Pierre Omidyar: Pendiri eBay, Mengawali Bisnisnya dari Niat Baik

Pierre Omidyar: Pendiri eBay, yang Mengawali Bisnisnya dari Niat Baik
Tentu sebagian besar dari anda sudah pernah mendengar nama eBay, dan mungkin saja ada dari anda yang sudah pernah pula menggunakan layanan situs Jual Beli Online Terbesar di Dunia tersebut.

Bagi anda yang belum tahu, eBay merupakan sebuah situs lelang atau jual beli online terbesar di dunia, bisa dikatakan pula bahwa situs ini adalah pasar online terbesar di dunia. 

Predikat situs jual beli online terbesar di dunia ini karena memang eCommerce tersebut telah menjadi pilihan bagi jutaan pengguna internet di seluruh dunia dalam melakukan transaksi penjualan maupun pembelian barang dagang.

Namun, ternyata belum banyak yang tahu siapa orang dibalik ketenaran eBay yang juga merupakan pendiri dari situs jual beli internasional ini. 

Baca juga: Jeff Bezoz, Dengan Ketekunannya Berhasil Membangun Amazon

Dialah Pierre Omidyar, seorang insinyur teknik komputer yang berasa dari Amerika Serikat. Lalu, siapa sih Pierre Omidyar? 

Dan bagaimana perjalanan karirnya hingga dapat membuat eBay sebesar sekarang? Mau tahu lebih jelas, mari kita simak beberapa ulasan berikut ini!

Biografi Singkat Pierre Omidyar:

Nama lengkap: Pierre Morad Omidyar
Tempat, tanggal lahir: Paris, 21 Juni 1967
Kebangsaan: Amerika Serikat
Pendidikan: Bachelor of Science di bidang ilmu komputer, Universitas Tufts
Orang Tua :  Elahé Mir-Djalali Omidyar
Istri : Pam Omidyar

Pierre Omidyar lahir pada tanggal 21 Juni 1967 di Paris, Perancis. Ayahnya seorang dokter bedah pada salah satu rumah sakit umum di Paris, sedangkan ibunya adalah Doktor di bidang linguistic di Sorbonne. 

Pierre Omidyar merupakan warga keturunan Iran-Amerika. Empat tahun sesudah kelahiran Pierre, kedua orangtuanya memutuskan untuk pulang kembali ke Amerika dan menetap di sana.

Pierre kecil memiliki kehidupan seperti anak-anak pada umumnya. Hanya saja sejak kecil ia memang telah menunjukkan bakat yang berbeda dari anak-anak seusianya. 

Minat dan bakatnya ternyata sangat besar terhadap bidang teknik komputer. Ia menunjukkannya sejak kelas 9 di sekolahnya yang bernama St Andrew’s Episcopal School di Potomac, Maryland. 

Di sanalah makin besar ketertarikannya pada bidang ilmu komputer, bahkan sampai setelah ia lulus pada tahun 1984.

Bukti salah satu bakat yang dimilikinya adalah saat ia mengerjakan sebuah proyek sekolah di bidang perpustakaan. 

Ia berhasil membuat sebuah sistem katalog online yang mampu memberikan kemudahan dalam pengelolaan seluruh arsip perpustakaan tersebut. 

Hal positifnya ialah proyek tersebut benar-benar dilakukan Pierre dengan tujuan dan niat untuk membantu sekolahnya supaya sistem perpustakaan di sekolah tersebut bisa lebih baik. 

Tak disangka, niat bak dan kesuksesannya itulah yang mengantarkan dirinya pada peluang besar di dunia karirnya.


Riwayat Karir Pierre Omidyar

Setelah lulus pada 1988 dari almamaternya di Universitas Tufts, Pierre tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa memperoleh karir pertamanya. 

Bersandingkan gelar B.S (Bachelor of Science) di bidang ilmu komputer yang dimilikinya, sebuah perusahaan IT bernama Claris tertarik untuk merekrutnya. 

Claris adalah salah satu anak perusahaan raksasa Apple Computer. Di perusahaan itulah ia memulai karirnya dengan cukup cemerlang. 

Jabatan sebagai Consumer Software Engineer dijalankannya dengan baik karena pekerjaan ini juga yang memang ia impikan selama ini.

Ia mendirikan sebuah usaha pribadinya pada tahun 1994 yang diberi nama Inc. Development Corporation. 

Usahanya tersebut bergerak di bidang pengembangan perangkat teknologi berbasis internet. Meskipun bukanlah hal yang mudah, namun berkat kerja kerasnya, Inc. Development Corporation yang dirubah namanya menjadi eShop tersebut kemudian dilirik dan diakuisisi oleh Microsoft. Jalan kesuksesan besar Pierre dimulai dari sini.


Awal Pendirian eBay

Berawal dari niatnya untuk menolong menjualkan produk rekannya secara online, sebuah script website dibuat oleh Pierre yang rencananya akan menjadi website penjualan barang milik temannya tersebut. Namun, tak dinyana, script web tersebutlah yang kini menjadi website sebesar eBay.

Cerita menarik juga terjadi ketika pembuatan brand dari eBay. Saat itu, pada tahun 1997 sebenarnya Pierre ingin mendaftarkan websitenya tersebut dengan nama echobay, tapi karena nama tersebut telah terdaftar sebelumnya, maka karena tidak ingin bolak-balik hanya untuk mengurus nama itu, ia pun memutuskan untuk mengubah nama tersebut menjadi eBay. Akhirnya, jadilah ia memilih eBay sebagai brand dari web tersebut.

Tidak disangka, beberapa tahun berselang, eBay telah melebihi ekspektasi awal pembuatnya. Tidak hanya untuk menjual produk rekannya tersebut, namun eBay telah berkembang menjadi media jual beli dan lelang online. 

Dari mulanya pengguna eBay yang hanya seputaran masyarakat Amerika, semakin hari kian menyebar bahkan sampai ke Eropa dan Asia.

Dukungan manajemen yang lebih besar tentunya dibutuhkan untuk menyambut kesuksesan tersebut. Beberapa nama seperti Jeffrey Skoll dan Meg Whitman kemudian masuk untuk mengisi posisi strategis sebagai CEO eBay di eBay yang semakin naik daun pada waktu itu.

eBay kian tumbuh menjadi lebih besar dari pengembangan manajemen tersebut. Bahkan lebih progresif, hingga pada pembukaan saham perdananya, nilai eBay mencapai US$ 4,5 miliar. 

Dan pada tahun 2012 lalu, lonjakan hingga beberapa kali lipat dialami oleh saham eBay. Pierre yang notabenenya sebagai pendiri eBay dinobatkan menjadi salah satu miliarder terkaya dari hasil penjualan saham eBay yang dimilikinya, dengan kekayaan mencapai lebih dari US$ 1,6 miliar.

Sumber:
https://www.maxmanroe.com/pierre-omidyar-pendiri-ebay-situs-lelang-online-terbesar-di-dunia.html


Related Posts

Pierre Omidyar: Pendiri eBay, Mengawali Bisnisnya dari Niat Baik
4/ 5
Oleh