Hal yang Harus Anda Hindari dalam Bisnis Jualan Pulsa

Hal yang Harus Anda Hindari dalam Bisnis Jualan Pulsa
jawabanpasti.com
Komunikasi memang telah menjadi kebutuhan penting di kalangan masyarakat pada jaman sekarang.

Apalagi harga ponsel sekarang ini sangatlah bervariasi, ada yang mahal dan ada pula yang murah serta terjangkau oleh banyak kalangan.

Itulah sebabnya banyak orang saat ini menggantungkan hidupnya dari jalinan komunikasi tanpa batas.

Hal itu pula yang menjadikan bisnis jualan pulsa menjadi kian digandrungi di masyarakat.

Kendati demikian, nampaknya tidak sedikit pula orang merugi ketika berjualan pulsa elektrik, walaupun beberapa ada juga yang hanya mampu balik modal tanpa bisa menghasilkan keuntungan.

Baca juga: 4 Cara Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan

Sebenarnya penyebab hal tersebut sangatlah sederhana, yaitu dalam memulai bisnis pulsa mereka tidak menerapkan prinsip bisnis yang benar.

Berbisnis jualan pulsa elektrik ini modal yang dibutuhkan tidaklah besar. Hanya dengan deposit sebesar 50 sampai 100 ribu saja, anda sudah bisa memulai usaha ini.

Namun, kembali lagi pada penerapan prinsip yang benar, karena tanpa hal tersebut, walaupun modal yang dibutuhkan relatif kecil, jangan sampai malah anda menyepelekan kerugian yang tidak seberapa itu.


Sulit Menolak Pelanggan yang Berhutang

Contoh hal yang dapat membuat bisnis jualan pulsa anda cepat gulung tikar adalah memberi hutang pulsa kepada pelanggan.

Karena merasa tak enak hati yang membeli adalah teman atau kerabat dekat anda, terkadang agak sedikit sulit untuk menolak mereka yang membeli pulsa dengan cara berhutang dan membayar di awal bulan atau ketika sudah gajian.

Sebaiknya, usahakan sehalus mungkin untuk menolaknya dan menggunakan kata-kata yang membuat mereka tidak tersinggung.

Untuk mensiasatinya, anda bisa menerapkan tips yang cukup mudah. Apabila mereka kerap berhutang pulsa kepada anda, cobalah tawarkan kepadanya ketika hari gajian tiba untuk melakukan deposit sejumlah uang kepada anda terlebih dahulu.

Jadi, bila orang tersebut sewaktu-waktu membutuhkan pulsa kapanpun dan di mana pun, tinggal anda kurangi saja dari sejumlah deposit yang telah dia bayarkan sebelumnya.

Perlu anda ingat, biasanya apabila kita merasa sungkan ketika harus menolak transaksi penjualan dengan sistem hutang, apalagi saat tiba waktu untuk menagihnya, anda pasti akan merasa tidak enak hati untuk menagih hutang pulsa yang hanya sebesar 5 ribu atau 10 ribu rupiah.

Boleh-boleh saja pemberian hutang pulsa anda berikan, namun dengan catatan hanya orang-orang tertentu saja yang saat itu mungkin dalam kondisi darurat dan menurut anda untuk menagihnya di kemudian hari anda tidak merasa segan.


Terlalu Besar Mengambil Keuntungan

Dalam bisnis jualan pulsa, anda membutuhkan kecepatan perputaran uang. Sebab, untuk setiap transaksinya keuntungan yang anda dapatkan tentu relatif kecil, paling besar sekitar Rp 1.000 – Rp 2.000.

Belum lagi ketatnya persaingan yang membuat banyak penjual kemudian membanting harga untuk mengundang pembeli banyak berdatangan.

Untuk itulah, disarankan untuk tidak mengambil keuntungan yang terlalu besar dalam bisnis jualan pulsa anda. Karena hal tersebut bisa membuat bisnis anda ditinggalkan oleh para konsumen.

Terapkan harga sesuai dengan harga pasaran saja, dan sebaiknya jangan pula anda terlalu rendah menerapkan harga jual.

Jangan tergoda oleh para penjual yang kemudian membanting harga besar-besaran. Ingatlah, ramai tidaknya bisnis jualan pulsa tidak hanya ditentukan oleh harga, tapi juga pelayanan yang baik dan ramah, serta kecepatan dalam melakukan transaksi.

Itulah yang akan menjadi nilai tambah bagi usaha anda, sehingga anda tidak perlu menurunkan harga jual terlalu rendah yang justru malah akan membuat usaha anda akan semakin sulit untuk berkembang.

Sumber:
http://pulsa-online.com/cara-memulai-bisnis-pulsa/


Related Posts

Hal yang Harus Anda Hindari dalam Bisnis Jualan Pulsa
4/ 5
Oleh