Daftar Pertanyaan yang Selalu Ada Dalam Wawancara Kerja

Daftar Pertanyaan yang Selalu Ada Dalam Wawancara Kerja
Mencari pekerjaan nampaknya tak bisa lepas dari yang namanya sesi wawancara.

Seleksi wawancara merupakan percakapan formal dan mendalam yang dilakukan guna mengevaluasi hal-hal yang bisa diterima atau tidaknya calon pegawai sesuai dengan tujuan wawancara tersebut.

Pada tahap seleksi penerimaan karyawan, pewawancara berusaha memperoleh jawaban tentang dua hal, yaitu mampukah pelamar melakukan pekerjaan, dan membandingkan kemampuan pelamar dengan pelamar yang lain.

Simak juga: Persiapan Diri dalam Mencari Pekerjaan Baru

Dalam seleksi penerimaan karyawan, seleksi wawancara adalah teknik yang paling banyak digunakan.

Wawancara juga lebih fleksibel dan bisa diterapkan terhadap semua calon pegawai baik karyawan pada tatanan manajerial maupun operasional, maupun berketerampilan tinggi atau berketerampilan rendah.

Juga dimungkinkan dalam teknik ini terjadi pertukaran informasi dua arah. Pewawancara bisa mempelajari pelamar, dan pelamar dapat mempelajari perusahaan melalui pewawancara.

Pada tahap wawancara dalam seleksi penerimaan karyawan juga dimungkinkan si calon karyawan untuk mengekspresikan ide dan perilakunya secara penuh, serta perusahaan maupun calon karyawan pun akan sebaik mungkin mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan yang ditawarkan.

Bila anda sudah ada pada tahap wawancara kerja, ini bisa dikatakan tahap yang ‘gampang-gampang susah’.

Sebab, anda harus sebisa mungkin berbicara mengenai diri anda di depan interviewer tanpa terkecoh dengan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.

Ketenangan merupakan kunci sukses dalam menghadapi sesi wawancara kerja. Dan berikut ini kami akan berbagi hal-hal yang pasti ada dalam sesi wawancara, yang tujuannya agar anda sebagai calon karyawan bisa lebih mempersiapkan diri ketika menghadapi sesi wawancara tersebut.


Ceritakan Mengenai Diri Anda

Pewawancara biasanya akan membuka percakapan dengan meminta anda untuk mengenalkan diri, riwayat pendidikan, aktivitas yang sehari-hari anda lakukan, hobi, maupun berbagai prestasi yang pernah anda raih baik saat bekerja maupun saat masih bersekolah. Inilah kesempatanmu untuk mengenalkan dan ‘menjual’ kemampuan anda dalam bekerja.


Apa Saja Pengalaman Kerja yang Anda Miliki

Ceritakan hal apa saja yang membanggakan dalam dirimu kaitannya dengan pekerjaan. Jelaskan pula secara detail tentang apa saja yang anda kerjakan di perusahaan sebelumnya. Dan juga prestasi apa saja selama bekerja yang pernah anda raih.


Alasan Keluar dari Pekerjaan yang Sebelumnya

Pada pertanyaan ini, sebaiknya hindari menceritakan alasan pindah kerja yang mengurangi penilaian anda di mata perusahaan, seperti karena atasan anda yang galak, banyaknya pekerjaan yang dilakukan, lembur yang terlalu sering, atau masalah-masalah pribadi dengan rekan kerja. Jujur dengan apa yang terjadi memang boleh-boleh saja, namun tidak usah terlalu detail.

Biasanya, informasi yang cukup dalam akan dikorek oleh si pewawancara pada pertanyaan ini, jangan sampai anda terpancing dan hal-hal yang bersifat pribadi menjadi anda beritahukan kepada si pewawancara.


Ketertarikan yang Membuat Anda Melamar di Perusahaan Ini

Pastikan informasi tentang perusahaan yang anda lamar sudah anda ketahui. Bukan hanya nama perusahaan dan alamat saja, tapi juga bidang usaha yang digeluti perusahaan tersebut, pekerjaan yang akan anda lakukan, dan segala hal umum yang akan jadi jawabanmu ketika pertanyaan ini dilontarkan oleh pewawancara.


Jelaskan Kekurangan Serta Kelebihan yang Anda Miliki

Sekali lagi ditekankan untuk tidak menyebutkan sesuatu hal yang dapat mengurangi penilaian perusahaan terhadap anda.

Jadi, jangan jelaskan kalau anda adalah orang yang susah bangun pagi, atau lambat dalam bekerja. Cukup mengatakan satu atau dua kelemahanmu, dengan menambahkan pernyataan bahwa anda akan terus memperbaiki diri terhadap kekurangan-kekurangan tersebut.

Ketika menjelaskan kelebihan-kelebihan yang dimiliki, ceritakan berbagai hal positif dalam dirimu, misalnya disiplin, loyal terhadap perusahaan dan pimpinan, bisa berkomunikasi dengan baik, tegas, mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja, dan sebagainya.


Sejauh Mana Anda Mengetahui Posisi Pekerjaan yang Dilamar

Di samping informasi tentang perusahaan, anda juga harus cari tahu tentang posisi atau profesi yang anda lamar secara lengkap.

Hal ini akan menambah poin plus anda di mata pewawancara, sebab ketika anda nanti diterima sebagai karyawan, setidaknya anda sudah paham tentang tugas-tugas yang akan dikerjakan.


Kesediaan Anda untuk Kerja Lembur

Sebaiknya jawab saja bersedia, namun anda pun boleh menjelaskan pada pewawancara jika anda mempunyai manajemen waktu yang baik sehingga anda jarang lembur pada pekerjaan yang sebelumnya.

Atau bila memang ingin jujur, anda bisa mengatakan tidak bisa bekerja lembur, namun harus dengan alasan yang masuk akal dan meyakinkan.


Mampu Bekerja Dalam Tim Maupun Secara Individu

Biasanya akan pertanyaan apakah anda bisa bekerja secara tim atau biasa bekerja sendiri. Anda jawab saja BISA untuk keduanya.

Ceritakan pengalaman anda ketika bekerja sendiri, maupun ketika bekerja dengan banyak orang dan memperoleh suatu pencapaian yang membanggakan.


Besarnya Gaji yang Diinginkan

Sebelum wawancara berlangsung, sebaiknya anda sudah mencari tahu tentang kisaran gaji yang relevan untuk posisi yang anda lamar saat ini.

Namun, bila anda bingung boleh saja mengatakan bila anda bersedia mendapatkan gaji sesuai standar perusahaan.

Namun, bagi yang sudah memiliki banyak pengalaman kerja, tak ada salahnya untuk mengatakan nominal yang diinginkan dan kira-kira cukup pantas untuk anda terima.


Apa Ada Pertanyaan yang Hendak Anda Sampaikan

Sebelum wawancara berlangsung, selalu siapkan satu pertanyaan atau pikirkan sesuatu ketika wawancara untuk memberi kesan antusiasme anda terhadap perusahaan.

Mungkin bisa juga dengan menanyakan proyek-proyek yang sedang perusahaan kerjakan, atau program-program menarik yang bisa karyawan dapatkan dengan bekerja di perusahaan tersebut.


Nah, itulah pertanyaan-pertanyaan yang harus anda siapkan jawabannya ketika menghadapi sesi wawancara kerja.

Persiapkan diri anda agar lebih meyakinkan sehingga memperbesar peluang anda untuk diterima di perusahaan yang anda lamar.

Sumber:
http://gladisco.lintas.me/article/career/10-pertanyaan-yang-pasti-ada-saat-wawancara-kerja


Related Posts

Daftar Pertanyaan yang Selalu Ada Dalam Wawancara Kerja
4/ 5
Oleh