Tiga Alasan yang Membuat Kerja Bareng Tim itu Menyenangkan

Tentunya anda pasti pernah bekerja dalam sebuah tim. Baik itu saat dulu masih jaman sekolah yang biasa dinamakan kerja kelompok untuk mengerjakan tugas, atau ketika sudah bekerja anda melakukan kerja bareng bersama rekan di kantor.

Seperti kita ketahui, kerja dalam tim bukanlah hal mudah, apalagi bila anda adalah tipe orang yang suka bekerja sendirian.

Sebenarnya, ada banyak juga hal yang menjadi alasan kenapa orang lebih suka bekerja sendirian, dan biasanya orang seperti ini adalah orang-orang yang merasa lebih pintar.

Baca juga: 4 Hal Penting Dalam Membangun Kerjasama Tim Yang Solid

Sebab, orang yang pintar punya kecepatan mengerjakan tugas yang berbeda dengan kebanyakan orang lain, selain itu orang yang pintar juga biasanya rajin dan menjadi pekerja keras.

Orang yang pintar biasanya memang tidak suka apabila bekerja dalam tim karena yang namanya tim itu pasti terdiri dari beberapa orang dengan bermacam-macam karakter dan sifat yang berbeda, ada yang malas, ada yang senangnya santai-santai saja, ada pula yang hobinya nanya ngerumpi melulu sehingga pekerjaan jadi terbengkalai dan tidak cepat selesai.

Namun, di sisi lain ada juga yang menyukai kerja tim karena berbagai alasan. Tapi yang terpenting adalah bahwa kita bekerja jangan terlalu bergantung pada orang lain, bila memang kita bisa mengerjakannya sendiri kenapa harus mengandalkan orang lain, asalkan kita harus bisa bekerja dengan memberikan hasil yang terbaik.

Ketika bekerja dalam tim, pastinya setiap anggota perlu menyesuaikan diri satu sama lain sehingga kekompakan tim bisa terjalin.

Kekompakan tim merupakan suatu hal mendasar yang mempengaruhi hasil kerja dari tim itu sendiri. Tapi sebelum melakukan kerja tim, sebaiknya kita juga harus tahu dulu alasan apa saja yang membuat kita memang perlu bekerja dalam sebuah tim.

Untuk itulah posting kami kali ini akan membahas alasan-alasan yang membuat kerja tim itu perlu untuk dilakukan.


1. Dapat Meningkatkan Moral dan Semangat Saling Bantu

Sewaktu bekerja sendiri, apabila kita mengalami kesulitan biasanya kita akan meminta bantuan pada atasan atau bos.

Tapi jika bekerja dalam sebuah tim, maka masing-masing anggota yang mengerti kalau tim tersebut dibentuk adalah demi mencapai tujuan bersama, pastinya akan saling membantu anggota tim yang lain. 

Jadi, di saat anda kesulitan, jangan segan-segan untuk bertanya dan minta bantuan pada anggota tim yang lain, dan sebaliknya bila ada rekan dalam satu tim yang mengalami kesulitan, anda juga harus sama-sama saling bantu. Dengan demikian kekompakan dalam tim bisa tercipta dan anda juga harus menjaganya.


2. Meningkatkan Efektivitas dan Produktivitas Kerja

Di saat kerja bareng dalam sebuah tim, masing-masing anggota tentunya akan memiliki peranan dan tanggung jawab yang harus dikerjakan dan diselesaikan.

Sinergitas menjadi alasan yang harus dicapai ketika bekerja dalam tim, karena semua orang pasti punya kelemahan.

Jarang sekali ada orang yang bisa hebat di segala hal sehingga adanya sebuah tim diharapkan masing-masing anggota bisa saling melengkapi.

Peranan masing-masing anggota tim yang berbeda dan saling melengkapi diharapkan dapat meningkatkan efektivitas kerja.

Dengan begitu, produktivitas kerja juga akan meningkat karena masing-masing anggota juga akan memiliki rasa tanggung jawab terhadap peranannya masing-masing.

Tanggung jawab yang dimaksud ialah kemampuan dan kemauan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan kepadanya dengan baik dan tepat waktu.


3. Belajar Memahami Satu Sama Lain

Dengan bekerja dalam sebuah tim, maka kita akan dituntut untuk sama-sama saling mengenal satu sama lain. Anda yang tadinya tidak begitu mengenal siapa si “A” jadi bisa lebih mengenal bagaimana sifatnya, seperti apa kemampuannya, dan bagaimana cara berinteraksi dengannya.

Sebab, dalam sebuah tim akan ada bebeberapa orang dengan latar belakang, dan karakter yang berbeda-beda.

Begitu juga dengan kemampuannya, anda juga bisa lebih banyak belajar tentang suatu pekerjaan kepada orang yang mempunyai kemampuan di bidang itu.

Beberapa bidang pekerjaan juga menuntut kita untuk bisa berinteraksi dengan banyak orang atau dengan rekan-rekan kerja lain dalam suatu perusahaan.

Di dalam tim itulah kita juga bisa belajar tentang bagaimana cara berinteraksi dengan orang yang memiliki karakter berbeda-beda.

Nah, itulah beberapa alasan yang menurut kami bisa menjadi motivasi bagi anda senang bekerja sendiri dan mencoba untuk bisa bekerja sama dalam sebuah tim serta membina kekompakan kepada anggota tim yang lain.

Sumber:
http://www.kaskus.co.id/thread/553cbaa29a0951c44f8b4568/?ref=homelanding&med=hot_thread


Related Posts

Tiga Alasan yang Membuat Kerja Bareng Tim itu Menyenangkan
4/ 5
Oleh