Perhatikan Hal-hal Berikut Sebelum Memasang Iklan di Situs Lain

Perhatikan Hal-hal Berikut Sebelum Memasang Iklan di Situs Lain
Ada berbagai macam cara dalam mempromosikan produk/jasa melalui internet. Ada cara yang gratis maupun berbayar.

Jika budget anda terbatas dan memilih cara yang gratis, bisa anda lakukan dengan cara misalnya blogwalking, share link ke situs social bookmark, bertukar link dengan blog atau situs lain, pasang iklan baris gratis, dan lain-lain.

Sedangkan untuk cara yang berbayar juga ada banyak caranya. Mulai dari pasang iklan artikel review, pasang iklan di situs PPC, pasang iklan di situs web berita, atau bisa juga dengan memasang di blog pribadi milik orang lain.

Simak juga: Strategi Bisnis Dengan Menggratiskan Produk

Namun, dalam posting kali ini yang akan kami ulas adalah tentang pemasangan iklan di blog pribadi milik orang lain.

Sebab, kini seperti kita ketahui terdapat banyak sekali blog atau web pribadi yang menyediakan layanan pasang iklan berbayar.

Sehingga, anda pun akan menjadi bingung dalam memilih situs atau blog seperti apa yang cocok anda pasangi iklan link situs anda.

Tips memasang iklan situs anda di blog atau website orang lain:


1. Perhatikan Topik Blog

Topik atau tema blog yang hendak dipasangkan iklan situs anda sangatlah penting untuk diperhatikan.

Tujuannya ialah agar iklan anda lebih tertarget dan sesuai dengan minat para pengunjung di blog tersebut.

Selain itu, juga harus diperhatikan dari negara mana saja pengunjung situs tersebut dan kira-kira (sesuai dengan topik situs) berapa usia rata-rata pembaca pada situs tersebut.

Contoh sederhananya apabila situs tersebut membahas tentang infotainment, biasanya pengunjung blognya mayoritas adalah wanita dengan profesi seperti ibu rumah tangga, sebagian pelajar/mahasiswa, dan sedikit dari yang berkarir di dunia kerja.

Bila situs tersebut menggunakan bahasa Indonesia maka sudah dipastikan bahwa pengunjungnya hampir seluruhnya berasal dari negara Indonesia. Maka dilihat lagi apakah sesuai dengan produk anda yang menjual pakaian atau busana.


2. Cek Trafik dan Statistik Blog Secara Realtime

Trafik dan statistik merupakan suatu hal penting untuk anda perhatikan ketika hendak memasang iklan di situs tersebut.

Trafik di sini berarti jumlah pengunjung blog dan juga jumlah pageview per harinya dari blog tersebut.

Ada banyak tools online yang tersedia guna menghitung trafik blog. Salah satu yang paling akurat dan mudah penggunaannya adalah dengan HiStats.

Anda bisa mengunjungi situs histats.com untuk mengecek trafik suatu blog secara realtime. Jadi, sebaiknya jangan hanya mengandalkan tampilan screenshot trafik dari blog itu semata, karena bisa saja gambar tersebut hasil rekayasa.


3. Platform yang Digunakan oleh Blog

Sebaiknya anda sebagai advertiser juga harus cerdas dalam memilih blog mana yang ingin dipasangi iklan.

Disarankan untuk memilih platform blog yang sudah mandiri, karena platform blog yang gratisan tentu saja risikonya rawan untuk dihapus atau disuspended oleh si pemilik platform blog gratis tersebut.

Nantinya malah anda sendiri yang rugi ketika sudah bayar biaya pasang iklan untuk 2 bulan, ternyata sebelum masa tayang iklan selesai, blog terkena penghapusan oleh si empunya platform.


4. Ketentuan Pemasangan Iklan

Pada umumnya, web atau blog pribadi yang menyediakan layanan periklanan di situsnya mempunyai ketentuan pemasangan iklan dengan tarif per bulan. Jadi, tidak berdasarkan berapa jumlah iklan yang diklik.

Ketentuan pemasangan iklan pada suatu situs juga sebaiknya anda perhatikan apakah tujuan anda telah terpenuhi dengan memasang iklan di situs tersebut.

Tujuan yang umum dalam pemasangan iklan di blog atau situs orang lain yaitu untuk menciptakan brand awarness, mendapatkan konversi penjualan, atau memperoleh trafik yang melimpah ke situs/blog anda.


5. Lakukan Perbandingan Tarif

Biasanya harga atau tarif dalam pemasangan di blog yang satu dengan blog yang lain akan terdapat perbedaan.

Kendati demikian, dibandingkan dengan situs atau layanan pemasangan iklan di tempat lain seperti situs social media, situs portal berita online, PPC, maupun PTC, tarif pemasangan iklan di blog personal akan jauh lebih murah.

Di samping tarif yang lebih murah, pembayaran serta ketentuan materi iklan juga tidak terlalu ribet. Semua itu bisa dikomunikasikan dengan pemilik blog dengan baik.

Namun, tetaplah anda harus punya perbandingan antara harga iklan di blog yang satu dengan blog lain. Dan tentu saja perbandingannya harus dengan blog berkualitas sama.



Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika hendak memasang iklan di blog atau situs lain. Sebenarnya ada poin lain yang juga perlu anda pertimbangkan walaupun sifatnya ‘tidak wajib’, yaitu rangking blog.

Untuk mengetahui ranking suatu blog, ada banyak sekali situs maupun tools yang bisa anda gunakan. Namun, yang paling populer di kalangan webmaster ialah dengan menggunakan Alexa Rank dan Google Pagerank.

Hanya saja memang kedua perangkingan website tersebut kadang-kadang tidak terlalu berpengaruh pada jumlah visitor suatu situs.

Seperti misalnya, blog dengan pagerank 3, belum tentu juga jumlah pengunjungnya bisa mencapai ratusan ribu per hari.

Nah, dari beberapa tips di atas, semoga saja bisa berguna untuk anda. Dan tentunya bisa meningkatkan pendapatan bisnis online anda.


Sumber:
http://cara-ririn.com/tips-memasang-iklan-di-blog-website-orang-lain/


Related Posts

Perhatikan Hal-hal Berikut Sebelum Memasang Iklan di Situs Lain
4/ 5
Oleh