99 Tokoh Sejarah Ekonomi yang Terkenal di Dunia (Bagian 9)

Baca Sebelumnya:
99 Tokoh  Sejarah Ekonomi yang Terkenal di Dunia (Bagian 8)

74. Peter Drucker

Peter Ferdinand Drucker, seorang penulis, konsultan manajemen, dan “ekolog sosial” yang lahir di Kaasgraben, Vienna, Austria, pada 19 November 1909.

Ia sering disebut sebagai bapak “manajemen modern”. Dirinya telah menghasilkan ratusan artikel ilmiah dan populer serta 39 buku yang menjelaskan bagaimana manusia diorganisir pada setiap sektor masyarakat, baik di bidang bisnis, pemerintah, ataupun organisasi non-profit.


Berbagai peristiwa yang terjadi di abad ke-20 juga berhasil ia prediksi melalu tulisan-tulisannya, seperti privatisasi dan desentralisasi kebangkitan Jepang sebagai kekuatan ekonomi dunia, peran pemasaran yang semakin meningkat, dan kebutuhan masyarakat akan sebuah informasi. Drucker juga memperkenalkan sebuah istilah “Pekerja Pikiran” (knowledge worker) pada tahun 1959.


75. Ragnar Anton Kittil Frisch

Ragnar Anton adalah ahli ekonomi berkebangsaan Norwegia yang pertama kali mendapat nobel dalam bidang ekonomi di tahun 1969.

Dirinya bersama Jan Tinberger melakukan pengembangan model dinamis terapan untuk analisis proses ekonomi.


76. Richard Cantillon (1687 – 1734)

Cantillon merupakan tokoh yang sering dilupakan dalam ilmu ekonomi, padahal ia merupakan penulis risalah ekonomi riil yang pertama, sebuah studi yang mendeskripsikan hubungan timbal balik dan kerja dari sistem ekonomi.

Ia pula yang menyumbangkan teori moneter dan juga menjadi orang pertama yang menjelaskan peran ekonomi penting yang dimainkan oleh pengusaha.

Tulisan karya ekonomi Cantillon satu-satunya yang masih ada adalah Essay on the Nature Commerce (Cantillon, 1975).


77. Robert A. Mundel

Robert A. Mundel adalah pemenang nobel tahun 1999 atas teorinya yang sangat mempengaruhi dunia dan khususnya di Eropa dengan membantu lahirnya mata uang Euro.

Pemikirannya yang sangat berpengaruh adalah apakah ada keuntungan yang dapat diperoleh Negara-negara jika melepaskan mata uang mereka demi mata uang bersama.

Artikel yang menggarisbawahi keuntungan mata uang bersama untuk menurunkan biaya perdagangan dan mengurangi ketidakpastian harga juga dialah yang menerbitkannya. Hasil kerjanya tersebut pada akhirnya menghasilkan mata uang Uni-Eropa yang disebut dengan Euro.


78. Robert C. Merton

Robert C. Merton bersama dengan Myron S. Scholes adalah pakar ekonomi dari Amerika Serikat yang memenangkan nobel ekonomi tahun 1997 atas penemuan metode baru untuk menentukan nilai derivatif.


79. Myron S. Scholes

Myron S. Scholes bersama dengan Robert C. Merton adalah pakar ekonomi dari Amerika Serikat yang memenangkan nobel ekonomi tahun 1997 atas penemuan metode baru untuk menentukan nilai derivatif.


80. Robert E. Lucas Jr.

Robert E. Lucas Jr. Merupakan peraih nobel ekonomi tahun 1995 atas pengembangan dan aplikasi hipotesis dugaan rasional, dan dengan cara itulah kemudian mengubah analisis ekonomi makro dan memberikan pemahaman yang mendalam kepada kita tentang kebijakan ekonomi.


Baca Lanjutannya:
99 Tokoh Sejarah Ekonomi yang Terkenal di Dunia (Bagian 10)

Sumber:
http://zayacellrokanhulu.blogspot.com/2014/01/ahli-ahli-ekonomi-nama-nama-ahli.html


Related Posts

99 Tokoh Sejarah Ekonomi yang Terkenal di Dunia (Bagian 9)
4/ 5
Oleh