Cara Sederhana Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat

Cara Sederhana Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat
Dalam mempelajari suatu bahasa, seperti kita ketahui tidaklah semudah dan secepat membalikkan telapak tangan.

Namun bahasa merupakan hal yang unik. Di satu sisi bahasa merupakan hal yang paling mudah dipelajari, sebab semua orang pasti sudah terbiasa dengan suatu bahasa sejak mereka kecil.

Kendati demikian, pada saat yang sama bahasa juga menjadi hal yang paling sulit untuk sebagian orang dalam mempelajarinya.

Sebab, untuk mempelajari satu bahasa tidaklah cukup hanya menghapal kata-kata dan mempelajari struktur bahasa tersebut, tapi lingkungan yang juga memiliki peran penting dalam proses pemahaman orang yang sedang belajar bahasa tersebut.

Baca juga: 7 Rahasia Menjadi Pelajar Sukses

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang memiliki jumlah speakers kurang lebih 400 juta orang di seluruh dunia.

Di mana sebagian besar dari mereka memang berasal dari negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan lain-lain.

Bahasa Inggris memang termasuk bahasa yang cukup sulit untuk dipelajari karena begitu luasnya perbendaharaan kata dan ejaan yang kadang tidak sama dengan apa yang tertulis.

Akan tetapi, tidak berarti bahasa Inggris tak bisa dipelajari, dan yang dapat membuat belajar kita tidak menjadi sulit adalah karena bahasa Inggris juga memakai huruf latin seperti bahasa Indonesia.

Sehingga untuk mempelajarinya bisa menggunakan berbagai sumber seperti film, buku, majalah, dan sebagainya.


Pelajari Grammar sebagai Permulaan

Semua bahasa pada prinsipnya adalah sama, semua harus dilatih dan dibiasakan pada komunikasi sehari-hari.

Jaman sekarang apalagi didukung oleh fasilitas seperti Internet, film dan buku, bisa membuat orang lebih mudah dalam belajar bahasa Inggris.

Namun, bagi anda yang benar-benar sama sekali tidah menguasai bahasa Inggris atau memulai belajar bahasa Inggris dari Nol, hal pertama yang harus anda pelajari adalah Grammar atau struktur bahasa.

Grammar atau struktur bahasa sangatlah penting sebelum anda menghapalkan vokabulari dan mempelajari hal-hal lain terkait bahasa Inggris seperti idiom, atau menulis artikel dalam bahasa Inggris, setidaknya anda harus menguasai Grammar.

Anda bisa mempelajari Grammar menggunakan buku-buku Grammar bahasa Inggris berkualitas lumayan namun harga terjangkau dengan membelinya di toko-toko buku seperti Gunung Agung atau Gramedia.

Atau bila ingin yang lebih murah lagi, anda bisa belajar melalui situs-situs belajar bahasa Inggris. Jadi, Grammar adalah hal pertama yang penting harus anda kuasai sebelum melangkah ke step berikutnya seperti vokabulari atau idiom, dan lain-lain.

Setelah anda merasa cukup menguasai Grammar, selanjutnya anda harus mempelajari dan menghapalkan vokabulari.

Banyak metode yang dilakukan seseorang dalam menghapal vokabulari, salah satunya yang termudah menurut saya adalah dengan menghapalkan sedikitnya 20 kata sehari, dan dilakukan secara rutin setiap hari.


Menonton Film Berbahasa Inggris

Ketika menghapal vokabulari, bisa juga anda iringi juga dengan banyak menonton film-film berbahasa Inggris, atau membaca buku-buku berbahasa Inggris.

Saat sedang menonton film, coba kalimat-kalimat yang diucapkan oleh aktor tersebut anda ingat-ingat mungkin ada yang sudah familiar di pikiran anda. Dan apakah anda merasa pernah mempelajari Grammar dari kalimat-kalimat tersebut.

Ketika ada kalimat yang mungkin terasa kurang familiar, coba filmnya di rewind dan catat kalimat tersebut, lalu jika ada kata-kata yang belum anda tahu artinya, bisa dilihat kembali di kamus, begitu juga dengan Grammar, apabila terdapat struktur kalimat dalam pengucapan aktor film tersebut yang masih membingungkan, bisa dipelajari kembali dengan membuka buku bahasa Inggris yang sebelumnya anda pelajari.

Selain menonton film berbahasa Inggris, anda juga bisa coba cara ini dengan mendengarkan musik-musik berbahasa Inggris, atau membaca majalah berbahasa Inggris.

Metode ini di samping dapat memperkaya perbendaharaan kata bahasa Inggris anda juga dapat memperdalam penguasaan Grammar yang anda pelajari sebelumnya.


Berbincang Menggunakan Bahasa Inggris

Nah, setelah cara-cara di atas anda pelajari, anda juga bisa mencobanya sedikit-sedikit dengan berbincang dalam bahasa Inggris.

Bila anda punya teman yang berasal dari Inggris, Amerika, atau Australia akan lebih baik, atau bisa juga berbincang dengan teman yang memang sudah mahir berbahasa Inggris.

Fasilitas Chat dalam social media di internet juga bisa anda manfaatkan untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris yang anda miliki.

Kenalan dan Invite dengan orang yang berasal dari luar negeri (terutama Amerika, Inggris, dan Australia) dan cobalah berbincang-bincang dengan mereka melalui fasilitas chat yang tersedia.


Itulah beberapa cara sederhana yang sangat mudah dan bisa anda coba untuk belajar bahasa Inggris dengan cepat. Semua itu tentu juga dibutuhkan kemauan dan semangat yang kuat.

Jangan sampai, baru menemukan kendala sedikit saja anda sudah merasa bahwa belajar bahasa Inggris itu susah dan menyudahi program belajar bahasa Inggris yang tengah anda lakukan.

Selain itu, bahasa Inggris tidaklah bisa anda kuasai hanya dengan waktu sebulan atau 2 bulan saja, tapi mungkin bisa juga setahun, 2 tahun, atau mungkin lebih.

Yang terpenting adalah anda harus membiasakan diri dalam pengucapan bahasa Inggris, dan banyak membaca maupun mendengarkan perkataan-perkataan dalam bahasa Inggris.

Sumber:
http://teknosgenius.com/index.php?option=com_content&view=article&id=164:belajar-bahasa-inggris&catid=53:pendidikan-01&Itemid=78


Related Posts

Cara Sederhana Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat
4/ 5
Oleh