Merangkul Komunitas untuk Kesuksesan Usaha Cafe Anda

Banyak orang mendirikan cafe, tak hanya di kota besar saja, namun juga sudah merambah ke kota-kota kecil.

Konsepnya juga sekarang sudah banyak macamnya, ada cafe dengan konsep untuk para pembaca buku, cafe dengan konsep nonton bareng, ada juga yang dikhususkan untuk komunitas motor, khusus mahasiswa dan lain sebagainya.

Perlu perhitungan dan perencanaan matang untuk membangun sebuah usaha cafe. Karena kebanyakan cafe, ramai pengunjung ketika di awal masa-masa opening saja.

Namun, setelah berjalan beberapa waktu menjadi sepi karena kurangnya konsep yang kreatif dan jaringan komunitas yang luas.

Simak juga: Menentukan Strategi Bisnis Tepat Menggunakan Analisis SWOT

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pengelola cafe adalah dengan merangkul atau membentuk sebuah komunitas dengan tema tertentu, biasanya komunitas-komunitas hobi memang lebih efektif.

Tentunya, komunitas memang memiliki banyak massa dan inilah yang bisa anda manfaatkan. Tanpa kehadiran komunitas tertentu di cafe anda, jangan kaget bila dalam beberapa waktu cafe yang anda kelola menjadi sepi pengunjung.

Untuk itulah, anda memerlukan beberapa cara efektif untuk merangkul dan mempertahankan komunitas tersebut dalam meramaikan cafe anda.

Langkah pertama, anda coba cari dan temukan beberapa komunitas yang ada di sekitar daerah tempat cafe anda dan belum tersentuh oleh cafe lain.

Baik itu komunitas dengan jumlah anggota yang besar maupun kecil anda coba rangkul mereka semua. Komunitas merupakan sekumpulan orang dengan minat maupun kegemaran yang sama.

Jika sudah menemukannya, anda bisa melakukan pendekatan untuk mendapatkan informasi yang diperlukan, lalu menerapkannya dalam konsep cafe anda.

Cari tahu seperti apa suasana yang mereka suka, apa saja dan kapan kegiatan-kegiatan mereka biasa dilakukan, serta bagaimana perilaku mereka ketika sedang berkumpul, apakah mereka komunitas dengan gaya pertemuan yang formal atau informal, dan lain sebagainya.

Dari informasi yang anda dapatkan itu, tentunya akan berguna dalam menentukan suasana cafe dan bagaimana bentuk interiornya.

Selain itu, lakukan promosi yang cocok dengan keinginan dalam komunitas tersebut. Bikin jadwal kegiatan rutin yang disesuaikan dengan jadwal rutinan mereka, ajak mereka untuk mengadakan pertemuan rutin di cafe anda, tentunya juga dengan menawarkan promosi-promosi khusus untuk komunitas tersebut. Buat mereka merasa nyaman dan menikmati suasana dalam cafe ketika melakukan kegiatan mereka.

Beberapa komunitas yang mudah untuk dirangkul, misalnya seperti club penggemar motor atau otomotif, komunitas fotografi, sinematografi, olahraga, penggemar club sepakbola, komunitas seni, buku, komunitas musik, penikmat kopi, dan masih banyak lagi.

Selain merangkul komunitas, biasanya untuk cafe dengan segmen pasar menengah ke bawah, harga menjadi patokan utama yang bisa dijadikan keunggulan.

Sedangkan untuk segmen pasar menengah ke atas, pelayanan dan kualitas makanan atau minuman anda adalah yang paling utama.

Cafe anda juga harus memiliki keunikan yang tidak terdapat pada cafe-cafe lain. Keunikan tersebut merupakan trik jitu dalam strategi promosi dan membuat daya jual cafe anda juga semakin tinggi. Pertahankan keunikan yang ada, dan jangan sampai anda kehilangan hal itu dari cafe anda.

Branding, seperti penguatan merek, atau differensiasi usaha juga merupakan hal yang penting dalam membangun usaha cafe anda.

Tanamkan kepada konsumen, bahwa andalah yang pertama memiliki image tersebut. Jadi, walaupun di kemudian hari hadir pesaing-pesaing baru dalam bisnis cafe anda, konsumen tetaplah memiliki image cafe anda sebagai tujuan utama mereka sehingga anda akan tetap mampu mempertahankan konsumen tersebut demi kelangsungan usaha cafe anda.

Sumber:
http://catatan-online-pemula.blogspot.com/2012/10/peluang-usaha-bisnis-cafe.html


Related Posts

Merangkul Komunitas untuk Kesuksesan Usaha Cafe Anda
4/ 5
Oleh

2 komentar

8 Mei 2015 01.42 delete

wah, referensi nih :)
Monggo mampir di blog saya,
bagaswgn.blogspot.com

Reply
avatar
12 Mei 2015 08.25 delete

jadi pengen buat restoran gan..

mampir gan ke blog ane..
animepojok.blogspot.com

Reply
avatar