Cara Pintar Mendatangkan Pengiklan Bagi Blog Anda

Cara Pintar Mendatangkan Pengiklan Bagi Blog Anda
Salah satu metode yang menguntungkan untuk menghasilkan uang lewat blog yaitu dengan menjual slot iklan banner mandiri.

Mengapa kami katakan demikian, karena ada dua alasan yang melandasinya: pertama, pemilik blog memperoleh uang penghasilan yang utuh karena tidak dipotong oleh pihak ketiga (broker iklan), dan yang kedua, pemilik blog punya wewenang untuk menseleksi iklan apa saja yang boleh tampil dan tidak di blog miliknya.

Dengan kata lain, pemilik blog mempunyai otoritas penuh terhadap iklan yang tampil di blognya serta pendapatan yang diterimanya.

Hanya saja untuk menggaet pemasang iklan untuk blog itu memang bukanlah hal mudah, terutama bagi blog yang belum terkenal dengan trafik yang belum begitu banyak.

Butuh kerja keras dan waktu yang tidak sebentar. Namun, sebaiknya anda jangan dulu berkecil hati karena selalu ada jalan di setiap kesulitan.

Dan kami akan berbagi beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk bisa menarik pebisnis online agar mau memasang iklan di blog anda.


1. Bangun Blog Anda Hingga Memiliki Trafik yang Cukup

Memang, trafik merupakan hal utama yang menjadi ketertarikan orang untuk memasang iklan di suatu situs atau blog.

Jadi, mau tidak mau anda harus terus melakukan pengembangan dan pembangunan blog anda hingga mempunyai trafik yang cukup setiap harinya.

Rajinlah untuk update konten blog, dan juga blogwalking di blog-blog lain. Selain itu, promosikan juga blog anda di media sosial agar seiring berjalannya waktu, blog anda akan memperoleh trafik yang cukup setiap harinya.

Tidak ada aturan baku berapa jumlah minimal pengunjung blog setiap hari untuk bisa mendapatkan pemasang iklan.

Namun, jika blog anda sudah bisa mendatangkan trafik di atas 500 orang, nampaknya sudah bisa dijadikan modal awal yang cukup.


2. Buat Halaman Pemasang Iklan

Pertama, anda bisa coba untuk membuat halaman pemasangan iklan. Gunanya untuk memberi informasi kepada orang lain bahwa anda menerima pemasangan iklan di blog tersebut.

Nah, agar halaman iklan tersebut dapat berfungsi efektif, maka haruslah memuat beberapa hal berikut:

- Target Pemasang Iklan

Sebutkan siapa target yang anda inginkan untuk bisa memasang iklan di blog tersebut. Tentunya sesuaikan dengan topik blog anda.

- Keuntungan Bagi Pemasangan Iklan

Sebutkan keuntungan apa saja yang akan diperoleh para sponsor dengan memasang iklan di blog anda.

Misalnya, anda bisa menyebutkan beberapa keuntungan seperti produk atau jasa mereka promosinya akan lebih efektif karena dilihat oleh pengunjung yang tertarget, atau akan banyak diketahui orang karena blog anda dikunjungi ribuan orang setiap harinya, dan lain-lain.

- Data Trafik

Sajikan data trafik blog anda, misalnya jumlah pengunjung dan page views dalam satu bulan terakhir. Data yang digunakan haruslah benar-benar data yang akurat. Untuk hal ini, bisa anda gunakan data dari Google Analytics atau HiStats.

- Pilihan Slot Banner

Informasikan kepada calon pengiklan tentang ukuran, jumlah, dan posisi banner agar mereka mengetahui dengan mudah di mana tempat-tempat iklan mereka akan muncul.

Contohnya, anda menyediakan slot banner sebanyak 2 buah dengan ukuran 468x60 terletak di atas dan bawah posting, atau bisa juga yang lainnya.

- Biaya Pemasangan Iklan

Informasi tentang besarnya tarif atau biaya untuk pemasangan iklan juga harus disampaikan kepada calon pengiklan dengan jelas.

Bila anda bingung dalam menentukan berapa biaya yang pantas, bisa anda amati biaya iklan-iklan di blog lain, kemudian tetapkan biaya yang lebih murah sebagai langkah permulaan hingga anda sudah memiliki sponsor langganan untuk blog anda nantinya.

Umumnya untuk biaya pemasangan iklan digunakan lama waktu selama sebulan. Misalnya anda menentukan tarif pemasangan iklan sebesar Rp 50.000 per bulan, atau bisa yang lainnya.

- Kontak Personal

Cantumkan alamat, atau email atau no handphone yang bisa digunakan oleh calon pemasang iklan bila berminat atau sekedar bertanya kaitannya dengan pemasangan iklan di blog anda.

- Sarana Pembayaran

Berikan informasi tentang sarana atau media pembayaran yang dapat anda terima, seperti rekening bank lokal atau bisa juga menggunakan Paypal.

Namun, hal ini sifatnya opsional dan bisa anda informasikan pada waktu kemudian apabila memang sudah ada yang positif untuk memasang iklan di blog anda.

Itulah beberapa poin yang harus ada dan termuat dalam halaman pemasang iklan di blog anda. Jika masih belum jelas, bisa anda lihat contohnya pada halaman PASANG IKLAN yang terdapat blog ini untuk kemudian bisa diubah sesuai kehendak anda.


3. Membuat Daftar Calon Pemasang Iklan dan Coba Menghubungi Mereka

Belumlah cukup dengan hanya memiliki halaman pemasangan iklan saja di blog anda. Sebab, mungkin saja banyak pemasang iklan yang belum mengetahui bahwa blog anda juga menyediakan jasa pemasangan iklan.

Maka dari itu, upaya lainnya yang dapat menunjang datangnya pengiklan untuk blog anda ialah dengan sistem jemput bola.

Sebelumnya anda bisa luangkan waktu untuk membuat daftar pemasang iklan dengan melihat para pemasang iklan di blog lain.

Pilih para pemasang iklan yang sesuai dengan niche atau topik blog anda dari beberapa blog yang terdapat iklannya. Lalu kunjungi situs mereka dan catat nama, alamat, serta email mereka.

Langkah selanjutnya ialah anda coba hubungi para pemasang iklan tersebut. Anda haruslah proaktif dalam hal ini.

Hubungi mereka secara profesional via email atau form kontak pada web mereka. Dalam email tersebut disarankan untuk memenuhi beberapa poin berikut ini:

  • Perkenalkan diri anda.
  • Informasikan maksud dan tujuan anda menghubungi mereka, yaitu melakukan penawaran pemasangan iklan di blog anda.
  • Beri deskripsi yang jelas tentang topik dan trafik yang terdapat dalam blog anda.
  • Informasikan ukuran, posisi iklan, dan biaya pemasangan iklan disertai promo atau diskon yang bisa mereka dapatkan bila memasang iklan di blog anda.


Apabila email tersebut tidak mendapat respon, maka janganlah anda kecewa karena mungkin saja yang anda hubungi saat itu sedang sibuk atau mungkin belum tertarik terhadap penawaran anda.

Tapi, suatu saat bila mereka tertarik siapa tahu mereka akan menghubungi anda karena telah mendapatkan kontak yang anda berikan pada email tersebut.


Mungkin itulah yang bisa kami sampaikan pada posting kali ini. Semoga bahasan tentang cara pintar menggaet pemasang iklan bagi blog anda ini dapat memberikan manfaat.


Sumber:
http://www.blogguebo.com/2010/06/4-tips-cerdas-menggaet-pemasang-iklan.html


Related Posts

Cara Pintar Mendatangkan Pengiklan Bagi Blog Anda
4/ 5
Oleh