Buang Jauh 4 Pola Pikir yang Dapat Menghilangkan Ide Kreatif Anda

Buang Jauh 4 Pola Pikir yang Dapat Menghilangkan Ide Kreatif Anda
Merupakan suatu keharusan memiliki ide kreatif dalam berbisnis untuk mengembangkan dan menjaga kelangsungan bisnis anda.

Perhatian yang konsisten juga harus bisa anda berikan terhadap suatu ide kreatif yang muncul dalam satu waktu dan kesempatan yang terkadang tidak kita sangka.

Sebab, ide kreatif yang biasa muncul tersebut bisa saja hilang begitu saja apabila kita tidak memberikan perhatian lebih pada berbagai ide yang muncul secara tiba-tiba.

Guna menjaga agar ide-ide cemerlang dapat tetap anda miliki, ada 4 pola pikir yang harus anda buang jauh-jauh, mau tahu apa saja pola pikir tersebut? Simak artikel ini sampai selesai!

Baca juga: Beberapa Tips Agar Efektivitas Kerja Tim Bisa Berjalan Dengan Baik


Pola Pikir Terlalu Bersemangat dalam Rencana Bisnis

Siapapun pasti membutuhkan semangat dalam menjalankan suatu bisnis. Anda tidak akan mampu bertahan dalam persaingan dengan lawan bisnis anda apabila anda tidak mempunyai semangat dalam berbisnis.

Apalagi kaitannya dengan perencanaan dan perancangan sebuah bisnis plan, semua bisnis tentunya membutuhkan hal tersebut.

Kendati demikian yang perlu anda perhatikan ialah untuk meraih kesuksesan dalam dunia bisnis, mengandalkan semangat saja tidaklah cukup.

Semangat tersebut perlu juga diimbangi dengan take action dan kerja keras. Tidak akan berarti apa-apa semua rencana yang hanya ada dalam pikiran anda apabila tidak diimplementasikan dalam suatu langkah bisnis.

Banyak pemula yang mengalami kegagalan pada tahap ini, sebab membuat rencana bisnis itu mudah saja untuk dilakukan, namun ternyata amatlah sulit ketika anda berusaha mengimplementasikannya dalam sebuah tindakan.


Pola Pikir Takut akan Risiko

Ketakutan dalam diri setiap manusia pastilah ada, dan sangat sulit untuk bisa menghilangkannya. Salah satu pola pikir yang dapat menghambat ide kreatif anda adalah ketakutan terhadap risiko, terutama ketika dalam menjalankan bisnis.

Berbagai risiko tersebut membuat langkah bisnis kita semakin berat karena risiko tersebut selalu datang mengganggu pikiran kita.

Namun, tak perlu anda khawatir karena rasa takut adalah suatu hal yang manusiawi. Rasa takut merupakan salah satu tanda bahwa sebuah analisa sedang dilakukan oleh pikiran kita.

Penting untuk ditekankan ialah jangan sampai pikiran anda terlalu didominasi oleh rasa takut sehingga malah akan melemahkan pikiran anda sendiri.

Ingatlah, setiap sendi kehidupan tentu saja mengandung risiko. Risiko sudah anda miliki sejak anda berada dalam kandungan hingga anda dilahirkan ke dunia dan setelah sekarang sudah tumbuh menjadi pribadi yang dewasa, mengapa anda masih harus selalu takut kepada risiko?


Pola Pikir “Terlalu Banyak Berpikir Namun Tak Pernah Bertindak”

Untuk pola pikir yang satu ini bagaimana ya cara menyebutnya. Yah, pokoknya seperti itulah, “terlalu banyak berpikir tapi tak pernah ada tindakan”.

Hal ini hanya akan membuat semua ide di pikiranmu itu hanya sebatas imajinasi, tanpa pernah akan bisa terealisasi. Ide kreatif tanpa disertai tindakan, tentu saja akan membunuh ide kreatif itu sendiri.

Aktualisasi dari setiap bisnis plan anda sangatlah penting untuk dilakukan. Baru setelah ide kreatif tersebut anda lakukan, evaluasi bisa anda lakukan.

Jadi jangan hanya terjebak pada pemikiran-pemikiran kosong belaka, bagaimana mungkin anda bisa menilai bahwa pemikiran anda tersebut buruk apabila anda sendiri belum pernah mencobanya?

Kecuali anda telah menganalisa melalui survey dan pengalaman-pengalaman orang yang telah mencoba ide anda tersebut dan mendapat pengakuan yang buruk.


Pola Pikir Skeptis

Terlalu skeptis dalam memandang suatu peluang hanya akan membuat kreativitas anda menjadi ‘kemandegan’.

Janganlah anda penjarakan pikiran anda dengan sikap skeptis yang hanya akan membunuh inovasi dalam pikiran anda sendiri.

Seorang pebisnis selalu melihat kesulitan sebagai sebuah tantangan yang menarik untuk diselesaikan. Anda harus bisa melatih pikiran anda agar tidak skeptis dengan cara pandang yang positif dalam setiap sendi kehidupan.

Pekerjaan apapun yang dilakukan hanya akan dipandang remeh dengan berbagai alasan oleh mereka orang-orang dengan pola pikir yang negatif.

Misalnya, alasan yang sering kita dengar seperti pekerjaan tersebut tidak menghasilkan pendapatan yang baik, bisa juga karena pendapatan yang diterima tidak sesuai dengan beban kerja yang diberikan, atau pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya yang lebih tinggi, dan lain sebagainya.

Itulah keempat pola pikir yang harus anda buang jauh-jauh agar anda tidak kehilangan berbagai ide kreatif yang anda miliki. Semoga bermanfaat dan membuat anda semakin dekat dengan pintu kesuksesan yang diharapkan.

Sumber:
https://www.maxmanroe.com/4-pola-pikir-yang-bisa-membunuh-ide-kreatif-anda.html


Related Posts

Buang Jauh 4 Pola Pikir yang Dapat Menghilangkan Ide Kreatif Anda
4/ 5
Oleh