Perbaiki Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Web Toko Online

Perbaiki Kesalahan-kesalahan yang Sering Terjadi dalam Web Toko Online
jembersantri.blogspot.com
Bisnis online dengan berjualan suatu produk yang dipajang pada website toko online memang sangat menarik.

Anda bebas memajang barang atau produk yang akan dijual bila mempunyai website toko online sendiri.

Sama halnya dengan toko offline, penataan yang baik juga diperlukan pada toko online untuk memaksimalkan penjualan produk anda.

Toko online yang terkesan asal-asalan dalam memasarkan produknya, tak jarang pula kita temui.

Hal inilah yang membuat penjualan menjadi tak maksimal pada sebuah toko online. Sangat disayangkan, bila potensi yang begitu besar di dunia penjualan online menjadi tak maksimal dikarenakan kesalahan-kesalahan dasar yang seharusnya dapat dihindari ketika membuat sebuah toko online.

Baca juga: Sukses Membangun Toko Online untuk Pemula

Namun, bila anda memang telah mempunyai website toko online, tak ada salahnya bila anda mengevaluasi kembali apakah beberapa kesalahan dalam membuat toko online berikut ini terdapat pada bisnis anda.


1. Detail Produk Kurang Lengkap

Sebuah toko online harus mempunyai detail produk di dalamnya. Cantumkan informasi selengkap-lengkapnya.

Informasi yang anda pasang akan sangat berpengaruh pada penilaian konsumen terhadap kredibilitas dan keseriusan web toko online anda.

Dalam berbelanja online, pelanggan tentunya tidak dapat melihat secara langsung barang yang akan dibelinya, hanyalah melalui foto dan detail produk yang lengkap konsumen bisa mengetahui apakah produk tersebut sesuai dengan kebutuhan atau keinginannya.

Maka, berikan detail produk yang lengkap, jelas dan mudah dimengerti, agar konsumen akan semakin tertarik untuk membeli.

Detail produk bisa anda isi dengan harga, dan ketersediaan produk, selain itu juga deskripsi sederhana dari produk anda seperti bentuk barang, warna, cara penggunaan, ukuran, dan bila perlu cantumkan juga berat barang yang nantinya juga akan berpengaruh pada biaya pengiriman.


2. Foto Produk Kurang Jelas

Sungguh sangat disayangkan apabila kesalahan ini terjadi pada web toko online anda. Ketertarikan awal konsumen dalam memilih produk, tentu saja dengan melihat foto yang terpampang pada toko online anda.

Tentu saja anda akan sulit untuk mendapatkan konsumen apabila foto atau gambar yang anda pajang pada web anda kurang jelas atau bahkan sama sekali tidak jelas.

Sebaiknya gunakanlah foto dengan resolusi yang medium, paling tidak sebagian besar dari produk anda dapat terlihat dengan jelas.

Dan perlu anda catat, disarankan untuk menggunakan foto asli dari produk anda, jangan asal comot dari google apalagi dari toko online sebelah. Hal ini, juga akan berpengaruh pada kepercayaan dan kredibilitas anda sebagai penjual.


3. Respon Terhadap Pembeli yang Lambat

Di era teknologi sekarang ini tentunya masyarakat ingin semua berjalan serba cepat. Begitu juga kaitannya dengan pelayanan kepada konsumen.

Tentunya anda sebagai penjual akan banyak sekali melayani pertanyaan konsumen terhadap barang yang dipajang pada web toko online anda.

Untuk itulah, diperlukan respon yang cepat dalam melayani pertanyaan-pertanyaan pelanggan. Hal ini akan bisa menjadi nilai tambah bagi toko online anda.

Dengan adanya respon cepat terhadap pertanyaan yang disampaikan, pelanggan pastinya akan semakin puas dengan pelayanan dari web toko online anda.


4. Barang Aslinya Tidak Sesuai dengan yang Tampak di Foto Website

Pelanggan akan sangat kecewa apabila hal ini sampai terjadi. Dan tentu saja akan sangat fatal, karena anda sebagai penjual akan kehilangan kepercayaan dari pelanggan anda.

Sehingga bisa dipastikan mereka tidak akan kembali lagi untuk membeli di tempat anda. Mungkin beberapa pelanggan juga akan melakukan komplain, dan menuntut agar uang mereka bisa kembali karena barang yang diterima ternyata tidak sesuai dengan foto yang dipajang.

Konsumen mungki tidak akan pernah mau tahu, yang mereka inginkan adalah mendapatkan produk yang sesuai dengan foto dan kualifikasi yang ada pada web toko online anda.

Untuk itu, bila memang ada unsur ketidaksengajaan atau kesalahan pengiriman, sebaiknya anda segera lakukan tindakan, misalnya saja dengan mengganti barang yang rusak dengan yang baru, atau mungkin dengan cara lainnya.

Ingatlah, bahwa kepercayaan adalah segalanya, sedikit saja anda kehilangan kepercayaan dari pelanggan anda, hal ini akan berpengaruh pada kelangsungan bisnis anda ke depannya.


5. Toko Online anda Kurang Update dalam Ketersediaan Barang

Sebagai pemilik toko online, anda seharusnya melakukan update secara rutin di toko online anda. Tidak hanya kehadiran barang-barang baru, namun juga ketersediaan stok terhadap produk-produk lama juga harus anda update setiap saat terutama bila stok barang tersebut telah habis atau sedang kosong.

Jangan sampai pembeli kecewa dengan informasi stok produk yang anda pajang. Lakukan penjadwalan dalam melakukan cek dan update stok produk pada toko online anda.

***

Nah, demikianlah beberapa kesalahan yang mungkin terlihat sepele namun bisa berakibat fatal bagi kelangsungan bisnis dalam web toko onliine anda.

Dengan memperbaiki kesalahan-kesalahan tersebut, semoga dagangan anda menjadi semakin laris dan banyak dicari pengunjung.

Sumber:
https://www.maxmanroe.com/kesalahan-fatal-yang-sering-terjadi-dalam-website-toko-online.html


Related Posts

Perbaiki Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Web Toko Online
4/ 5
Oleh

1 komentar:

18 Mei 2015 16.35 delete

sangat membantu mas

www.sukatelat.blogspot.com

Reply
avatar