Perhatikan Jumlah Asupan Kalori yang Diperlukan Tubuh

Perhatikan Jumlah Asupan Kalori yang Diperlukan Tubuh
Sebuah kata yang kini semakin tidak asing lagi untuk didengar, apalagi saat anda sedang menjalani diet.

Namun, apakah anda tahu pasti apa itu kalori? Kenapa kalori dibutuhkan oleh tubuh dan berapa banyak yang kita butuhkan?

Menurut Samuel Oetoro seorang dokter spesialis gizi klinis, sebenarnya kalori itu adalah satuan untuk energi.

Baca juga: Lebih Dari Sejuta Orang Miliarder Tinggal Di Tiongkok

Atau lebih tepatnya, jumlah energi yang dibutuhkan oleh tubuh ditetapkan dalam satuan kalori.

Tubuh kita membutuhkan energi untuk melakukan aktivitasnya. Dari makananlah energi tersebut didapatkan. Sedangkan jumlah kalori dalam setiap makanan berbeda-beda.

Nilai gizi yang terkandung dalam suatu makanan menjadikan perbedaan kalori yang dihasilkan darinya. Lemak adalah zat gizi yang mengandung kalori paling tinggi, setelah itu barulah karbohidrat dan protein.

Bila menggunakan ukuran satu gram, perbandingan untuk lemak mengandung 9 kalori, sedang karbohidrat dan protein mempunyai kalori yang sama yaitu 4 kalori.


Faktor Penentu Kebutuhan Kalori Seseorang

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi besaran kebutuhan kalori seseorang, antara lain yaitu faktor usia, kelamin, berat badan, tinggi badan, dan intensitas aktivitas. Itulah beberapa faktor yang menentukan besar-kecilnya energi yang dikeluarkan tubuh.

Misalnya, dibutuhkan asupan 2 ribu kalori untuk umumnya pria dewasa yang sehat. Sementara kebutuhan kalori seseorang akan semakin rendah seiring bertambahnya usia.

Dalam menentukan kebutuhan kalori yang tepat untuk masing-masing individu ini tentunya membutuhkan perhitungan oleh ahli. Tidak bisa sembarangan, dan harus memperhatikan faktor-faktor yang sudah disebutkan tadi.


Jumlah Kalori Harus Selalu Terpenuhi

Setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda, dan harus selalu terpenuhi guna menjaga agar fungsi-fungsi tubuh berjalan dengan normal.

Namun, bagi seseorang yang sedang menjalankan diet untuk  menurunkan berat badan tentu jumlah kalori yang diasup bisa saja berbeda. Asupan kalorinya harus lebih rendah di bawah dari kebutuhan seperti biasanya.

Dan berlaku sebaliknya bagi orang yang hendak menaikkan berat badan. Asupan kalorinya harus lebih besar dari kebutuhan kalori seperti biasanya, namun tidak boleh terlalu drastis karena hal ini juga akan mengganggu fungsi tubuh.

Idealnya, penurunan berat badan seseorang hanya turun 2 sampai 4 kilogram dalam waktu sebulan. Jika lebih dari itu, besar kemungkinan ada fungsi tubuh yang akan terganggu.

Sumber/gambar:
http://health.kompas.com/read/2014/01/18/0923394/Apa.Sih.Kalori.dan.Berapa.yang.Kita.Butuhkan.
sehatituherbal.wordpress.com


Related Posts

Perhatikan Jumlah Asupan Kalori yang Diperlukan Tubuh
4/ 5
Oleh