Tips Membuat Karyawan Termotivasi dan Merasa Bahagia pada Pekerjaannya

Tips Membuat Karyawan Termotivasi dan Merasa Bahagia pada Pekerjaannya
gemintang.com
Banyak faktor yang dapat membuat si bos sukses dalam berbisnis.

Pengaruh strategis juga dimiliki oleh faktor di luar dari diri si bos sendiri.

Keberadaan tenaga kerja pada bisnis si bos merupakan salah satunya.

Jadi, jangan pernah menganggap remeh dan memperlakukan karyawan seenaknya.

Karena mereka tak ubahnya sebuah bahan bakar utama untuk menjalankan armada bisnis si bos. Dan akan sangat berpengaruh terhadap laju armada bisnis si bos apabila terjadi sesuatu terhadap mereka.

Baca juga: 6 Hal yang Mengharuskan Anda Mencari Pekerjaan Lain

Bakat dan talenta yang dimiliki oleh karyawan dalam perusahaan si bos haruslah bisa diapresiasi dengan baik.

Apalagi jika bakat dan talenta tersebut didukung oleh motivasi dan dedikasi yang penuh terhadap pekerjaan. Maka si bos termasuk atasan yang beruntung karena memiliki karyawan-karyawan seperti itu.

Tapi sebaiknya si bos jangan senang dulu, sebab kemungkinan untuk kehilangan karyawan-karyawan potensial seperti mereka bisa saja terjadi apabila si bos kurang pandai dalam mengelola karyawan agar senantiasa termotivasi bekerja di perusahaan si bos.

Nah, berikut ini kami akan berbagi tentang beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga motivasi kerja karyawan dan membuat mereka cinta akan pekerjaan yang mereka lakukan untuk perusahaan si bos.


1.  Buat Lingkungan Kerja yang Inspiratif

Menciptakan lingkungan kerja yang inspiratif ada banyak cara yang dilakukan. Dengan melakukan hal ini, diharapkan karyawan dapat tetap bersemangat dalam bekerja.

Inspirasional dalam lingkungan kerja bisa si bos ciptakan dengan suasana kantor yang nyaman dan kondusif sehingga karyawan bisa lebih mudah dalam berkreasi.

Atau bisa pula dengan menerapkan hasil sebuah penelitan yang mengungkapkan bahwa motivasi kerja seseorang juga bisa dipengaruhi oleh pemilihan warna pada dinding interior suatu kantor.

Namun, yang terpenting adalah si bos harus bisa menyediakan waktu dan tempat untuk para karyawan bisa bertukar pikiran antara satu dengan yang lainnya.

Kinerja karyawan bisa ditingkatkan dengan adanya ruang diskusi terbuka yang intens. Inspirasi bagi karyawan dapat tumbuh dengan baik dengan lingkungan kerja yang fungsional dan seimbang.

Selain itu, transparansi dalam bekerja juga dapat si bos contohkan sebagai penumbuh inspirasi dalam benak karyawan si bos.


2. Tunjukkan Pencapaian Perusahaan yang Telah Diperoleh

Cobalah si bos menampilkan dengan jujur kepada karyawan sebagian keuntungan finansial atau beberapa pencapaian yang telah diperoleh oleh perusahaan.

Terkadang lebih mudah memahami deretan angka ketimbang si bos terlalu banyak bicara kepada mereka. Hal ini diharapkan dapat menambah semangat dan motivasi bagi karyawan dengan baik.

Sebagian kecil saja, tidak perlu si bos sampaikan semuanya, hal ini juga sudah sangat membantu. Berikan pula pemahaman terhadap karyawan mengenai kontribusi yang telah mereka lakukan untuk perusahaan. Keberadaan mereka akan dirasa menjadi semakin berharga untuk perusahaan.


3. Berikan Reward dan Punishment

Insentif yang si bos berikan terhadap karyawan dapat memacu mereka untuk bekerja lebih baik dan memberikan kontribusi yang lebih dari target yang diberikan perusahaan.

Pemberian reward dan punishment juga akan sangat berperan terhadap kinerja karyawan. Terutama dalam meningkatkan motivasi mereka dalam bekerja.

Pemberian insentif ini tentunya harus sesuai dengan prestasi kerja si karyawan, dan juga setahap demi setahap berawal dari proses yang kecil menuju pada kontribusi yang lebih besar.


4. Sering Berkomunikasi dan Memberi Perhatian Kepada Karyawan

Kebosanan adalah salah satu penyebab menurunnya motivasi kerja karyawan. Intensitas pekerjaan yang begitu padat dan lingkungan yang monoton tentu akan berisiko terhadap hinggapnya rasa bosan dalam diri karyawan.

Sebagai seorang pemimpin, penting sekali untuk bisa berkomunikasi dengan hangat kepada karyawan dan juga memberikan perhatian terhadap semangat kerja mereka. Perhatian si bos, walaupun sedikit saja bisa menjadi sangat berharga bagi karyawan.

Si bos harus bisa menyeimbangkan antara target pekerjaan, liburan, dan juga waktu untuk mereka beristirahat.

Sesekali, ketika perolehan keuntungan perusahaan sedang bagus, si bos bisa mengajak para karyawan untuk mengadakan family day, atau rekreasi bersama para karyawan dan keluarga mereka.

Ajak juga keluarga si bos, agar ada saling pengenalan yang lebih akrab antara si bos kepada karyawan dan juga keluarganya.

Percayalah, kebahagiaan yang didapat karyawan dalam bekerja di perusahaan Anda akan berdampak baik terhadap kinerja mereka terhadap perusahaan.

Sumber:
https://www.maxmanroe.com/4-cara-membuat-karyawan-tetap-termotivasi-dan-mencintai-pekerjaannya.html


Related Posts

Tips Membuat Karyawan Termotivasi dan Merasa Bahagia pada Pekerjaannya
4/ 5
Oleh

4 komentar

22 Mei 2015 10.42 delete

Asik banget nih kalo atasan ngerti ginian. Terkadang karyawan yang berusaha sama yang enggak digajinya tetep, ya akhirnya karyawannya sama semua.

Reply
avatar
22 Mei 2015 10.53 delete

Wah ini dia nih artikel yang sangat bermanfaat dan tentunya blognya juga ikut bermanfaat plus template yang bagus ini.

Reply
avatar
23 Mei 2015 08.55 delete

Wah tanks gan atas infonya sangat bermanfat

Reply
avatar