Daftar Makanan dan Minuman yang Kurang Baik untuk Kesehatan

Daftar Makanan dan Minuman yang Kurang Baik untuk Kesehatan
gambar: www.craigbailey.net
Banyak penyakit berbahaya dan kronis yang sumbernya adalah makanan.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi gula, garam serta lemak merupakan penyebab utama dari timbulnya penyakit tidak menular yang justru sekarang ini menjadi pembunuh nomor satu di dunia.

Itulah sebabnya, kita harus menjaga tubuh kita dari konsumsi makanan-makanan yang memberikan dampak negatif bagi kesehatan seperti makanan serta minuman berikut ini.

Baca juga: Pola Makan Sehat yang Berantakan Akibat Kemapanan


1. Makanan Pencuci Mulut yang Digoreng

Makanan pencuci mulut pada dasarnya sudah mengandung kadar gula dan lemak yang tinggi. Apalagi jika menghidangkannya dengan cara digoreng, anda bisa bayangkan betapa buruknya dampak kesehatan bagi tubuh.

Walaupun berbahan baku dari buah, sebaiknya anda jangan terlena dengan pisang atau nanas yang dimasak dengan digoreng.

Makanan tersebut merupakan pencuci mulut yang kurang sehat karena dibuat dengan adonan pembungkus dan dicampur sirup.


2. Makanan Berlapis Keju

Keju merupakan makanan berkadar lemak tinggi. Biasanya, lemak yang terkandung dalam keju 10 kali lebih banyak dari daging putih dan ikan.

Makanan ini termasuk dalam daftar makanan yang kurang baik bagi kesehatan. Apalagi jika pencuci mulut berupa kentang goreng yang dilapisi keju yang merupakan karbohidrat yang digoreng.


3. Makanan Daging Olahan

Karena tidak jelasnya apa saja yang terkandung di dalamnya, daging olahan mendapat julukan lain yaitu “daging misteri”.

Jadi, dapat dipastikan bila makanan daging olahan itu komposisi dagingnya tidak jelas dan dikemas dalam kaleng maka daging tersebut tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Hindari pula makanan hasil olahan lemak dengan garam seperti sosis dan salami karena itu juga bisa memberi pengaruh yang kurang baik bagi kesehatan.


4. Chicken Nugget

Hampir sama dengan sosis, chicken nugget merupakan makanan olahan yang berasal dari daging sisa yang dicampur dengan tepung.

Apalagi ketika nugget kecil tersebut dihidangkan dengan cara digoreng, semakin tinggi tingkat level makanan tersebut sebagai makanan yang kurang sehat dikonsumsi. Hasil penggorengan nugget akan menyerap lebih banyak lemak daripada yang anda bayangkan.


5. Sup Kaleng

Sebenarnya sup adalah makanan yang sehat karena banyak mengandung sayuran yang sehat untuk dikonsumsi.

Namun, bila sup tersebut diawetkan dan dimasukkan dalam kemasan kaleng tentu saja jadi kurang baik.

Bila ingin makan sup, bukankah lebih baik anda memasaknya sendiri daripada beli sup kalengan?


6. Makanan Cair

Makanan cair memang tidak selalu buruk, tapi sebaiknya jangan dijadikan makanan pengganti yang dapat menjauhkan anda dari konsumsi makanan yang tepat.

Jika dikonsumsi oleh orang yang sedang sakit mungkin tidak masalah, namun jangan sampai makanan alami justru tergantikan karena kehadiran makanan cair.


7. Minuman Ringan Bersoda

Meskipun dikonsumsi dalam jumlah kecil, minuman ringan dan soda kurang baik bagi kesehatan karena mengandung begitu banyak kalori.

Selain itu, minuman bersoda juga dapat meningkatkan risiko kerapuhan tulang atau osteoporosis, gigi keropos (erosi gigi), dan serangan jantung.


Itulah daftar makanan dan minuman yang kurang sehat apabila terlalu banyak dikonsumsi oleh tubuh. Semoga dapat meningkatkan kualitas hidup sehat kita dengan menghindarinya.

Sumber :
http://www.bloggerbekasi.com/2012/07/21/9-makanan-yg-kurang-ok-untuk-kita.html


Related Posts

Daftar Makanan dan Minuman yang Kurang Baik untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh