Cara-cara Ampuh dalam Mencerdaskan Otak Anak

Bisa melihat anak tumbuh sehat dan cerdas adalah keinginan semua orang tua. Pola asuh orang tua dan pengaruh lingkungan adalah salah satu faktor penting yang bisa mewujudkannya.

Bahkan, mengasah kecerdasan anak pada tahap awal pertumbuhan adalah hal yang mungkin dilakukan agar kelak dia menjadi seorang cerdas saat dewasa.

Semua terletak pada bagaimana pola asuh orang tua, inilah yang dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan otak si buah hati.

Baca juga: Tumbuh Kembang Anak juga Sangat Dipengaruhi oleh Kesehatan Saluran Cerna

Posting berikut ini akan mengulas beberapa tips penting yang bisa para orang tua lakukan dalam upaya mengasah kecerdasan otak anak, dan memang harus dimulai sejak dini.


1. Dimulai Sejak Dalam Kandungan

Bahkan sebelum ia lahir, mengasah kecerdasan anak sudah bisa dilakukan. Pastikan si calon ibu memiliki kesehatan yang baik dan gizi yang cukup.

Zat-zat berbahaya seperti rokok, alkohol, obat-obat keras, dan merkuri harus dihindari karena diketahui berbahaya bagi perkembangan janin khususnya perkembangan otak bayi.

Kebutuhan gizi khusus untuk perkembangan otak bayi justru harus selalu dipenuhi, seperti minyak ikan dan asam folat.

Ada juga beberapa obat yang tidak dianjurkan saat masa kehamilan, dan sebaiknya dihindari. Jadi, sebelum anda mengkonsumsi obat-obatan tertentu sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda.


2. Pemenuhan Kebutuhan ASI untuk Bayi

Banyak nutrisi penting yang jumlahnya tak terhitung dalam ASI, dan semuanya sangat penting untuk pertumbuhan bayi.

Salah satunya adalah asam docosahexaenoic (DHA) yang merupakan asam lemak esensial yang sangat baik bagi perkembangan otak.

Banyak perusahaan produksi makanan yang telah mencoba meniru bahan ini di laboratorium untuk menambahkannya ke makanan bayi, namun hingga saat ini belum ada yang berhasil menyamai DHA alami seperti yang terkandung dalam ASI.


3. Sentuhan Fisik

Sentuhan dan belaian anda kepada bayi akan sangat penting untuk pertumbuhan emosionalnya. Koneksi neurologis yang penting untuk perkembangan otak juga akan terbentuk dengan misalkan membelai rambutnya, tungkai dan tubuh bayi. Selain itu, hal ini juga akan membantu memperkuat ikatan anda dengan bayi anda.


4. Membacakan Buku Cerita

Walau isi cerita yang anda bacakan mungkin belum dipahami oleh bayi, namun membaca terus-menerus akan membantu bayi untuk mendengar dan mengenali kata-kata serta artinya.

Proses ini dibutuhkan dalam mendukung kosa kata bayi agar lebih terbangun dan membantu cara bicaranya.


5. Berikan Mainan Cerdas

Peran penting dalam perkembangan otak bayi juga dipengaruhi mainan yang dimainkannya. Sesuaikan mainan dan kegiatan yang tepat dengan tahap perkembangan biologi anak.

Berikan mainan sederhana yang tidak membuat bayi frustasi. Misalnya mainan buka tutup yang dapat mengasah imajinasi bayi dan membantu koordinasi antara mata dan tangannya.


6. Bermain Tanda atau Isyarat

Ketika bayi berusia empat bulan, ajaklah ia untuk bermain tanda-tanda atau bahasa tubuh. Dalam sebuah penelitian menunjukkan hasil yang positif dalam penggunaan bahasa isyarat untuk meningkatkan kemampuan bahasa lisan serta IQ yang lebih tinggi.


7. Pengenalan Bahasa Asing

Di usia yang tepat atau sebaiknya dimulai setelah anak lancar berbahasa ibu, anda bisa mengenalkan bahasa asing dengan mendengar suara dan kosakata dari bahasa asing.

Misalnya dengan memutar DVD lagu atau Film berbahasa asing, sehingga bisa meningkatkan kosakata bahasa asing anak anda.


Itulah beberapa informasi yang bisa kami sajikan kaitannya dengan perkembangan otak anak anda. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikannya di Facebook, Google Plus, maupun Twitter. Terima kasih.

Sumber/gambar:
http://health.kompas.com/read/2011/09/01/13291847/7.cara.cerdaskan.otak.anak
sunhopeindonesia.com


Related Posts

Cara-cara Ampuh dalam Mencerdaskan Otak Anak
4/ 5
Oleh