5 Jenis Kerja Paruh Waktu Untuk Mahasiswa

5 Jenis Kerja Paruh Waktu Untuk Mahasiswa
Kurangnya uang saku mungkin menjadi masalah yang banyak dihadapi oleh mahasiswa.

Terutama mahasiswa perantau. Beratnya tuntutan hidup di jaman sekarang memaksa para mahasiswa yang tiap bulan hanya mendapat uang saku pas-pasan untuk mencari kerjaan sampingan guna memenuhi biaya hidup sehari-hari di kota rantau.

Seperti kita ketahui, persoalan kebutuhan hidup mahasiswa bukan hanya tentang makan sehari-hari, tapi juga bagaimana agar biaya kost, perlengkapan-perlengkapan pribadi, kebutuhan buku, serta keperluan print dan fotocopy dapat terpenuhi tiap bulannya.

Baca juga: 10 Posisi Pegawai Google Dengan Gaji Tertinggi

Nah, untuk itulah posting kami kali ini akan mengulas tentang beberapa kerja sampingan yang cocok buat anda sebagai seorang mahasiswa.

Adanya topik ini juga diharapkan agar mahasiswa bisa mencoba untuk belajar lebih mandiri dengan bekerja sampingan.

Jadi, nantinya anda bisa lebih mempersiapkan diri menghadapi kerasnya kehidupan ketika telah selesai menuntut ilmu dan mendapatkan ijazah sarjana.


1. Operator Warnet

Karyawan posisi operator warnet juga menjadi salah satu kerja sampingan yang cocok buat mahasiswa dan juga bisa dikatakan menjadi kerja sampingan yang banyak dicari.

Lumayan bukan, selain bisa mendapat tambahan uang saku, anda juga mendapat fasilitas internet gratis yang bisa anda manfaatkan untuk belajar serta ketika ada tugas membuat makalah dari dosen.

Skill khusus mungkin tidak terlalu diperlukan dalam pekerjaan ini, yang terpenting adalah anda harus jujur, ramah kepada pelanggan dan mengetahui beberapa pengetahuan tentang internet.


2. Kerja Online

Koneksi internet ternyata juga bisa lho anda habiskan untuk sesuatu yang lebih produktif dan menghasilkan.

Coba saja anda cari di Google tentang beberapa referensi kerja online yang bisa anda lakukan dan menghasilkan uang.

Dan sebenarnya banyak sekali peluang bisnis online yang bisa seorang mahasiswa lakukan karena kebanyakan pekerjaan online ini tidak terikat oleh waktu atau hanya sekedar pekerja lepas. Contohnya saja seperti jasa penulis lepas, data entry, pay per click, dan lain sebagainya.


3. Tenaga Pengajar di Lembaga Kursus

Anda tidak harus mahasiswa jurusan pendidikan untuk bekerja sampingan di bidang ini. Banyak lembaga-lembaga kursus baik umum maupun privat yang muridnya adalah anak usia SD dan SMP dengan kebutuhan mentor dalam mata pelajaran tertentu seperti Matematika, Bahasa Inggris, atau Komputer.

Namun, memang anda haruslah memiliki skill yang mumpuni baik di bidang mata pelajaran tersebut, serta dalam menjelaskan dengan bahasa yang sederhana dan penuh kesabaran.


4. Bekerja di Bidang Jasa Pengetikan dan Terjemahan

Pekerjaan sampingan di perusahaan jasa penerjemah nampaknya cukup menjanjikan. Namun tentu saja anda harus mempunyai penguasaan bahasa asing yang mumpuni. Biasanya perusahaan jenis ini juga memberikan jasa fotocopy sekaligus menerima jasa pengetikan.

Sayangnya, tidak semua mahasiswa piawai dalam bahasa asing, walaupun itu adalah bahasa Inggris. Justru bila anda memiliki kemampuan tersebut, bukankah bisa anda manfaatkan untuk menambah uang saku.

Karena penawarannya kepada teman anda, bolehlah untuk tidak memasang tarif yang terlalu tinggi, kecuali jika memang pelanggan anda sudah lumayan banyak.


Sebenarnya masih banyak lagi kerja-kerja paruh waktu yang bisa anda lakukan dan cukup potensial. Namun, itu juga tergantung dari bagaimana anda bisa melihat peluang dan memanfaatkan kesempatan yang datang kepada anda dengan maksimal. Semoga posting kami bisa bermanfaat dan jangan lupa berbagi di facebook, twitter maupun google+ melalui tombol share di bawah ini.

Sumber:
http://www.dokterbisnis.net/2013/05/30/5-jenis-kerja-sampingan-yang-cocok-buat-mahasiswa/


Related Posts

5 Jenis Kerja Paruh Waktu Untuk Mahasiswa
4/ 5
Oleh