Empat Transportasi Publik Favorit di Jakarta

Angkutan umum bagi kalangan urban di Indonesia nampaknya belum menjadi pilihan transportasi favorit. 

Walau di badan jalan seperti ibukota banyak angkutan umum tersedia, namun kendaraan pribadi masih banyak dipilih oleh masyarakat sebagai sarana mobilitas mereka.

Kondisi ini memang berbanding terbalik di beberapa negara maju. Kaum urban di sana sudah dapat mengandalkan transportasi publik dengan mobilitas yang tinggi.

Biasanya, efisiensi waktu merupakan kendala utama. Kondisi macetnya Jakarta membuat masyarakat berpikir dua kali dalam memilih angkutan umum sebagai jasa transportasi mereka.

Simak juga: 5 Tips Agar Traveling Anda Lebih Hemat dan Mengesankan

Selain itu, kenyamanan, keamanan, dan penyesuaian kebutuhan juga menjadi pertimbangan masyarakat yang penting untuk diperhatikan.


1. Kereta Api Commuter Line

1. Kereta Api Commuter Line
Transportasi publik yang satu ini memang menjadi andalan banyak orang, terutama mereka yang berasal dari daerah pendukung di luar ibukota, seperti Tangerang, Bogor, Bekasi dan Depok.

Selain dianggap terjangkau dan paling cepat, adanya fasilitas pendingin ruangan juga menjadi kelebihan dari kenyamanan yang bisa didapatkan penumpang.

Pengguna Kereta Api Commuter Line berasal dari seluruh lapisan masyarakat dan ragam usia. Saat jam-jam tertentu terutama pada jam berangkat kerja dan pulang kantor, jangan kaget apabila anda harus berdesakan ketika menggunakan transportasi satu ini.


2. Bus Trans Jakarta dan APTB

2. Bus Trans Jakarta dan APTB

Transportasi satu ini memang menjadi pilihan juga masyarakat Jakarta dan sekitarnya, selain harganya terjangkau, juga tersedia jalur khusus yang dapat dilalui sehingga lebih mengurangi waktu tempuh yang terbuang karena kemacetan.

Hanya saja, jalur khusus bus Trans Jakarta ini masih seringkali disalahgunakan oleh beberapa pengguna jalan sehingga malah menghambat lintasan dari kendaraan ini.

Adanya pendingin ruangan, kondektur, dan juga CCTV nampaknya menambah kesan nyaman dan juga aman bagi para pengguna transportasi publik di Ibukota.


3. Taksi

3. Taksi
Pada 2014 lalu, Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyatakan sudah menyediakan kuota sebesar 24 ribu untuk taksi.

Kelebihan yang menjadi andalan transportasi ini ialah fasilitas ekslusif bagi pengguna, sehingga walaupun termasuk transportasi umum tapi pengguna taksi mendapat fasilitas seakan menaiki kendaraan pribadi.

Taksi bisa anda temukan dengan mudah di jalan-jalan, bahkan bisa juga memesannya via telepon. Beberapa aplikasi pemesanan taksi pun sudah tersedia untuk smartphone sehingga semakin memudahkan pengguna untuk mendapatkan transportasi publik satu ini.

Kebanyakan pengguna taksi memang para pekerja kantoran dan mahasiswa dengan rute yang tidak terlalu jauh, atau dengan lama perjalanan sekitar 15 hingga 90 menit.

Namun, pengguna juga harus menyiapkan biaya lebih untuk bisa menggunakan transportasi satu ini, karena fasilitasnya yang ekslusif dan berbeda dengan transportasi umum lainnya.


4. Ojek Motor

4. Ojek Motor
Belakangan, transportasi umum yang satu ini memang menjadi favorit bagi kaum urban. Ojek motor dinilai sebagai satu-satunya transportasi umum yang dapat berjalan lebih cepat dengan menembus kemacetan.

Keahlian pengemudi serta pengetahuan akan jalan-jalan pintas di Ibukota menjadi kelebihan yang membedakannya dengan transportasi publik lainnya.

Tak sulit untuk menemukan tukang ojek di sudut-sudut jalan Jakarta. Bahkan saat ini juga sudah semakin canggih dengan tersedianya aplikasi pemesanan ojek untuk smartphone anda.

Sumber:
http://female.kompas.com/read/2015/05/20/101431320/Tiga.Transportasi.Publik.Pilihan.Orang.Jakarta


Related Posts

Empat Transportasi Publik Favorit di Jakarta
4/ 5
Oleh