Penyebab Tabungan Anda Tidak Kian Bertambah

Kebanyakan orang pasti memimpikan untuk bisa menjadi orang yang mapan secara finansial. Persoalannya, tidak banyak dari mereka yang benar-benar bisa disiplin dalam mengelola arus keuangan.

Justru banyak yang lebih memilih untuk menerapkan gaya hidup ekstravaganza yang membuat mereka kelimpungan di tanggal menjelang gajian.


Nah, berikut ini kami akan berbagi beberapa hal yang jadi penyebab dari bulan ke bulan tabungan anda tiada peningkatan.


1. Kelebihan Pengeluaran daripada Pemasukan

Mungkin peribahasa yang cocok untuk menggambarkannya adalah “lebih besar pasak daripada tiang”.

Simak juga: Tahukah Anda kalau Menabung itu Ternyata Merugikan?

Ya, itulah peribahasa yang tepat bagi anda yang keadaan keuangannya lebih besar pengeluaran daripada pemasukan. Untuk itulah, semua pengeluaran harus dapat anda kendalikan atau ditekan seminimal mungkin.

Menurut Ramit Sethi, Financial Expert, yang juga Penulis I will Teach You To Be Rich, dan Rod Ebrahimi yang merupakan CEO Ready for Zero, mereka memberi saran untuk anda yang memaksakan pemasukan agar setara dengan gaya hidup berlebihan.

Sadarilah bahwa uang yang anda sia-siakan di waktu sekarang dapat menjadi aset berharga di masa yang akan datang, jadi turunkan ekspektasi anda terhadap gaya hidup yang ekstravaganza.


2. Kebiasaan-kebiasaan Buruk

Salah satu kebiasaan buruk yang sering menghinggapi sebagian besar orang adalah ketika memegang uang lebih, kemudian hasrat anda untuk membeli segala sesuatu menjadi lebih besar.

Bahkan, seringkali anda terjebak untuk akhirnya membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu anda butuhkan saat itu. Itu dia masalahnya, mulai sekarang anda harus coba membatasi keinginan anda untuk membeli barang-barang tak penting yang bukan jadi kebutuhan anda.

Prioritaskan terlebih dahulu barang yang memang kebutuhannya mendesak, atau barang-barang yang memang konsumsinya lebih sering dalam setiap hari, sebaiknya anda membeli dalam jumlah banyak agar mendapat harga lebih murah.


3. Utang

Ternyata kartu kredit bisa menjadi pedang bermata dua bila kita tidak bijak dalam menggunakannya. Di satu sisi begitu banyak promo dan kelebihan yang diberikan oleh kartu kredit, namun di sisi lain justru membuat tumpukan utang anda tambah “subur”.

Sebaiknya pikir dulu seribu kali untuk membuka kartu kredit bagi anda yang belum bisa mengendalikan keuangan dengan baik.


4. Terlalu Banyak Tagihan

Tagihan listrik, tagihan air, tagihan kendaraan, tagihan arisan, tagihan asuransi, tagihan telepon, wah banyak banget tagihan yang anda miliki?

Sepertinya anda ini hobi mengkoleksi berbagai tagihan dalam keuangan anda. Hehe. Cobalah anda cek kembali tagihan-tagihan bulanan, bila ada biaya yang dapat anda kurangi tiap bulannya.


Sumber:
http://female.kompas.com/read/2014/11/14/200000320/Kerja.Maksimal.Uang.Minimal.Apa.yang.terjadi.


Related Posts

Penyebab Tabungan Anda Tidak Kian Bertambah
4/ 5
Oleh