Cara Mengalahkan Hutang dan Menuju Kebebasan Finansial

Cara Mengalahkan Hutang dan Menuju Kebebasan Finansial
gambar: www.dompetpintar.com
Berhentilah terus menerus menguras tabungan masa depan anda, sehingga menghalangi dari kebebasan finansial yang anda idamkan.

Memang, HUTANG merupakan musuh yang harus diwaspadai akan dapat merampas impian kebanyakan orang dan membuat mereka benar-benar menjadi tak berdaya.

Mengambil hutang terlalu banyak dan menggunakannya untuk tujuan yang salah adalah dua kesalahan yang sering terjadi saat anda berhutang.

Simak juga: Cara Mengelola Uang dan Membuatnya Bekerja Untuk Anda

Uang memang tidak dapat membeli kebahagiaan, namun dengan uang tentu hidup anda akan menjadi lebih mudah.

Untuk itu, sekaranglah sebaiknya anda mulai putuskan untuk memberantas dan mengalahkan hutang, terutama hutang.


1. Ketahui Segala Sesuatu tentang Hutang Anda

Di samping anda harus mengetahui berapa jumlah angsuran hutang anda tiap bulan, namun lebih dari itu segala sesuatu yang terkait dengan hutang tersebut juga harus anda ketahui dengan baik.

Buat daftar kepada siapa saja atau kepada pihak mana saja anda berhutang, hitung jumlah sisa hutangnya saat ini, berapa pembayaran angsuran perbulannya, dan berapa besar suku bunganya masing-masing.

Kondisi-kondisi mengenai pinjaman anda juga harus anda cari tahu, misalnya apakah bila anda melunasinya sekarang anda mendapatkan potongan bunga dari hutang tersebut atau tidak.


2. Susun Daftar Pembayaran Hutang Menurut Prioritasnya

Setelah anda membuat catatan mengenai segala sesuatu tentang hutang anda, susunlah daftar prioritas dalam pembayaran hutang anda.

Cara menyusun prioritasnya, urutkan hutang dari yang bunganya paling tinggi, hingga dengan bunga yang terendah.

Jadi penyusunannya bukan dari besarnya jumlah saldo hutang yang paling besar. Bila anda sudah bisa melunasi hutang dengan suku bunga paling tinggi, maka bisa anda lanjutkan dengan hutang pada suku bunga tertinggi berikutnya.


3. Jangan Berhutang Lagi dan Hentikan Penggunaan Kartu Kredit

Rencana-rencana di atas tentu tidak akan berhasil apabila anda tetap saja menambah pinjaman-pinjaman anda di tempat lain, atau tidak menghentikan penggunaan kartu kredit anda.

Tinggalkan kartu kredit anda di rumah bila takut tergoda untuk memakainya. Kartu kredit boleh digunakan tapi hanya dalam keperluan darurat.

Apapun cara yang digunakan dalam usaha memberantas hutang, betapun anehnya, selama hal itu dapat membangun kebiasaan penggunaan kartu kredit yang lebih baik, maka tak ada salahnya anda lakukan.

Terlalu ekstrem, pelit, atau kuno, mungkin begitulah nantinya anggapan orang terhadap usaha yang anda lakukan tersebut.

Tapi, siapakah nantinya yang akan menderita berkepanjangan apabila anda tidak berhati-hati dalam menggunakan kartu kredit? Anda atau mereka?

Keuangan anda merupakan tanggung jawab diri anda sendiri, jadi jangan terlalu apa kata mereka. Biarkan orang lain pun sibuk untuk mengurus masalah hutang mereka sendiri.


Melakukan 3 hal di atas tentu saja bukan langkah yang mudah, namun banyak juga kok orang yang telah melakukannya dan berhasil.

Dari hari ke hari, mereka yang telah melakukan ‘tips mengalahkan hutang’ di atas semakin dekat kepada kebebasan finansialnya. Anda pun pasti menginginkan hal yang sama bukan?

Sumber:
http://kemandirianfinansial.blogspot.com/2014/12/3-cara-mengalahkan-hutang.html


Related Posts

Cara Mengalahkan Hutang dan Menuju Kebebasan Finansial
4/ 5
Oleh