99 Tokoh Sejarah Ekonomi yang Terkenal di Dunia (Bagian 3)

Baca Sebelumnya:
99 Tokoh Sejarah Ekonomi yang Terkenal di Dunia (Bagian 2)


16. Douglash Cecil North

Douglash Cecil North dilahirkan pada 5 November 1920, ia adalah ekonom Amerika yang dikenal untuk karyanya dalam sejarah ekonomi.

Dia bersama dengan Robert William Fogel merupakan penerima penghargaan nobel di tahun 1993 dalam ilmu ekonomi.

Dalam nobel tersebut ia bersama rekannya mendapat penghargaan karena penelitiannya yang tergolong baru dalam sejarah ekonomi dengan menerapkan teori ekonomi dan metode kuantitatif untuk menjelaskan perubahan ekonomi dan kelembagaan.



17. Edmund S. Phelps

Edmund S. Phelps lahir pada 26 Juli 1933 di Evanston, Illinois, Amerika Serikat. Ia merupakan ekonom Amerika Serikat yang dianugerahi penghargaan dari Bank Swedia dalam Ilmu Ekonomi untuk mengenang Alfred Nobel 2006 dalam analisisnya pada penjualan intertemporer dalam politik makroekonomi.

Phelps terkenal karena teorinya tentang tingkat alamiah pengangguran. Dia mengajar di Jurusan Ekonomi Universitas Columbia ketika bertahun-tahun di Pennsylvania dan Yale.


18. Edward Christian Prescott

Edward Christian Prescott adalah ekonom Amerika yang lahir pada 26 Desember 1940. Ia adalah penerima Nobel Memorial Prize di bidang ekonomi bersama dengan Finn E. Kydland pada tahun 2004.

Sumbangannya terhadap ekonomi makro yang dinamis: konsistensi waktu kebijakan ekonomi dan kekuatan pendorong di belakang siklus bisnis.


19. Edwin Cannan

Edwin Cannan (1861-1935) merupakan seorang ekonom Inggris dan sejarawan pemikiran ekonomi. Dirinya adalah seorang profesor di London School of Economics 1895-1926.

Yang paling terkenal darinya adalah teori klasiknya yaitu History of the Theories of Production and Distribution pada tahun 1898.


20. Eugen Von Bohm Bawerk (1851-1914)

Eugen Von Bohm Bawerk merupakan ekonom yang berasal dari Austria. Karyanya yang terkenal adalah Positive Theory of Capital (1889).

Kontribusi utama yang sumbangkannya adalah pengembangan teori tentang modal (theory of Capital) serta teori tentang tingkat suku bunga.


21. Finn Erling Kydland

Finn Erling Kydland merupakan seorang ekonom Norwegia yang lahir pada 1 Desember 1943. Dirinya adalah penerima nobel dalam bidang ekonomi di tahun 2004 bersama dengan Edward C. Prescott untuk  sumbangan mereka terhadap ekonomi makro yang dinamis dengan judul konsistensi waktu kebijakan ekonomi dan kekuatan pendorong di belakang siklus bisnis.


22. Francis Amasa Walker

Francis Amasa Walker (2 Juli 1840 – 5 Januari 1897), merupakan seorang tentara Amerika Serikat umum, ekonom, dan pendidik.

Dirinya mulai dikenal dengan teori-teori ekonomi pada upah dan keuntungan yang mendikreditkan sebelumnya diterima “upah-dana”, teori yang menyatakan bahwa upah didasarkan pada modal yang telah ada sebelumnya, dan ditugaskan sebagai biaya tenaga kerja.

Ia merupakan pelopor dalam penggunaan data statistik untuk mengilustrasikan argumen ekonomi. Ia berusaha keras dalam mendirikan “ilmiah” status ekonomi.

Dia juga merupakan pendukung kuat kapitalisme dengan mengembangkan teori keuntungan pengusaha dan kewirausahaan sebagai mereka “upah” untuk suatu pekerjaan yang sukses.


23. Franco Modigliani

Franco Modigliani (18 Juni 1918 – 25 September 2003), merupakan tokoh Amerika Serikat kelahiran Italia yang mendapatkan penghargaan Bank Swedia dalam Ilmu Ekonomi untuk mengenang Alfred Nobel 1985.

Ada 2 sumbangan yang menjadikannya memperoleh penghargaan tersebut, pertama adalah analisisnya pada “perilaku penabung rumah tangga”.

Pada awal 1950-an, Modigliani mencoba memperbaiki fungsi konsumsi Keynes dan memperkenalkan “siklus hidup” model konsumsinya. Ia menyatakan bahwa sebagian besar orang ingin memiliki tingkat konsumsi yang cukup  stabil.

Sumbangannya yang kedua adalah teorema Modigliani-Miller cukup terkenal dalam keuangan badan. Bersama dengan Merton Howard Miller, mereka menunjukkan bahwa di bawah asumsi tertentu, nilai sebuah perusahaan bebas dari rasio utang pada keadilan.


24. Francois Quesney

Francois Quesney (4 Juni 1694-16 Desember 1774), merupakan seorang ekonom Perancis dari sekolah Physiocratic. “Tableau Economique” (Tabel Ekonomi) tahun 1758 membuatnya dikenal karena memberikan dasar-dasar ide bagi para Physiokrat.

Hal ini adalah pekerjaan pertama untuk mencoba dalam menggambarkan bekerjanya ekonomi dengan cara analitis. Gagasan ini merupakan salah satu kontribusi penting pertama untuk pemikiran ekonomi.


Baca lanjutannya: 
99 Tokoh Sejarah Ekonomi yang Terkenal di Dunia (Bagian 4)

Sumber:
http://zayacellrokanhulu.blogspot.com/2014/01/ahli-ahli-ekonomi-nama-nama-ahli.html


Related Posts

99 Tokoh Sejarah Ekonomi yang Terkenal di Dunia (Bagian 3)
4/ 5
Oleh