5 Tips Agar Traveling Anda Lebih Hemat dan Mengesankan

5 Tips Agar Traveling Anda Lebih Hemat dan Mengesankan
Selama ini mungkin banyak orang beranggapan bahwa hobi traveling identik dengan menghamburkan uang.

Pergi ke tempat-tempat wisata maupun mengunjungi daerah-daerah lain yang belum pernah anda kunjungi sebelumnya, tentu biaya tidak sedikit dibutuhkan untuk melakukan hal itu.

Namun, sebenarnya anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena traveling itu tidaklah harus mahal, semua orang termasuk anda dapat berlibur tanpa harus keluar biaya besar.

Liburan yang murah juga bukan berarti membuat keasyikan liburan anda berkurang.

Justru dengan penghematan biaya ini, pengalaman-pengalaman baru yang seru juga dapat anda rasakan.

Baca juga: 7 Pesona yang Dimiliki Wanita Hobi Traveling


1. Atur Bagasi Sesuai Kebutuhan

Jelas, tidak mungkin anda membawa semua barang-barang pribadi yang tersimpan di lemari. Sesuaikan barang bawaan dengan berapa lama rencana waktu perjalanan dari mulai berangkat hingga pulang nanti.

Di samping itu, secara sederhana anda bisa mempelajari tentang kota tujuan anda, mulai dari budaya hingga iklim di daerah tersebut.

Lalu, pakaian dan barang yang harus anda bawa disesuaikan dengan keadaan dan kondisi di tempat tujuan anda.

Setelah anda menyiapkan barang yang hendak dibawa, berikutnya harus diperhatikan juga teknik packing yang baik.

Pakaian sebaiknya digulung agar ruang dalam koper atau ransel anda bisa lebih irit. Pisahkan dengan kantong berbeda untuk barang-barang sesuai kategorinya.

Dengan melakukan riset tempat tujuan dan teknik packing yang benar, ruang dalam koper anda juga akan lebih hemat sehingga anda dapat bergerak lebih leluasa saat traveling dan saat chek-in di bandara anda tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra karena bagasi berlebih.


2. Berangkat Saat Off Season

Bila hendak menghemat biaya traveling, sebaiknya memilih waktu berangkat yang tidak bersamaan dengan musim festival.

Sebab, hal ini hanya akan membuat anda bingung dalam mengatur keuangan akibat harga tiket pesawat yang melonjak.

Lagipula, esensi liburan anda juga tak akan berkurang dengan pergi di saat musim sepi (off season). Justru dengan begitu, anda akan dapat menikmati traveling dengan lebih santai dan nyaman tanpa harus mengantre lama di loket tiket saat mengunjungi sebuah objek wisata, serta tak perlu berdesakan dengan wisatawan lain saat di pusat belanja souvenir.


3. Tak Perlu Menginap di Hotel Mewah

Menginap di hostel dapat anda jadikan pilihan untuk menghemat biaya liburan. Banyak juga kok hostel yang memberikan fasilitas dan pelayanan yang bahkan mendekati kualitas pelayanan di hotel.

Dan yang lebih menarik lagi, mungkin saja anda bertemu dengan banyak traveler lain dan saling bercerita tentang pengalaman-pengalaman seru selama traveling.

Bahkan, bisa jadi anda akan mempunyai teman traveling baru untuk keesokan hari menjelajah kota bersama-sama.


4. Gunakan Angkutan Umum

Saat traveling, lupakan gengsi di kota tujuan anda. Bila anda terbiasa ke mana-mana naik taksi, maka untuk kali ini lebih baik anda naik angkutan umum saja yang biayanya bisa jauh lebih murah.

Dengan naik angkutan umum, selain anda dapat menghemat biaya juga bisa menjadi tempat untuk anda bertemu dengan warga lokal dan berinteraksi dengan mereka. Siapa tahu anda akan mendapat informasi menarik yang tak banyak wisatawan lain mengetahuinya.


5. Hindari Makan di Restoran Mahal

Memang kalau bicara urusan perut tidak bisa kita sepelekan. Dan biasanya menjadi hal yang paling ampuh untuk menguras kantong anda.

Nah, untuk menghemat biaya makan anda agar tak membengkak saat traveling, anda harus mampu berbaur dengan warga lokal dan makan seperti mereka.

Pilih makanan khas di pasar tradisional atau rumah makan setempat dan hindari memilih restoran mahal untuk tempat makan.

Dengan makan di tempat-tempat semacam itu, anda juga dapat menikmati kuliner tradisional dengan harga yang ringan di kantong.

Sumber:
http://travel.kompas.com/read/2015/05/28/090529027/7.Tips.Ini.Bikin.Traveling.Lebih.Hemat.dan.Menyenangkan.


Related Posts

5 Tips Agar Traveling Anda Lebih Hemat dan Mengesankan
4/ 5
Oleh

1 komentar:

8 Oktober 2015 22.59 delete

informasi yang amat sangat bermanfaat untuk saya mas, terima kasih ya :D

Reply
avatar