Langkah-langkah untuk Memperoleh Kepercayaan dari Tim Bisnis Anda

Dalam menjalankan sebuah bisnis yang sukses, sebuah tim yang solid dan kompak tentunya juga harus bisa anda miliki.

Akan sulit bagi anda untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari konsumen apabila dari tim bisnis anda sendiri saja kepercayaan tersebut tidak bisa anda miliki.

Sedangkan dalam dunia bisnis, kepercayaan adalah faktor paling penting yang harus bisa anda dapatkan baik dari konsumen, klien, anak buah, atau tim bisnis anda dalam satu perusahaan.

Baca juga: Cara Ampuh Marketing Offline dan Online Untuk Bisnis Rumahan

Pergerakan bisnis anda juga akan ditentukan dari solid atau tidaknya tim pada perusahaan anda. Dan kepercayaan juga bukanlah sesuatu yang bisa didapat dengan mudah, bahkan dari tim kita sendiri.

Nah, berikut ini kami akan berbagi beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk meraih kepercayaan dari rekan-rekan dalam tim bisnis anda.


1. Menjadi Contoh yang Baik

“Sebuah tim merupakan cerminan dari pemimpinnya”. Kata-kata tersebut memang berlaku dalam dunia bisnis.

Jadi, sudah pasti untuk memiliki tim bisnis yang bisa bekerja dengan baik, maka anda haruslah memberi contoh kepada mereka terlebih dahulu.

Ketimbang anda terlalu banyak menyuruh, bukankah lebih mudah untuk mereka tiru jika anda bisa memberikan tindakan dan kinerja yang baik.

Etos kerja mereka juga akan meningkat bila anda sebagai pemimpin juga memberikan contoh yang baik.


2. Tanamkan Rasa Memiliki

Sangat penting untuk menumbuhkan rasa memiliki di dalam sebuah tim bisnis, karena dengan begitu akan bisa menimbulkan motivasi dalam diri mereka untuk menjaga keutuhan dan kesolidan tim serta memberikan kinerja terbaik demi keberlangsungan bisnis.

Sebagai seorang pemimpin, anda harus bisa menanamkan pada masing-masing tim anda rasa saling memiliki yang nantinya akan membuat mereka bisa senang hati untuk turut serta membangun bisnis tersebut bersama anda.


3. Melayani Dengan Tulus

Sebagai pimpinan juga harus pandai melayani tim yang anda pimpin, keinginan dan kebutuhan mereka juga harus anda perhatikan.

Ciptakan suasana dan kondisi yang nyaman dalam hubungan kerja dengan ketulusan. Biasanya pemimpin yang bisa berkomunikasi dengan akrab dan hangat adalah model pemimpin yang banyak disukai oleh karyawan.

Berarti anda harus bisa menjadi pendengar yang baik dan membuat karyawan anda merasa nyaman ketika berbicara dan berkeluh kesah terhadap pimpinannya.


4. Munculkan Karisma Anda Saat Bekerja

Bersikap bijaksana dan mampu memberikan motivasi kepada anggota tim anda akan dapat memunculkan karisma yang kuat dalam diri anda.

Pemimpin yang karismatik biasanya memiliki bawahan yang loyal terhadapnya. Untuk itu, sebaiknya jangan hanya selalu menyalahkan tim anda bila mereka gagal, setiap kali ada kesalahan dari tim lebih baik anda berikan dorongan dan masukan yang bermanfaat kepada mereka, daripada hanya menyalahkan dan memarahi tim anda.


5. Apresiasi Setiap Kinerja Mereka

Berikan pengakuan dan apresiasi kepada anggota tim bisnis anda, sehingga kepercayaan dari mereka akan semakin mudah anda peroleh.

Sediakan selalu waktu guna me-review kinerja mereka secara reguler, bisa dilakukan dalam setiap bulan atau setiap tiga bulan. Sebagai stimulasi untuk kinerja mereka dalam tim bisa juga menerapkan reward dan hukuman.


6. Kembangkan Terus Potensi dan Passion dalam Tim Anda

Sesuatu yang luar biasa akan dapat dihasilkan apabila bekerja sesuai dengan potensi dan passion yang tim anda miliki.

Anda harus mencari tahu kompetensi dan passion yang dimiliki oleh masing-masing anggota tim anda, kemudian tempatkan mereka pada posisi sesuai dengan keahlian dan passionnya.

Pacu potensi mereka untuk terus berkembang, bisa juga melalui pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan skill mereka.

Namun, hal ini juga harus diimbangi dengan fasilitas yang memadai agar hasil dari kinerja yang didapat bisa lebih maksimal.


7. Yakinkan Mereka Bahwa Anda Adalah Pemimpin yang Bisa Diandalkan

Untuk bisa meyakinkan anggota tim anda, cara yang harus anda lakukan adalah turut serta berperan aktif dalam menjalankan suatu pekerjaan bersama tim.

Komitmen yang tinggi harus bisa anda tunjukkan agar memberikan ketentraman dalam tim anda dalam bekerja.

Dalam memimpin sebuah tim janganlah hanya duduk manis di belakang meja saja, karena perilaku seperti hanya bisa menghancurkan kredibilitas di mata tim anda.

***

Semoga beberapa langkah di atas bisa anda lakukan dengan maksimal sehingga kepercayaan bisa anda dapatkan secara penuh dari tim anda. Bila kepercayaan dari tim anda sudah didapat, maka bisnis anda juga tentunya akan berjalan dengan lancar.

Sumber:
https://www.maxmanroe.com/7-tips-agar-mendapatkan-kepercayaan-dari-tim-bisnis-anda.html


Related Posts

Langkah-langkah untuk Memperoleh Kepercayaan dari Tim Bisnis Anda
4/ 5
Oleh