Tujuh Tips Untuk Terbebas dari Lilitan Hutang Kartu Kredit

Tujuh Tips Untuk Terbebas dari Lilitan Hutang Kartu Kredit
wolipop.detik.com
Hati siapa yang tak gundah bila memiliki banyak tumpukan hutang.

Padahal anda sendiri tahu bahwa seharusnya menyisihkan sebagian uang untuk ditabung, sebagai dana darurat, investasi masa depan, persiapan masa pensiun, dan membeli asuransi.

Namun, hampir tidak mungkin hal itu bisa anda lakukan dikarenakan penghasilan anda hampir separuhnya terpakai untuk mengangsur cicilan hutang, termasuk hutang kartu kredit yang seakan tak ada habisnya.

Untuk itulah, kami memberikan beberapa tips yang semoga bisa membantu anda dalam penyelesaian masalah hutang membenani keuangan anda.

Baca juga: Menghadapi Sengketa Dengan Bank Melalui Mediasi Perbankan


1. Berhenti Menambah Hutang Kartu Kredit

Sebenarnya ada langkah sederhana namun sangat penting untuk dilakukan apabila anda ingin segera terbebas dari lilitan hutang kartu kredit.

Secara tidak sadar, penyebab utama anda cenderung banyak menggunakan kartu kredit adalah karena kartu kredit tersebut berada di dalam dompet sehingga mudah untuk anda keluarkan dan gunakan.

Mulai sekarang cobalah untuk meninggalkan kartu kredit anda di rumah, jangan di bawa ke mana-mana, tinggalkan saja di lemari atau tempat yang aman di rumah anda (di atas loteng misalkan).

Dengan cara sederhana ini, salah satu pintu kemudahan untuk menggunakan kartu kredit sudah lebih tertutup.


2. Satu Kartu Kredit Sudah Cukup

Mempunyai kartu kredit lebih dari satu tidaklah anda butuhkan. Jika sudah terlanjur memiliki dua kartu kredit, kurang saja jumlahnya.

Biasanya, pihak bank akan merayu anda setiap kali menawarkan kartu kredit baru dengan cara memuji anda sebagai nasabah pilihan, dan sebagainya.

Namun, lihat saja ketika anda berada dalam kesulitan dengan mereka, bukan pujian yang anda terima melainkan gertakan dan masalah dengan pihak bank.

Untuk itu, anda harus cermat dalam menerima tawaran kartu kredit. Lebih tegaslah pada sesuatu yang sebenarnya bukan menjadi kebutuhan anda dengan mengatakan TIDAK.

Jumlah hutang anda akan lebih cepat berkurang bila anda membatasi jumlah kartu kredit yang anda miliki.

Dan bila sudah melebihi limit kartu kredit, jangan menambah beban anda karena harus membayar bunga yang lebih besar lagi.


3. Susun Anggaran Bulanan

Pengeluaran dan penghasilan anda setiap bulan harus anda susun mulai sekarang, dan komitmen sangat diperlukan dalam menjalankan rencana anggaran bulanan anda.

Buat rencana agar dalam satu bulan penghasilan anda cukup memadai tanpa harus memakai kartu kredit lagi.

Selanjutnya, berdasarkan data bulan-bulan sebelumnya, buatlah anggaran belanja anda untuk satu tahun.

Bila ada surplus, anda bisa membaginya sebagai tambahan untuk membayar cicilan hutang anda. Atur kembali hingga cukup memadai dan jangan sampai terjadi defisit dalam anggaran tahunan tersebut.


4. Bayar Lebih pada Cicilan Kartu Kredit Anda

Pihak bank biasanya menetapkan pembayaran minimal yang sangat rendah untuk cicilan kartu kredit. Hal tersebut sebenarnya hanyalah trik supaya anda hanya akan terus membayar bunganya saja yang merupakan salah satu sumber penghasilan bank, sedangkan sangat sedikit sekali pokok hutangnya bisa berkurang.

Oleh sebab itu, anda harus membayarkan cicilan kartu kredit dengan jumlah yang lebih dari jumlah minimal yang ditetapkan oleh bank.

Begitu ada dana lebih, segera bayarkan untuk memangkas hutang anda. Dan bayarkan dalam jumlah tetap seolah-olah anda membayar iuran bulanan yang tidak berubah.


5. Pindahkan Saldo Hutang Anda pada Suku Bunga yang Lebih Rendah

Kartu kredit anda yang mempunyai bunga tertinggi sebaiknya segera anda bayarkan, kalau bisa anda lunasi saja.

Caranya bisa dengan memanfaatkan hutang dengan suku bunga yang rendah untuk menutup hutang dengan suku bunga yang lebih tinggi.

Misalkan anda mempunyai dua kartu kredit dan salah satunya mempunyai suku bunga yang lebih tinggi, maka tutup saja salah satu yang lebih tinggi tersebut dan pindahkan saldo hutang anda ke kartu kredit dengan suku bunga yang lebih rendah.

Lebih baik lagi bila anda memiliki kerabat atau saudara yang percaya dan mau membantu anda agar terbebas dari lilitan hutang kartu kredit.

Mintalah bantuan padanya untuk memberi pinjaman tanpa bunga guna melunasi hutang-hutang kartu kredit anda, dan kalau boleh anda lunasi hutang dengan kerabat anda tersebut dengan cara mencicil.


6. Targetkan Lunasnya Hutang Anda

Anda harus tetapkan target waktu untuk lunasnya hutang kartu kredit anda yang realistis dan komitmen pada target tersebut.

Anda juga harus menyadari bahwa hutang anda mungkin tidak akan selesai dalam waktu semalam, namun dengan komitmen yang anda miliki tentu akan berakhir seiring waktu berjalan. Jadi, tetaplah anda optimis dan semangat serta nikmatilah prosesnya.


7. Rencanakan Menabung dan Investasi

Anda harus punya rencana untuk menabung, dengan begitu anda tahu bahwa bila rencana penyelesaian hutang anda gagal, maka sulit untuk bisa naik ke tingkat berikutnya, yaitu menabung dan berinvestasi. Problem keuangan anda akan semakin dalam bila terus menunda untuk berinvestasi atau menabung.


Demikian posting kami tentang tips bagaimana melunasi hutang kartu kredit anda. Semoga bermanfaat.

Sumber:
http://asuransijiwaku.com/jika-hutang-kartu-kredit-melilit/


Related Posts

Tujuh Tips Untuk Terbebas dari Lilitan Hutang Kartu Kredit
4/ 5
Oleh