Pola Makan Sehat yang Berantakan Akibat Kemapanan

Kemapanan karir dan hidup yang semakin makmur biasanya menandakan bahwa kamu sudah memasuki usia dewasa yang lebih produktif.

Namun, terkadang kemapanan ini juga berbanding lurus dengan pola makan sehat yang menjadi tidak teratur. Seringnya banyak dari kamu yang lebih senang mengkonsumsi makanan-makanan yang kurang sehat.

Kamu akan lebih memilih makanan yang banyak mengandung lemak, makanan asin, dan makanan manis.

Dan itu lebih menjadi pilihanmu ketimbang sayur mayur atau makanan yang kaya akan serat. Dampak yang mungkin ditimbulkan tidak hanya kegemukan, tapi juga kamu menjadi rentan terhadap penyakit kronik.

Pasti akan ada yang berubah dalam pola makan orang yang begitu makmur. Fungsi makanan sekarang nampaknya telah mengalami pergeseran. Makanan kini juga mempunyai fungsi dalam menyatakan jati diri dan status sosial seseorang.

Baca juga: Beragam Manfaat Lidah Buaya yang Jarang Diketahui

Tingginya jumlah penyakit tidak menular di Indonesia seperti penyakit jantung, diabetes, dan Stroke juga dipicu oleh kebiasaan masyarakat kita yang senang dengan makanan manis, asin, maupun makanan berlemak.

Faktor gaya hidup yang kurang sehat seperti kurang bergerak dan pola makan yang amburadul menjadi penyebabnya.

Sehingga membuat penyakit tidak menular seperti penyakit jantung, pernapasan, kanker, dan diabetes sekarang ini menjadi pembunuh utama di dunia.

Melihat kenyataan ini, sebaiknya peraturan menteri kesehatan tentang pembatasan gula, garam, dan lemak (GGL) harus segera diterapkan.

Kalau di negara maju, setiap industri makanan dan termasuk juga di restoran wajib menampilkan kandungan gizi dan kalori dari makanan yang dijualnya.

Hal ini memberikan informasi yang sangat berguna bagi konsumen tentang berapa lemak dan kalori dari makanan yang disantapnya. Sehingga asupan zat makanan ke dalam tubuh bisa lebih terkontrol.

Apabila kita ingin meningkatkan kualitas hidup sehat, penerapan pola makan sehat memang menjadi syarat mutlak yang tak bisa ditawar lagi.

Sumber/gambar:
http://health.kompas.com/read/2014/05/07/1643057/Makin.Makmur.Makin.Berantakan.Pola.Makan.
kokiku.tv


Related Posts

Pola Makan Sehat yang Berantakan Akibat Kemapanan
4/ 5
Oleh