7 Tips Sukses Memulai Usaha Rumah Makan

Seiring pertumbuhan penduduk yang semakin banyak, maka kebutuhan pangan yang harus disediakan pun juga semakin bertambah.

Belum lagi gaya hidup orang jaman sekarang yang semuanya ingin serba instant atau serba ingin cepat tersaji, mungkin inilah salah faktor yang membuat bisnis rumah makan makin hari makin tumbuh subur dan enggak pernah mati.

Walau dengan modal yang relatif minim, usaha rumah makan ini sebenarnya bisa memberi penghasilan yang cukup lumayan.

Baca juga: Inovasi Kuliner, Rendang Kemasan yang Tahan Lama

Namun tentu saja dibutuhkan cara-cara efektif untuk bisa membuat usaha rumah makan anda bisa sukses dan semakin berkembang. Untuk itu, berikut ini kami akan berbagi tips untuk anda yang ingin memulai usaha atau bisnis rumah makan.


1. Persiapkan Mental dan Rencana Usaha

Dalam berbisnis, tentu hal pertama yang harus anda miliki adalah mental wirausaha. Bagi anda yang selama ini bekerja sebagai karyawan kantor mungkin tidak akan mudah untuk membentuk mental tersebut.

Untuk itu, sebaiknya anda persiapkan diri anda dengan banyak belajar dan membaca berbagai informasi tentang wirausaha.

Belum lagi, bisnis rumah makan ini adalah termasuk bisnis dengan risiko yang besar karena yang anda jual adalah makanan yang tentu saja daya tahan makanan yang layak konsumsi juga memiliki waktu yang terbatas.

Namun, risiko yang besar juga pastinya akan berbanding lurus dengan keuntungan yang akan anda dapat bila anda bisa menjalankannya dengan optimal.

Selain mental, anda juga perlu untuk merencakan bagaimana konsep bisnis rumah makan yang anda jalankan.

Persiapkan segala hal menyangkut operasional, marketing, dan pengelolaan keuangan untuk rumah makan anda nantinya. Persiapkan juga dengan rapi segala hal teknis yang menyangkut seluk beluk usaha anda.


2. Sedikit Banyak Tahu tentang Masakan

Dalam memulai usaha rumah makan anda perlu juga menghitung sejauh mana kemampuan diri anda, terutama kemampuan yang menyangkut bidang kuliner. Setidaknya anda harus mengerti berbagai makanan yang banyak diinginkan oleh konsumen.

Lebih baik lagi kalau anda memang mempunyai keahlian yang mumpuni di bidang masakan. Namun, yang terpenting adalah kemampuan manajemen yang baik, untuk  tenaga ahli dalam masakan bisa anda merekrutnya dengan cara membuka lowongan atau menawarkan pekerjaan kepada orang yang anda percaya punya kemampuan di bidang tersebut.


3. Persiapan Lokasi Usaha

Lokasi yang strategis akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan usaha anda nantinya. Pilihlah lokasi yang berdekatan atau di sekitar tempat-tempat keramaian, seperti pusat perbelanjaan, sekolah, kampus, perkantoran, atau pemukiman yang padat penduduk.

Anda bisa menyewa ruko atau tempat yang representatif untuk usaha anda bila memang tidak mempunyai rumah atau gedung sendiri di sekitar tempat tersebut.


4. Peralatan Memasak dan Perlengkapan Makan

Sebagai operasional dari usaha rumah makan, tentu saja anda membutuhkan berbagai peralatan yang akan digunakan untuk operasional.

Lengkapi berbagai peralatan masak yang akan dibutuhkan nantinya, seperti kompor, panci, penggorengan, magic com, dan lain sebagainya.

Di samping itu perlengkapan makan yang memadai juga harus anda miliki, utamakan kenyamanan pengunjung rumah makan dalam memilih berbagai jenis dan bentuk perlengkapan makan untuk usaha rumah makan anda.

Anda bisa memakai meja kursi atau bila konsepnya adalah lesehan, maka karpet dan meja makan yang sesuai juga sangat penting untuk disediakan.


5. Merekrut dan Mengelola Pekerja

Dalam membuka usaha rumah makan, bisa dipastikan anda akan membutuhkan pekerja untuk membantu segala operasional usaha anda.

Sebab, anda akan sangat kerepotan bila mengurus semuanya sendiri, setidaknya untuk usaha kecil saja anda membutuhkan minimal dua orang pekerja untuk membantu anda mengurus kebersihan, mencuci peralatan masak dan peralatan makan, berbelanja bahan pangan, melayani pelanggan dan berbagai aktivitas lainnya. Dijamin, anda akan sulit mengerjakannya sendirian.

Di samping itu, bila anda memang tidak memiliki keahlian memasak yang mumpuni, tentu saja anda harus mempekerjakan seorang juru masak.


6. Usaha Rumah Makan Haruslah Higienis

Kesehatan adalah hal yang penting, terutama dalam membuka usaha rumah makan, dan kesehatan itu juga dipengaruhi dari kebersihan yang selalu terjaga.

Kebersihan juga sangat penting dalam menjaga kenyamanan pengunjung menikmati makanan yang dihidangkan.

Kebersihan adalah hal yang sangat penting, pastikan berbagai peralatan masak dan peralatan makan rumah makan anda selalu dalam keadaan bersih sebelum dan sesudah digunakan.

Selain itu, anda juga harus menyediakan wastafel (tempat cuci tangan) untuk pengunjung mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, ini bisa menjadi nilai tambah untuk kenyamanan mereka.

Hal sepele namun penting untuk diperhatikan adalah jangan memposisikan toilet atau tempat mencuci peralatan dekat dengan lokasi makan pengunjung. Ini sangat penting untuk kenyamanan mereka dalam menyantap hidangan.


7. Berikan Pelayanan Tambahan

Pelayanan tambahan akan menjadi senjata anda yang membedakannya dengan para pesaing. Sehingga rumah makan anda bisa memiliki image yang lekat di hati konsumen.

Ada berbagai trik atau cara yang bisa anda lakukan, seperti memutar musik yang slow dengan speaker yang dipasang di beberapa sudut ruangan, atau memberikan bonus kepada salah seorang pengunjung yang hari itu sedang berulang tahun, atau menampilkan pertunjukan sulap kecil-kecilan bagi pengunjung yang baru datang, atau bisa juga dengan memberi harga khusus pelajar dan mahasiswa, dan masih banyak lagi pelayanan tambahan yang bisa anda berikan.

Tentunya disesuaikan dengan budget atau modal anda dan kreativitas serta kejelian juga dibutuhkan untuk menangkap peluang yang kira-kira bisa menarik pengunjung lebih banyak.


Mungkin itu sedikit dari banyak tips dalam memulai rumah makan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan memberikan inspirasi untuk usaha anda. Jangan lupa ya, untuk melihat posting-posting menarik kami lainnya.


Sumber:
http://www.bisnisonlinegratisan.com/2013/09/cara-memulai-usaha-bisnis-rumah-makan.html


Related Posts

7 Tips Sukses Memulai Usaha Rumah Makan
4/ 5
Oleh

1 komentar: