99 Tokoh Sejarah Ekonomi yang Terkenal di Dunia (Bagian 10)

Baca Sebelumnya:
99 Tokoh  Sejarah Ekonomi yang Terkenal di Dunia (Bagian 9)


81. Robert Fry Engle

Robert Fry Engle bersama dengan Clive William John Granger adalah peraih nobel pada tahun 2003 karena kontribusi mereka pada pengembangan analisis runtun waktu.

Engle merupakan pionir dalam metode autoregressive conditional heteroskedasticity (ARCH), sedangkan Granger atas metode kointegrasinya.



82. Robert J. Aumann Michael Spence dan Joseph E. Stiglitz

Robert John Aumann adalah seorang matematikawan Israel yang dianugrahi Penghargaan Bank Swedia pada tahun 2005 dalam Ilmu Ekonomi untuk mengenang Alfred Nobel bersama dengan Thomas Schelling karena telah meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang konflik dan kerjasama melalui analisis game-theory.


83. Robert M. Solow

Robert M. Solow merupakan peraih nobel ekonomi di tahun 1987 atas kontribusinya terhadap teori pertumbuhan ekonomi.


84. Robert W. Fogel dan Douglass C. North

Mereka berdua adalah sepaket pakar ekonomi dari Amerika Serikat yang pada tahun 1993 berhasil memenangkan hadiah nobel karena kontribusinya yang telah memperbaharui penelitian di bidang sejarah ekonomi dengan penerapan teori ekonomi dan metoda kuantitatif dalam menjelaskan masalah perubahan institusi dan ekonomi.


85. Ronald H. Coase

Ronald H. Coase merupakan peraih nobel atas penemuan dan klarifikasi tentang pentingnya biaya transaksi dan hak milik terhadap struktur institusi dan berperannya ekonomi pada tahun 1991.


86. Simon Kuznets

Simon Kuznets berasal dari Amerika Serikat dan merupakan pemenang nobel ekonomi pada tahun 1971 atas kontribusinya mengembangkan gagasan tentang interpretasi pertumbuhan ekonomi secara empiris yang membawa kepada pemahaman baru dan mendalam mengenai struktur ekonomi dan sosial serta proses pembangunan.


87. Sir Arthur Lewis

Arthur Lewis (Inggris) bersama dengan Theodore Schultz (Amerika Serikat) adalah pemenang nobel ekonomi di tahun 1979 karena telah melakukan penelitian pionir mengenai pembangunan ekonomi dengan aspek khusus kepada masalah-masalah yang dihadapi oleh negara-negara berkembang.


88. Theodore W. Schultz

Theodore Schultz (Amerika Serikat) dan Arthur Lewis (Inggris) adalah pemenang nobel ekonomi di tahun 1979 karena telah melakukan penelitian pionir mengenai pembangunan ekonomi dengan aspek khusus kepada masalah-masalah yang dihadapi oleh negara-negara berkembang.


89. Thomas C. Schelling

Thomas Crombie Schelling lahir di Oakland, California, Amerika Serikat pada 14 April 1921. Ia adalah ekonom negeri Paman Sam yang juga seorang Doktor dari Universitas Harvard di Cambridge (Massachusetts, Amerika Serikat).

Banyak studi yang dilakukannya berkaitan dengan perundingan dan konflik. Ia kemudian bergabung dengan Marshall Plan, program bantuan pasca perang dunia II yang dibentuk Amerika Serikat untuk membangun kembali negara-negara Eropa.

Ia mendapat anugerah dari Bank Swedia dalam bidang Ilmu Ekonomi di tahun 2005 untuk mengenang Alfred Nobel bersama dengan Robert Aumann karena telah meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang konflik dan kerjasama melalui analisis teori permainan.


90. Thomas J Sargent

Ia adalah seorang peraih nobel di tahun 2011 atas kontribusinya dalam penelitian empiris mereka pada sebab dan akibat dalam makroekonomi.


91. Thomas Robert Malthus

Thomas Robert Malthus, atau biasa dikenal dengan Thomas Malthus meskipun dirinya lebih senang dipanggil Robert Malthus adalah seorang pakar demografi Inggris dan ekonom politik yang paling terkenal karena pandangannya yang pesimistik namun berpengaruh sekali tentang pertambahan penduduk.


Baca lanjutannya:
99 Tokoh Sejarah Ekonomi yang Terkenal di Dunia (Bagian 11)

Sumber:
http://zayacellrokanhulu.blogspot.com/2014/01/ahli-ahli-ekonomi-nama-nama-ahli.html


Related Posts

99 Tokoh Sejarah Ekonomi yang Terkenal di Dunia (Bagian 10)
4/ 5
Oleh