Mudahnya Menjalankan Bisnis Dropship

Dropship merupakan sebuah sistem penjualan secara online di mana penjual memperdagangkan produk yang dijual orang lain.

Atau bisa juga diartikan kalau penjual tidak harus memiliki atau menyediakan produk sendiri, dan dengan begitu bisnis model dropship tidaklah memerlukan modal yang besar.

Tentunya ada perbedaan antara bisnis reseller dengan dropship. Dalam bisnis reseller, pedagang atau pengecer diharuskan membeli produk kepada si supplier dan menyediakan stok barangnya sendiri untuk kemudian dijual kembali kepada konsumen dengan keuntungan diambil dari selisih harga pembelian dan harga penjualan anda.

Sedangkan pada bisnis dropship, anda tidak perlu menyetok barang dan bahkan tidak perlu repot untuk mengerjakan proses pengiriman barang sampai ke tangan pembeli karena pihak supplier andalah yang akan melakukannya.

Dan salah satu keuntungan lainnya adalah pada kemasan atau packing barang yang dikirim kepada pembeli akan tertulis bahwa andalah sebagai penjual yang mengirimkan barang tersebut. Jadi, kredibilitas anda tetap terjaga dengan baik sebagai dropshipper.


Pemasaran

Sebagai penjual atau dropshipper, anda harus melakukan proses pemasaran yang baik agar berhasil memasarkan produk dari si supplier. Pemasaran utamanya memang secara online, tapi bisa juga dilakukan secara offline.

Beberapa web atau media yang bisa kita pakai untuk pemasaran dropship secara online adalah melalui toko online, blog pribadi, forum jual beli, media sosial seperti facebook atau twitter, dan juga lewat aplikasi messenger smartphone seperti Blackberry Messenger, Whatsapp, dan lain-lain.


Sistem Bisnis Dropship

Bisnis dropshipping itu sebenarnya memiliki sistem yang cukup sederhana. Anda sebagai dropshipper memilih beberapa produk yang tersedia pada supplier, selanjutnya beberapa foto dari produk tersebut anda ambil, dan upload ke media pemasaran yang sudah anda buat sebelumnya, tentunya disertai juga dengan keterangan singkat yang menarik.

Apabila ada pembelian yang terjadi, maka konsumen akan membayar barang yang dibelinya sesuai dengan harga barang yang anda cantumkan.

Anda sebagai penjual kemudian melanjutkan proses pembayaran terhadap produk tersebut kepada supplier dan berikan informasi terkait barang yang dibeli, jumlah barang, beserta nama dan alamat tertuju untuk pengiriman barang.

Pengemasan akan dilakukan oleh supplier dan barang akan dikirimkan sesuai dengan data atau informasi konsumen yang kita berikan, dan nama pengirim akan ditulis berasal dari anda.

Bisnis dropship memang sebenarnya mudah untuk dikerjakan, bahkan anda tidak memerlukan modal yang besar dalam menjalankan bisnis ini.


Sumber:
https://www.maxmanroe.com/bisnis-dropship-peluang-bisnis-online-tanpa-modal-produk-sendiri.html


Related Posts

Mudahnya Menjalankan Bisnis Dropship
4/ 5
Oleh