99 Tokoh Sejarah Ekonomi yang Terkenal di Dunia (Bagian 4)

Baca Sebelumnya:
99 Tokoh  Sejarah Ekonomi yang Terkenal di Dunia (Bagian 3)


25. Friedrich August Von Hayek

Karya utama dari Von Hayek adalah Monetary Theory and the trade cycle. Hayek dianggap sangat berjasa dalam pengembangan teori siklus perdagangan dari Von Mises yang diintegrasikannya dengan teori kapital dari Bohm Bawerk.

Dan dirinya juga mendapatkan hadiah Nobel pada tahun 1974. Hayek juga yang memperkenalkan teori tentang uang dan fluktuasi ekonomi, serta analisis tentang fenomena institusi, ekonomi dan sosial yang saling ketergantungan.



26. George Friedrich List

George Friedrich List (6 Agustus 1789 – 30 November 1846), merupakan seorang ekonom Jerman terkemuka abad ke-19 yang mengembangkan “Sistem Nasional” atau lebih sering disebut juga dengan Sistem Inovasi Nasional.

Sistem tersebut merupakan nenek moyang dari sekolah sejarah ekonomi Jerman, dan dianggap sebagai teori asli Uni Eropa yang ide-idenya menjadi dasar bagi Masyarakat Ekonomi Eropa.

Menurut Friedrich List, Perkembangan Ekonomi dari masa ke masa mempunyai beberapa tahap produksi yaitu: Tahap primitip, Tahap Beternak, Tahap Pertanian, Industri Pengolahan (Manufacturing), Pertanian, Industri Pengolahan dan Perdagangan.


27. Friedrich Von Wieser (1851-1920)

Ekonom asal Austria ini memiliki karya utamanya yaitu Uber dan Ursprung und die Hauptgesetze des Wirtschaftlichen wertes (1884).

Ia dipandang sangat berjasa dalam pengembangan teori utilitas marjinal Menger, dengan menambahkan formulasi biaya-biaya oportunitas (opportunity cost).


28. Gary S. Becker

Gary Stanley Becker dilahirkan di Pottsville, Pennsylvania, pada 2 Desember 1930. Ia merupakan seorang ekonom dan pemenang hadiah nobel tahun 1992.

Becker menerbitkan sebuah buku pada 1957 dari disertasinya yang menghubungkan ilmu ekonomi dengan ilmu sosiologi.

Dirinya memasukkan teori ekonomi guna mengevaluasi efek diskriminasi pada pekerjaan dan gaji kaum minoritas.

Diskriminasi dibuktikannya ternyata lebih merugikan perusahaan, karena sikap kompetitif akan berkurang dan konsumsi pasar juga akan banyak yang hilang.


29. George A. Akerlof

Nama lengkapnya adalah George Arthur Akerlof, ia lahir pada 17 Juni 1940 di New Haven Connecticut) dan merupakan ekonom Amerika Serikat.

Pada tahun 2001 dirinya menerima hadiah nobel bersama dengan A. Michael Spence dan Joseph Eugene Stiglitz atas sumbangsih mereka pada teori asimetri informasi.


30. George J. Stigler

Ia merupakan ekonom dari Amerika Serikat yang berhasil meraih nobel dalam bidang ekonomi di tahun 1982 atas studinya tentang struktur industri, fungsi pasar dan sebab-akibat dari regulasi publik.


31. Gerard Debreu

Ekonom asal Amerika Serikat yang berhasil meraih nobel dalam bidang ekonomi ditahun 1983 atas gagasannya tentang penggabungan metode analitis baru ke dalam teori ekonomi dan reformulasi yang detail tentang teori kesetimbangan umum.


32. Gunnar Karl Myrdal

Ekonom asal Swedia yang bersama Friedrich Hayek (Inggris) memperoleh nobel ekonomi tahun 1974.

Mereka berdua yang memperkenalkan teori tentang uang dan flukstuasi ekonomi, analisis saling ketergantungan antara fenomena institusi, ekonomi, dengan sosial.


33. Harry M. Markowitz

Ia merupakan salah satu dari ahli ekonomi Amerika Serikat yang berhasil meraih nobel pada 1990 karena karya pionirnya dalam teori ekonomi finansial.


34. Heindrich Gossen (1810-1858)

Gossen menjelaskan kepuasan atau faidah (utility) dari pengkonsumsian sejenis barang. Terkenal dengan sebutan Hukum Gossen, dan terdiri dari dua bagian.

Pertama, faidah tambahan (marginal utility) dari pemakaian suatu macam barang akan semakin turun nilainya jika barang yang sama dikonsumsi semakin banyak.

Kedua, Sumber daya dan dana yang tersedia selalu terbatas dan bersifat relatif untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang relatif tak terbatas.


35. Herbert A. Simon

Simon adalah seorang ekonom asal Amerika Serikat yang mendapatkan hadiah nobel Ekonomi tahun 1978. Penelitian pionir dilakukannya yang bertopik tentang proses pengambilan keputusan di dalam organisasi ekonomi.


Baca lanjutannya: 
99 Tokoh Sejarah Ekonomi yang Terkenal di Dunia (Bagian 5)

Sumber:
http://zayacellrokanhulu.blogspot.com/2014/01/ahli-ahli-ekonomi-nama-nama-ahli.html


Related Posts

99 Tokoh Sejarah Ekonomi yang Terkenal di Dunia (Bagian 4)
4/ 5
Oleh