4 Hal yang Dapat Merangsang Kebiasaan Menabung

4 Hal yang Dapat Merangsang Kebiasaan Menabung
Banyak orang yang mempunyai kesulitan dalam urusan menabung. Biasanya, walaupun memiliki pendapatan yang lebih, tapi kebiasaan yang sama sekali tidak bisa menyimpan uang dalam waktu yang lama bisa saja menjadi penyebabnya.

Contohnya saja, ketika tiba tanggal gajian tiba-tiba ada teman yang mengajak belanja, atau keluarga yang meminta jatah belanja ketika baru saja tiba di tengah bulan.

Sebaiknya anda jangan khawatir, karena posting berikut ini akan mengulas tentang beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memudahkan anda agar terbiasa menabung. Mari simak tips-tipsnya!


1. Kurangi Aktivitas Makan di Luar

Tentunya anda akan lebih banyak mengeluarkan uang ketika makan di luar alias di restoran atau warung makan dibandingkan bila anda makan di rumah.

Baca juga: 7 Anggapan Keliru Tentang Persiapan Menghadapi Masa Pensiun

Untuk itu, luangkan waktumu untuk memasak dan berhentilah makan di luar setiap hari, atau anda dapat menyediakan peralatan masak yang mampu memudahkan kinerjamu ketika memasak makanan.

Tapi bukan berarti anda sama sekali tidak boleh makan di luar lho, sesekali di saat ingin merasakan makanan yang asyik, boleh saja kok misalnya sebulan sekali anda makan di restoran.


2. Membeli Barang di Online Shop yang Sedang Diskon

Berbelanja online merupakan manfaat yang bisa anda dapatkan dengan adanya perkembangan internet dan dunia digital.

Namun, tentu saja belanjalah sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, anda bisa berbelanja buku atau pakaian secara online, dan yang jelas lebih selektif ketika membeli barang di internet, pilihlah barang yang memang bisa dibeli via online dan tidak terlalu mengandung banyak risiko.


3. Beli Barang di Tempat Penjualan Grosir

Pedagang grosir adalah salah satu tempat belanja yang bisa anda datangi ketika ingin membeli barang-barang dengan harga murah.

Namun, ketika belanja grosir biasanya anda memang diharuskan membeli dalam jumlah banyak atau dalam kemasan besar.

Hal ini akan dapat menghemat pengeluaran anda sehingga akan banyak dana yang bisa anda siapkan untuk tabungan.

Anda bisa membeli barang-barang dalam jumlah banyak terutama untuk produk-produk tertentu seperti sabun mandi, sabun cuci, shampoo, deterjen, makanan ringan, susu, dan lain-lain.


4. Tidak Harus Branded, Asalkan Nyaman dan Berkualitas

Sebaiknya hentikan kebiasaan anda yang selama ini masih mengejar barang-barang hanya karena merk.

Hal ini akan sangat mengganggu kondisi keuanganmu tiap bulannya. Anda akan semakin sulit menyisihkan uang untuk menabung bila masih hanya mengagungkan merk. Pilihlah barang sesuai kebutuhan dan kenyamanan.


Nah, itulah beberapa cara sederhana dan pintar dalam membiasakan diri anda menyisihkan uang untuk tambahan tabungan.

Berhemat sangatlah penting untuk masa depan dan cadangan dana bilamana ada suatu hal darurat yang tidak terduga serta membutuhkan dana tidak sedikit.

Sumber:
http://gladisco.lintas.me/article/business/susah-nabung-lakukan-4-hal-ini-aja


Related Posts

4 Hal yang Dapat Merangsang Kebiasaan Menabung
4/ 5
Oleh