dari Hackensack University Medical Center, nafsu makan anda justru akan bertambah dengan melewatkan waktu makan.

Sebaliknya, makan berlebih dapat dicegah dengan melakukan cara memilih makanan yang kaya kandungan karbohidrat kompleks.

Hal ini akan membuat tubuh anda kenyang lebih lama dan menjaga kestabilan gula dalam darah.


3. Bedakan Haus dengan Lapar

Bagian otak yang mengontrol mood dan rasa lapar disebut dengan Hipotalamus, bagian otak tersebut akan mengartikan rasa haus seperti rasa lapar.

Jadi, hilangkan rasa haus anda dengan minum sehingga akan dapat menekan keinginan anda untuk makan. Tetapi, pilihlah minuman yang tanpa gula tambahan.


4. Jangan Makan Saat Stres

Anda cenderung akan memiliki nafsu makan tinggi dan tidak terkontrol saat sedang mengalami kondisi stres.

Jadi, keinginan untuk makan di saat stres melanda sebaiknya jangan dituruti. Tunggulah sekitar 20 menit ketika muncul keinginan untuk makan. Kemungkinan nafsu makan akan mereda seiring dengan meredanya tingkat stres anda.


5. Alihkan 

Jangan tertipu pada keinginan untuk makan padahal yang anda butuhkan hanyalah gerakan mulut untuk membuat rasa kenyang. Anda bisa coba mengunyah permen karet bebas gula.

Peneliti dari Australia mengungkapkan, orang yang hobi mengunyah permen karet mempunyai hormon stres 16 % lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak hobi mengunyah permen karet.


6. Tertawa

Penelitian menunjukkan bahwa stres dapat dikurangi dengan tertawa. Lihatlah segalanya dengan pikiran positif dan ceria untuk membuat anda lebih mudah tertawa.

Karena dengan tertawa juga akan membantu tubuh dalam membakar kalori dan mengeluarkan hormon bahagia endorfin.


Nah, itulah keenam langkah dalam mengendalikan nafsu makan berlebih dengan mudah. Semoga bermanfaat dan silahkan berbagi di halaman agar banyak orang yang mendapatkan manfaat dari tips ini. Terima kasih.

Sumber:
http://health.kompas.com/read/2013/06/04/16135991/Sulit.Mengontrol.Nafsu.Makan.Ikuti.Kiat.Ini


Related Posts

6 Langkah Mudah Mengendalikan Nafsu Makan Berlebih
4/ 5
Oleh

2 komentar

26 Mei 2015 05.46 delete

cocok ini akhir-akhir ini saya sering makan banyak, sampai perut sakit. semoga dengan cara ini saya tidak hilaf lagi kalau makan
blogwalking dari khaeruncorporation.blogspot.com

Reply
avatar
24 Juli 2015 01.21 delete

hehe. iya gan, semoga tidak khilaf lagi. dan semoga Allah mengampuni kekhilafan agan. wkwkwkwk

Reply
avatar