99 Tokoh Sejarah Ekonomi yang Terkenal di Dunia (Bagian 2)

Baca Sebelumnya:
99 Tokoh Sejarah Ekonomi yang Terkenal di Dunia (Bagian 1)


7. Arthur Lewis (1954)

Pembahasannya lebih terfokus pada proses pembangunan antara daerah kota dan desa, dibarengi proses urbanisasi antara kedua tempat tersebut.

Selain itu, teorinya juga mengulas bagaimana model investasi dan sistem penetapan upah pada sistem modern yang juga berpengaruh pada arus urbanisasi yang ada.

Menurut Lewis, pada dasarnya perekonomian suatu negara terbagi menjadi dua, yaitu perekonomian tradisional dan perekonomian industri.



8. Bruno Hildebrand (1848)

Di dalam masyarakat juga terjadi evolusi. Ia membagi pertumbuhan ekonomi menjadi 3 tahap berdasarkan alat tukar yang dipakai dalam perdagangan, antara lain Perekonomi Barter (Natural), Perekonomian Uang, dan Perekonomian Kredit.


9. Bertil Ohlin (23 April 1899 – 3 August 1979)

Bersama dengan Eli Heckscher, Ohlin mengembangkan suatu model matematika standar dalam perdagangan bebas internasional yang kemudian model tersebut dinamakan dengan model Heckscher-Ohlin.

Ia juga mendapat anugerah Nobel Memorial Prize dalam Ilmu Ekonomi pada tahun 1977 bersama dengan ekonom James Meade Inggris atas kontribusi pathbreaking mereka pada teori perdagangan internasional dan pergerakan kapital internasional.


10. Christopher Albert Sims (21 Oktober 1942)

Albert Sims mendapatkan nobel ekonomi di tahun 2011 untuk penelitian penelitian empirisnya pada sebab dan akibat dalam makroekonomi.


11. Clive William John Granger (September 4, 1934 – May 27, 2009)

John Granger merupakan seorang ekonom dari Inggris, mengajar di University og Nottingham, Inggris, dan di University of California, San Diego, Amerika Serikat. Granger dianugerahi Nobel Memorial Prize dalam Ilmu Ekonomi di tahun 2003.

Dia bersama rekannya Robert F. Engle telah membuat penemuan dalam analisis data time series yang telah berubah secara fundamental. Ini adalah cara di mana ekonom menganalisi data dan keuangan makroekonomi.


12. Christopher A. Pissarides (20 February 1948)

Pissarides adalah seorang ahli ekonomi dari London School of Economics Inggris yang mendapat penghargaan nobel untuk bidang ekonomi tahun 2010 bersama-sama dengan Peter A. Diamond dan Dale T. Mortensen untuk kontribusi mereka di bidang makroekonomi yang dikenal sebagai teori gesekan pada saat mencari lapangan pekerjaan bagi mereka yang menganggur.


13. Dale T. Mortensen

Lahir di Amerika Serikat pada 2 Februari 1939, Mortensen adalah seorang ahli ekonomi dari Northwestern University, Amerika Serikat.

Dirinya mendapat penghargaan nobel bersama-sama dengan Peter A. Diamond dalam bidang ekonomi pada tahun 2010, untuk kontribusi mereka di bidang makroekonomi yang dikenal sebagai teori gesekan pada saat mencari lapangan pekerjaan bagi para penganggur.


14. David Ricardo (1772-1823)

David Ricardo adalah ekonom berkebangsaan Inggris yang hidup di awal abad ke-18, ia sangat mementingkan peran dunia usaha untuk bergerak dinamis agar dapat menggerakkan perekonomian sebuah negara.

Judul buku yang dikarangnya adalah “Principles of Political Economy and Taxation (1817)”. Dirinya yakin bahwa kunci dari pertumbuhan ekonomi bangsa adalah dengan bertambahnya jumlah modal, dan hal ini jugalah yang baginya sebagai satu-satunya cara untuk mewujudkan hal tersebut dengan mendorong sektor produksi guna mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

Faktor tenaga kerja dipercayainya sebagai hal yang paling penting dalam pencapaian kemakmuran suatu negara.

Bertambahnya penduduk juga dilihatnya sebagai penyebab turunnya tingkat penghasilan atau upah yang diperoleh. Bahkan sampai pada tingkat di mana upah tersebut tidak cukup lagi untuk menyokong pemenuhan kebutuhan mereka.


15. Daniel Little Mcfadden

Ia bersama James Joseph Heckman berbagi penghargaan di tahun 2000 untuk pekerjaannya di bidang mikroekonometri.

Mcfadden membangun laboratorium ekonometri di University of California, Berkeley, Amerika Serikat.

Baca lanjutannya: 
99 Tokoh Sejarah Ekonomi yang Terkenal di Dunia (Bagian 3)

Sumber:
http://zayacellrokanhulu.blogspot.com/2014/01/ahli-ahli-ekonomi-nama-nama-ahli.html


Related Posts

99 Tokoh Sejarah Ekonomi yang Terkenal di Dunia (Bagian 2)
4/ 5
Oleh