7 Tips Memulai Bisnis Jualan Pulsa dengan Sukses

7 Tips Memulai Bisnis Jualan Pulsa dengan Sukses
jawabanpasti.com
Komunikasi memang telah menjadi kebutuhan penting di kalangan masyarakat pada jaman sekarang.

Apalagi harga ponsel sekarang ini sangatlah bervariasi, ada yang mahal dan ada pula yang murah serta terjangkau oleh banyak kalangan.

Itulah sebabnya banyak orang saat ini menggantungkan hidupnya dari jalinan komunikasi tanpa batas.

Hal itu pula yang menjadikan bisnis jualan pulsa menjadi kian digandrungi di masyarakat.

Kendati demikian, nampaknya tidak sedikit pula orang merugi ketika berjualan pulsa elektrik, walaupun beberapa ada juga yang hanya mampu balik modal tanpa bisa menghasilkan keuntungan.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Waralaba Sukses Bagi Pemula

Sebenarnya penyebab hal tersebut sangatlah sederhana, yaitu dalam memulai bisnis pulsa mereka tidak menerapkan prinsip bisnis yang benar.

Berbisnis jualan pulsa elektrik ini modal yang dibutuhkan tidaklah besar. Hanya dengan deposit sebesar 50 sampai 100 ribu saja, anda sudah bisa memulai usaha ini.

Namun, kembali lagi pada penerapan prinsip yang benar, karena tanpa hal tersebut, walaupun modal yang dibutuhkan relatif kecil, jangan sampai malah anda menyepelekan kerugian yang tidak seberapa itu.

Berikut ini beberapa tips untuk anda yang hendak memulai bisnis jualan pulsa agar bisa terkelola dengan baik dan bisa lebih berkembang:


1. Persiapkan Modal Awal untuk Deposit

Untuk memulai bisnis apapun tentu ada modal yang harus anda persiapkan. Modal utama dalam bisnis jualan pulsa adalah dana yang cukup untuk melakukan pengisian deposit.

Deposit adalah saldo yang harus anda bayarkan terlebih dahulu yang jumlahnya akan terpotong setiap kali anda melakukan pengisian pulsa kepada pelanggan anda.

Hampir mayoritas server pulsa multi operator sekarang ini membebaskan biaya untuk pendaftaran member barunya.

Deposit minimal sebagai member baru juga jumlahnya relatif tidak terlalu besar. Banyak agen penyedia server pulsa yang memberikan berbagai kemudahan khususnya dalam pengisian deposit awal ketika anda bergabung.

Biasanya deposit minimal yang harus anda siapkan yaitu sekitar Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu. Untuk permulaan, anda bisa mencoba terlebih dahulu pada deposit minimal.


2. Pilih Distributor Pulsa yang Handa dan Terpercaya

Sebelum melakukan pengisian deposit yang lebih besar, sebaiknya anda test dulu bagaimana kecepatan transaksi pada server pulsa tersebut, dan apakah laporan yang diterima saat pengisian telah berhasil juga bisa anda dapatkan dengan mudah.

Kemudian lihat juga apakah harga yang terpotong pada saldo deposit anda sesuai dengan harga yang tertera pada brosur, atau daftar harga yang dicantumkan.

Faktor tersebutlah yang menentukan apakah distributor pulsa tersebut handal dan dapat dipercaya atau tidak.

Di samping faktor di atas, kemudahan untuk berkomunikasi dengan Customer Service serta ketika melakukan komplain juga harus anda pertimbangkan.


3. Lakukan Survey Harga

Lakukan survey kecil-kecilan untuk mengetahui harga pasar pulsa di sekitar tempat anda hendak jualan.

Anda bisa bertanya dengan coba membeli pulsa di tempat lain. Berapa margin yang biasa para penjual ambil untuk setiap pengisian pulsa dengan nominal tertentu.

Umumnya, penjual pulsa akan mengambil margin sekitar Rp 1.000 hingga Rp 2.000 dari harga yang diberikan oleh distributor.

Survey harga ini sangat penting, jangan sampai nantinya bisnis pulsa anda menjadi sepi pembeli karena harganya yang kemahalan.

Atau harga yang terlalu murah juga akan membuat usaha anda menjadi sulit berkembang, dan mungkin saja mengalami kerugian dikarenakan keuntungan yang didapat tidak sebanding dengan operasional dan perputaran modal dalam bisnis pulsa anda.


4. Gunakan Operator Terbaik untuk Transaksi

Operator yang anda gunakan untuk melakukan transaksi haruslah operator yang memberikan kelancaran dalam melakukan SMS, dan tentu saja dengan biaya per SMS nya juga yang paling murah.

Pertimbangkan pula kekuatan sinyal operator tersebut di lokasi usaha anda. Sebagai referensi, anda bisa menggunakan dua operator yang menurut kami cukup baik dan murah dalam layanan SMS, yaitu Simpati dan IM3.


5. Manfaatkan Fitur Transaksi Social Media

Tidak sedikit sekarang ini distributor pulsa yang menyediakan fitur transaksi dengan menggunakan Yahoo Messenger, Gtalk, ataupun Whatsapp.

Anda bisa memanfaatkannya untuk efektivitas dan efisiensi ketika melakukan transaksi. Karena terkadang ketika menggunakan SMS, bisa juga terjadi gangguan atau trouble dengan jaringan operator yang bersangkutan. Biasanya SMS akan mengalami pending atau reply dari server lama atau tidak didapatkan.

Bila kondisi tersebut terjadi, dan bila memungkinkan, anda bisa menggunakan YM atau Whatsapp dalam bertransaksi, karena biasanya jauh lebih lancar daripada menggunakan SMS.

Namun, tetap saja anda harus memastikan jaringan internet di sekitar lokasi usaha anda tercover dengan baik.

Penggunaan media sosial tersebut juga akan lebih menghemat biaya anda dalam bertransaksi, karena hanya akan memotong quota internet saja tanpa memakan biaya pulsa.


6. Jangan Ambil Pusing Persaingan Harga

Memang tidak bisa dipungkiri, masyarakat di Indonesia masih banyak yang menjadikan harga sebagai faktor utama dalam membeli sesuatu yang berkaitan dengan kebutuhannya.

Tapi biarlah, jangan anda ambil pusing. Tak perlu ikut-ikutan para pesaing anda yang menurunkan harga secara gila-gilaan.

Tetap pada harga umum pasaran, hanya saja berikan nilai tambah pada pelayanan, misalnya saja keramahan dan kecepatan dalam melakukan transaksi, atau pelayanan dalam waktu 24 jam juga bisa anda pertimbangkan bila memungkinkan.


7. Maksimalkan Promosi Anda

Promosi yang efektif tentu akan menjamin kesuksesan bisnis pulsa anda. Bisa dicoba dengan mengabarkannya pada teman-teman anda melalui SMS, atau dengan media social.

Melakukan promosi melalui jejaring sosial juga sangat disarankan, karena jejaring sosial memiliki kelebihan yang mungkin sudah banyak orang ketahui, yaitu efek viralitas.

Hal ini sangat bagus untuk promosi bisnis, apalagi bila anda memiliki follower atau teman yang cukup banyak di Facebook, Twitter, maupun Google Plus.

***

Demikianlah beberapa tips yang bisa kami sampaikan pada posting kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan membantu kemajuan bisnis jual pulsa yang anda jalani.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami, dan juga lupa untuk melihat-lihat posting menarik kami yang lainnya.

Apabila anda suka dengan artikel ini, silahkan bagikan ke teman-teman anda di Facebook, Twitter, maupun Google Plus.

Sumber:
http://pulsa-online.com/cara-memulai-bisnis-pulsa/


Related Posts

7 Tips Memulai Bisnis Jualan Pulsa dengan Sukses
4/ 5
Oleh

1 komentar:

24 Mei 2015 23.07 delete

Dulu saya sempat berbisnis pulsa isi ulang, tapi seiring semakin berkembangnya teknologi, akhirnya sy gukung tikar, karena pelanggan sy kebanyakan menggunakan sms banking utk membeli beli secara online. Yah akhirnya banting setir jd blogger aja hahaha

Reply
avatar