Barang-barang Dagangan Agar Toko Kelontong Makin Laris

Biasanya, toko kelontong didesain untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Oleh sebab itu, ukuran yang terlalu luas juga tidak terlalu diperlukan, dan tidak pula semua barang dagangan perlu untuk dipajang di dalamnya.

Keterbatasan ruang dan karyawan yang mengawasi ruang toko menjadikan pengelola toko kelontong untuk bisa memilih barang dagangan apa saja yang sebaiknya ada di dalam toko agar kebutuhan konsumen yang membeli mampu terpenuhi.

Akan tetapi dengan segala keterbatasan tersebut, bukan berarti sebuah toko kelontong mengabaikan barang yang dibutuhkan para pelanggannya.

Salah satu kunci sukses agar toko kelontong dapat mempertahankan pelanggan dan bisa lebih berkembang adalah dengan pemilihan kategori produk yang tepat untuk menjadi barang dagangan wajib yang ada di toko.

Baca juga: 4 Tips Mengelola Keuangan Toko Kelontong yang Efektif

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa jenis barang dagangan yang harus ada dalam sebuah toko kelontong, agar pembeli yang datang tidak kecewa karena barang kebutuhannya tidak tersedia di dalamnya.


1. Makanan serta Minuman Ringan

Salah satu sasaran utama konsumen ketika memasuki toko kelontong biasanya adalah produk makanan dan minuman ringan.

Terutama bagi toko kelontong yang letaknya berada di tengah pemukiman penduduk, apalagi pemukiman yang banyak terdapat anak-anak kecil.

Produk makanan maupun minuman ringan yang dijual juga harus bisa memenuhi ekspektasi harga konsumen di sekitar lingkungan toko, sebab harga masih menjadi faktor utama untuk jenis produk seperti ini.


2. Obat-obat Ringan dan Bebas

Biasanya, konsumen akan lebih memilih untuk beli di toko terdekat apabila membutuhkan obat-obatan ringan semacam obat flu atau obat sakit kepala, terkecuali ada apotek di dekat situ.

Alasan utama untuk memperoleh obat-obat ringan tersebut biasanya karena lebih dekat dan cepat untuk didapatkan.


3. Perlengkapan Mandi dan Cuci

Walaupun biasanya orang akan memenuhi kebutuhan perlengkapan mandi dan cuci di tiap bulan, tetapi ada juga yang membelinya sedikit-sedikit atau tidak sekaligus.

Kebutuhan untuk mandi, seperti shampoo, sabun mandi, pasta gigi, sikat gigi, pembersih wajah, juga peralatan untuk mencuci seperti sabun cuci piring, dan deterjen pakaian juga penting untuk anda sediakan di toko anda.


4. Rokok

Kebiasaan merokok di Indonesia nampaknya masih cukup tinggi, terutama di kalangan laki-laki. Produk ini memang menjadi dagangan wajib yang harus disediakan toko kelontong, selain menjualnya secara bungkusan, anda juga dapat menjualnya secara eceran.


5. Kebutuhan Dapur

Biasanya sih, ada beberapa orang yang melengkapi kebutuhan dapur melalui belanja bulanan di supermarket atau sejenisnya.

Tapi tidak sedikit juga atau ada kalanya persediaan untuk kebutuhan dapur sudah habis sebelum akhir bulan, karena daya tahan sayuran atau bahan pangan juga ada batasnya.

Toko kelontong anda juga bisa menyediakan beberapa kebutuhan dapur, terutama yang bisa tahan lama seperti kebutuhan dapur dalam kemasan. Anda bisa menyediakan minyak goreng, mentega, gula, telur, mentega, kecap, saus, dan lain-lain.


Demikianlah beberapa produk yang wajib tersedia di dalam sebuah toko kelontong, atau bisa juga ditambahkan jenis produk lain berjenis perabot seperti ember, tempat sampah, sapu, alat pel, piring-piring melamin, atau berbagai pelengkap lainnya yang kira-kira tidak memakan banyak tempat di toko kelontong anda.

Jadi, bagaimana, Sudah cukup jelaskan? Semoga tips di atas dapat meningkatkan jumlah penjualan anda.

Sumber:
http://www.coretankecil.com/barang-dagangan-wajib-toko-kelontong/


Related Posts

Barang-barang Dagangan Agar Toko Kelontong Makin Laris
4/ 5
Oleh