Penggunaan Bahasa Tubuh yang Tepat Saat Bekerja

Penggunaan Bahasa Tubuh yang Tepat Saat Bekerja
Bahasa tubuh (body language) yang tepat pasti akan sangat anda butuhkan di mana pun anda bekerja, untuk menampilkan kesan baik di hati orang lain.

Berikut ini merupakan beberapa tips sederhana untuk meningkatkan kesan baik dari bahasa tubuh.


Tersenyumlah

Tersenyum sebenarnya adalah bahasa tubuh yang sangat mudah dan mendasar sebagai cara ampuh untuk membuat anda tampil mengesankan.

Orang lain akan lebih mudah mengingatmu saat tersenyum, karena ada kesan positif yang membekas di hati mereka terhadap anda.

Simak juga: Bermacam Tipe Kecerdasan dalam Menunjang Karakter Profesi

Senyum juga dapat menghidupkan sisi otak orang yang melihatnya. Maka, tersenyumlah lebih banyak saat anda menghadapi wawancara kerja, atau saat bekerja di kantor, ketika sedang menghadapi suatu masalah, dan juga dalam setiap keseharian yang anda lakukan.


Lihat Mata Lawan Bicara

Menurut penelitian, rata-rata orang ketika bicara dengan orang lain hanya membuat kontak mata sebesar 30 %.

Sedangkan, anda harus menatap mata lawan bicara sebanyak 60 % bila ingin menjalin hubungan emosional dengannya.

Oleh sebab itu, cobalah anda untuk memandang lawan bicara setidaknya 10 detik ketika berbincang dengan individu, dan selama 3-5 detik saat bicara dalam kelompok.


Pelankan Volume Suara

Ketenangan akan tergambar pada diri anda saat berbicara dengan nada suara rendah. Orang-orang yang mendengarnya akan lebih percaya dan terinspirasi terhadap anda.

Namun sebaliknya, suara terlalu lantang yang anda keluarkan untuk menunjukkan keyakinan saat bicara, malah dapat memicu stres dan mempersempit pita suara anda.

Hal yang akan terjadi justru anda akan terlihat panik sekaligus sulit untuk menguasai keadaan. Seperti misalnya saat bicara dalam presentasi, maka bicara anda akan terlalu banyak jeda “aaa...”, atau jadi terlalu sering mengulang kata “ya” dan mengangguk-angguk beberapa kali ketika dengan atasan membicarakan hal yang penting.


Lakukan Sentuhan

Ketika di tempat kerja suasana sedang tidak enak, maka lakukanlah kontak fisik dengan rekan kerja yang terlihat ada masalah sedang dialaminya.

Ikatan antar manusia dapat dibangkitkan dengan sentuhan sederhana yang juga secara otomatis akan meningkatkan hubungan emosional.

Di samping itu, hormon oksitosin yang bisa meningkatkan rasa saling percaya juga akan lebih dapat dilepaskan. Sentuhan juga akan menurunkan kortisol yang dapat mengurangi tingkat stres.


Pertegas Dagumu

Penting sekali untuk anda mengetahui efek dari bahasa tubuh yang satu ini. Posisi dagu akan menentukan pandangan orang lain tentang ketegasan sikap anda.

Ketika anda membicarakan hal tentang pekerjaan, presentasi, menanggapi sebuah kritikan terhadap kesalahan, atau hal apapun yang menunjukkan keseriusan sikapmu.

Maka posisikan dagumu sejajar dengan wajah secara vertikal. Hal ini dapat membuat kepercayaan diri anda lebih terpancar dan juga menunjukkan bahwa anda adalah orang yang mampu diajak bekerja sama dengan baik.

Posisi dagu yang terlalu rendah akan memperlihatkan kesan bahwa anda lemah, sedangkan posisi dagu yang terlalu tinggi dapat mengesankan anda sedang marah.


Nah, dengan mengetahui beberapa tips penggunaan bahasa tubuh yang tepat di atas, anda dapat meningkatkan potensi lebih yang anda miliki di tempat kerja.

Sumber:
http://gladisco.lintas.me/article/career/5-trik-menggunakan-bahasa-tubuh-di-tempat-kerja


Related Posts

Penggunaan Bahasa Tubuh yang Tepat Saat Bekerja
4/ 5
Oleh