Tips Sukses dan Mudah Belajar Bahasa Inggris

Persaingan kerja dan dunia bisnis yang semakin ketat dewasa ini, menuntut anda untuk semakin meningkatkan kualitas dan potensi diri.

Salah satu hal penting untuk bisa anda kuasai di era pasar global ini adalah kemampuan berbahasa Inggris.

Namun, kesulitan dalam mempelajarinya memang kerap menjadi keluhan banyak orang. Dan tentunya kesulitan inilah yang menghambat anda untuk bisa berbahasa Inggris sehingga kesuksesan dalam menjalani karir serta bisnis juga jadi terhambat.

Simak juga: 5 Alasan yang Mengharuskan Kamu Tidak Berhenti Kuliah Di Tengah Jalan (2)

Hambatan-hambatan dalam Mempelajari Bahasa Inggris

Beberapa kesulitan tentu akan kita alami ketika belajar bahasa Inggris, ketiga unsur dasar yang sering menjadi penghambat yaitu pada sulitnya pengucapan, kosa-kata dan percakapan.

Pengucapan bahasa Inggris memang berbeda dengan bahasa Indonesia, misalnya saja ada beberapa huruf yang pengucapan secara tersembunyi atau tersirat seperti huruf “r” dan huruf “t”.

Kedua huruf tersebut tidaklah diucapkan secara jelas dalam bahasa Inggris. Sebagian orang yang belajar bahasa Inggris akan mengalami kesulitan dalam hal pronounciation.

Banyak yang sering melakukan kesalahan dalam hal pengucapan huruf yang perlu disamarkan dan pada kata yang sama namun mempunyai arti berbeda.

Selain itu, bahasa Inggris juga memiliki kosa-kata yang sangat banyak, namun satu kosakata terkadang juga memiliki banyak arti.

Itu sebabnya tidak banyak orang mampu menghafal kosakata bahasa Inggris dalam waktu singkat. Misalnya kata “make” dapat diartikan “membuat”, tetapi bisa juga artinya menjadi “menyebabkan”. Kata lainnya seperti “get”, bisa diartikan “mendapat”, namun dapat juga berarti “menyuruh”.

Itulah beberapa kesulitan dan hambatan yang sering mereka temukan ketika belajar bahasa Inggris. Apalagi, bagi sebagian orang percakapan bahasa Inggris terkadang membingungkan.

Terutama ketika harus memadukan antara salah satu kata dengan kata lainnya. Sehingga seringkali kita salah dalam menafsirkan kata.

Nah, berikut ini kami akan berbagi tentang cara mudah dan singkat dalam belajar bahasa Inggris yang bisa anda terapkan. Mau tahu apa saja?

1. Hafalkan minimal 10 kata setiap hari

Dengan metode menghafal minimal 10 kata setiap hari, diharapkan perbendaharaan kata bahasa Inggris anda semakin banyak. Semakin hari, anda pun akan lebih memahami berbagai artikel dan buku dalam bahasa Inggris.

Apabila anda merupakan orang yang sering mengalami kesulitan dalam menghafal, maka bisa anda siasati dengan menggunakan istilah dalam bahasa Indonesia yang akan mempermudah kita dalam menghafal.

Misal kita akan menghafal kata “procrastinator” yang artinya orang yang senang menunda, anda bisa coba menghafalnya dengan mengingat “tina”. Begitu juga anda bisa mencoba dengan istilah lainnya.

2. Buat senyaman mungkin belajar bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris kunci utamanya ialah jangan merasa kalau itu hal yang sulit. Kesan positif yang tertanam dalam diri anda, akan lebih memudahkan anda dalam belajar.

Anda bisa mencoba belajar bahasa Inggris di tempat yang senyaman mungkin, seperti di taman, atau tempat lainnya. Kepercayaan diri akan membuat anda terus berusaha dan tak mudah menyerah.

3. Praktikkan dengan rutin dalam kegiatan sehari-hari

Belajar bahasa, tidak hanya cukup dengan menghafal, atau menyusun struktur kalimat. Namun bahasa lebih mudah apabila dilakukan secara verbal.

Artinya anda harus rutin menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari. Sekarang ini juga sudah banyak kok sekolah yang mulai menerapkan peraturan “English Day”, yaitu hari di mana semua siswa dan guru wajib berbahasa Inggris.

Jangan malu untuk coba berbicara pada teman dengan bahasa Inggris. Atau dengan kakak, adik, maupun saudara anda di rumah.

Ketika anda hendak bertanya atau meminta sesuatu, gunakan bahasa Inggris, tapi jangan lupa untuk bilang dulu pada keluarga kalau anda memang sedang proses belajar.

Jadi jangan sampai nantinya ayah, ibu serta kakak atau adik mengira hari ini anda salah makan sesuatu sehingga bertingkah aneh dengan berbicara bahasa Inggris sepanjang waktu. Hehe...

4. Sering mendengar dan bernyanyi lagu barat

Di saat anda mulai jenuh dalam belajar bahasa Inggris, cobalah mendengarkan lagu barat. Cara ini selain membuat anda terhibur juga akan menambah perbendaharaan kosakata bahasa Inggris anda beserta cara pengucapannya.

Kalau tidak percaya, coba saja! Banyak juga lho yang bilang kalau lagu barat bisa jadi guru bahasa Inggris anda yang asik dan menyenangkan.

5. Banyak menonton film berbahasa Inggris

Bagi anda yang hobi menonton film, cobalah untuk lebih banyak menonton film-film Hollywood atau film barat lainnya.

Setiap percakapan yang terjadi dalam film tersebut akan membuat anda belajar banyak tentang kata-kata maupun kalimat dalam bahasa Inggris.

Di samping anda akan mudah memahami cara pengucapan dan arti dari kata tersebut, juga akan membantu anda dalam memahami ekspresi pada setiap kata seperti perasaan senang, kecewa, marah, maupun sedih.

6. Perbanyak membaca buku maupun artikel bahasa Inggris

Bagi anda yang sedang belajar bahasa Inggris, ada baiknya untuk sering membaca buku maupun artikel berbahasa Inggris.

Di samping belajar tentang penulisan dan pengucapan, terjemahkan juga buku yang telah anda baca ke dalam bahasa Indonesia.

Buku-buku bahasa Inggris yang anda baca akan memudahkan anda dalam mempelajari berbagai kalimat formal dan ilmiah.

7. Pratikkan dengan seorang native speaker

Anda bisa coba mengunjungi objek wisata yang mempunyai banyak pengunjung asing. Manfaatkan kesempata tersebut untuk bertanya atau sekedar mengobrol santai dengan mereka.

Dengan begitu anda akan bisa mengevaluasi sejauh mana letak kemampuan bahasa Inggris yang anda miliki.


Demikian beberapa tips sukses belajar bahasa Inggris, semoga bermanfaat dan silahkan berbagi kepada teman anda agar semakin banyak orang yang  mendapat manfaat dari posting ini. Terima kasih.

Sumber:
http://blog.batikindonesia.com/3-kesulitan-belajar-bahasa-inggris-dan-7-cara-mudah-mengatasinya/



Related Posts

Tips Sukses dan Mudah Belajar Bahasa Inggris
4/ 5
Oleh