Nutrisi Penting yang Harus Dipenuhi Pada Masa Pertumbuhan Anak

Nutrisi Penting yang Harus Dipenuhi Pada Masa Pertumbuhan Anak
Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan sangatlah penting untuk bisa dipenuhi nutrisinya.

Selain membantu tumbuh kembang si buah hati, pemenuhan nutrisi ini juga sangat berpengaruh terhadap perlindungan anak-anak dari beragam penyakit yang mengancam.

Sangat penting bagi para orang tua untuk mengetahui nutrisi-nutrisi apa saja yang sangat dibutuhkan selama fase pertumbuhan si buah hati.

1. Kalsium

Proses pertumbuhan anak sangat dipengaruhi oleh asupan kalsium. Selain untuk kekuatan tulang, kalsium juga membantu irama jantung agar tetap stabil, mengoptimalkan fungsi pembekuan darah, serta menjaga fungsi-fungsi otot.

Untuk memenuhi fungsi-fungsi lainnya dalam tubuh, maka kalsium akan ditarik oleh tubuh dari tulang ketika anak kekurangan asupan kalsium.

Baca juga: Asupan Penting untuk Menjaga Kesehatan Tulang Selain Susu

Kondisi ini mengakibatkan peningkatan risiko osteoporosis pada anak. Selain itu, asupan kafein pada anak juga harus dikurangi karena bisa mengakibatkan resorpsi kalsium dari tulang.

Sumber-sumber makan terbaik dalam pemenuhan kebutuhan kalsium antara lain: sayuran berdaun hijau, ikan teri, ragi, wijen, serta susu dan produk turunannya seperti keju juga paneer (keju cottage).

2. Serat

Konsumsi makanan yang banyak mengandung serat sangat baik bagi pasokan energi serta pertumbuhan dan perkembangan anak.

Senyawa tanaman yang disebut fitonutrien terkandung di dalam serat, dan berguna untuk anak dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

Serat juga sangat baik bagi pasien diabetes tipe 2, dan juga pasien dengan kadar kolesterol tinggi (hiperkolesterolemia) pada anak-anak dan orang dewasa.

Pemenuhan kebutuhan serat pada program diet juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung di kemudian hari.

Selain itu, serat juga dapat mengurangi kebiasaan ngemil yang tidak sehat karena membantu si anak merasa lebih cepat kenyang.

Sumber-sumber makanan terbaik yang mengandung serat untuk anak-anak antara lain sayuran, buah-buahan, biji-bijan, kecambah, dan sereal.

3. Potassium

Potassium mempunyai manfaat yang sangat banyak, di antaranya yaitu memberikan perlindungan pada fungsi otot dan jantung, berpartisipasi dalam produksi energi, membentuk tulang yang kuat, dan memelihara keseimbangan cairan dalam tubuh.

Pada orang dewasa, diet kaya potassium membantu dalam pencegahan tekanan darah tinggi. Makanan tinggi potassium yang diberikan pada anak-anak bisa membantu mereka menjaga tekanan darah yang juga akan bertambah seiring bertambahnya usia.

Makanan-makanan yang kaya potassium antara lain: sayuran, buah-buahan segar, produk susu, biji-bijian, daging serta makanan laut.

4. Vitamin E

Dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sangat penting untuk anak mendapatkan asupan vitamin E yang cukup. Sebab, vitamin E merupakan sumber antioksidan yang kuat.

Perlu kamu ketahui, kalau antioksidan sangat penting peranannya dalam menangkal radikal bebas yang bisa bersumber dari polusi udara, asap rokok, dan sinar UV (ultraviolet).

Asupan vitamin E ini dapat diperoleh oleh tubuh dengan mengkonsumsi makanan berasal gandum, kacang-kacangan maupun selai kacang asli.

Selain itu, biasanya terdapat pula pada sereal yang telah difortifikasi vitamin E, serta anda juga bisa menambahkan minyak biji bunga matahari ke dalam salad sebagai pilihan.

5. Vitamin D

Perkembangan penyakit-penyakit yang banyak menyerang orang dewasa seperti osteoporosis, kanker payudara, kanker usus, kanker prostat, depresi, dan penyakit jantung disinyalir karena masa kanak-kanak yang kurang asupan vitamin D.

Penyerapan kalsium sangat didukung oleh vitamin D yang juga berfungsi memaksimalkan kekuatan dan pertumbuhan tulang.

Rakhitis atau suatu kondisi tulang lunak bisa dialami pada anak-anak yang kekurangan asupan vitamin D.

Sumber makanan terbaik untuk vitamin D ini terdapat pada sinar matahari, produk susu, sereal, jus jeruk, dan yoghurt.

Selain itu, sumber makanan lain seperti ikan berlemak sehat misalnya salmon dan tuna juga kaya vitamin D.


Itulah tadi nutrisi-nutrisi yang sangat penting peranannya dalam pertumbuhan anak anda. Memberi gizi dan nutrisi yang cukup sejak dini akan melindungi mereka dari risiko penyakit-penyakit berbahaya di usia dewasa.

Sumber/gambar:
http://health.kompas.com/read/2011/10/20/14205452/5.nutrisi.penting.untuk.pertumbuhan.anak
health.kompas.com


Related Posts

Nutrisi Penting yang Harus Dipenuhi Pada Masa Pertumbuhan Anak
4/ 5
Oleh