Produk Asuransi yang Wajib Anda dan Keluarga Miliki

Produk Asuransi yang Wajib Anda dan Keluarga Miliki
Asuransi merupakan salah satu pilar utama dalam konsep perencanaan keuangan, dan harus dimiliki oleh semua orang.

Selama ini banyak orang hanya terpaku pada Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa saja. Padahal, jumlah produk asuransi lebih banyak dari itu.

Namun, sayangnya banyak orang yang justru salah dalam membeli asuransi. Asuransi yang tidak terlalu dibutuhkan malah dibeli, sedangkan asuransi yang dibutuhkan malah tidak dibeli.

Baca juga: 10 Perusahaan Asuransi Kesehatan di Indonesia dengan Reputasi Baik

Hal tersebut kerap terjadi disebabkan karena kurangnya pemahaman konsumen tentang produk-produk asuransi dan kegunaannya, serta terlalu mudahnya konsumen terkena bujukan para agen dan penjual asuransi.


1. Asuransi Kesehatan

Sehat itu mahal, apalagi kalau sudah sakit? Semakin mahalnya biaya berobat tentu akan sangat menyulitkan anda ketika harus melakukan pengobatan di Rumah Sakit atau Klinik Pengobatan.

Di Negara kita memang terdapat 2 jenis asuransi kesehatan, yakni asuransi rawat jalan dan asuransi rawat inap.

Bagi sebagian orang Indonesia, untuk biaya rawat jalan sebenarnya masih relatif terjangkau. Hanya saja untuk biaya rawat inap memang biasanya membutuhkan dana yang cukup banyak.

Namun kita memang patut bersyukur, karena masyarakat Indonesia saat ini telah memiliki asuransi kesehatan umum yang berasal dari pemerintah.

Jika biaya premi asuransi swasta dirasa terlalu mahal, maka dengan adanya asuransi dari pemerintah ini dapat membantu anda dalam pengobatan rawat inap.

Walaupun masih terdapat banyak batasan dalam asuransi kesehatan umum dari pemerintah ini, tapi paling tidak asuransi tersebut ketika sangat dibutuhkan dapat meringankan biaya pengobatan yang harus anda keluarkan.


2. Asuransi Kendaraan

Mungkin banyak kalangan beranggapan bahwa asuransi jiwa adalah salah satu produk asuransi yang sangat dibutuhkan setelah asuransi kesehatan.

Namun jika anda memiliki kendaraan seperti mobil atau sepeda motor, maka risiko anda terlibat kecelakaan dan kasus-kasus lain di jalan raya akan semakin besar.

Maka dari itu, asuransi kendaraan berada di urutan kedua asuransi yang wajib anda miliki setelah asuransi kesehatan.

Di Negara kita sendiri, ada 2 jenis asuransi kendaraan yaitu Total Lost Only (TLO) dan Comprehensive.

TLO hanya akan melindungi kendaraan anda jika hilang dicuri atau terjadi kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan total dengan persentase di atas 70% atau di beberapa asuransi ada yang mempunyai kebijakan perlindungan bila di atas 80%.

Sedangkan untuk asuransi comprehensive, semua risiko yang terdapat di dalam Standar Asuransi Kecelakaan di Indonesia akan mendapat perlindungan, kecuali bila memang ada pengecualian dari perusahaan asuransi tersebut.

Sayangnya, kebanyakan dari kita hanya mengasuransikan kendaraan ketika membeli secara kredit dan menghentikan asuransi saat kredit telah lunas.

Dalam memilih asuransi kendaraan yang tepat, perhatikan polis dan proteksi yang didapatkan dari asuransi standar tersebut.

Dan jika masih dirasa kurang, anda bisa membeli asuransi tambahan lain yang disebut dengan extended insurance.


3. Asuransi Rumah

Bila anda sudah memiliki rumah tinggal sendiri, maka yang harus anda miliki selanjutnya ialah asuransi rumah atau properti.

Dengan adanya asuransi rumah yang anda miliki, bila terjadi hal-hal tidak diinginkan seperti bencana alam, dan musibah kebakaran, akan dapat meminimalisir biaya renovasi atau perbaikan rumah yang dibutuhkan.

Asuransi rumah di Indonesia mengacu pada Standard Property Policy. Hal yang wajib anda lakukan adalah melakukan pengecekan apakah anda sudah mendapat perlindungan asuransi yang mencukupi.

Di Indonesia, dalam asuransi kerugian disebutkan apabila pernah terjadi suatu risiko pada suatu tempat maka perlindungan di dalam polis standard terhadap risiko tersebut akan ditiadakan atau tidak diikutsertakan (excluded).

Dengan begitu, tentunya anda membutuhkan proteksi tambahan dan harus membeli asuransi tambahan atau extended apabila tempat tinggal anda tidak termasuk pada polis standard tertentu terhadap suatu bencana tertentu.

Banjir dan gempa bumi merupakan beberapa contoh risiko yang mungkin membutuhkan asuransi tambahan dikarenakan kedua hal tersebut sudah sering terjadi di banyak daerah di Indonesia sehingga dalam polis standard risiko ini menjadi tidak dilindungi.

Selain itu, salah satu contoh asuransi tambahan lain yang akan anda butuhkan adalah asuransi listrik jika terjadi arus pendek di dalam rumah anda hingga mengakibatkan kebakaran.

Asuransi lainnya juga anda perlukan seperti perabotan dan isi rumah, serta asuransi-asuransi properti lain yang menurut anda perlu.


4. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa ‘mungkin’ akan anda perlukan setelah beberapa asuransi yang sebelumnya disebutkan di atas telah anda penuhi.

Kata ‘mungkin’ di sini bisa berarti bahwa belum tentu semua orang khususnya di Indonesia yang membutuhkan asuransi jiwa.

Berbicara tentang asuransi jiwa, yang perlu anda ingat adalah penggunaan asuransi ini sebagai proteksi atau perlindungan terhadap diri anda bila terjadi risiko kematian. Maka, terdapat sejumlah dana yang akan diberikan kepada ahli waris atau keluarga yang anda cintai.

Ada 4 jenis Asuransi Jiwa yang terdapat di Indonesia, yakni Term Life (asuransi jiwa berjangka), Whole Life (asuransi jiwa seumur hidup), Endowment serta Unitlink (asuransi jiwa dengan investasi.

Sedangkan jika anda membutuhkan asuransi jiwa hanya sebagai proteksi semata, maka jenis asuransi jiwa yang sesuai untuk kebutuhan ialah yang pertama yaitu Term Life (asuransi jiwa berjangka).

Hindari kesalahan dalam membeli asuransi jiwa, karena biasanya akan ada rayuan dari agen asuransi untuk membeli asuransi jenis lainnya.

Kesalahan dalam membeli asuransi bisa membuat anda mengalami kondisi seperti:
- terlalu tinggi dan mahal biaya premi yang harus dibayarkan,
- biaya atau fee yang dibebankan kepada asuransi jiwa anda cukup tinggi,
- akibatnya benefit yang didapatkan tidak sesuai dengan kebutuhan anda.


Demikianlah posting tentang beberapa asuransi yang anda dan keluarga wajib miliki. Sebenarnya masih banyak asuransi lain yang dapat anda beli namun mungkin belum terlalu anda butuhkan untuk saat ini.

Bahkan sebaiknya anda juga berhati-hati karena ada beberapa asuransi yang sebaiknya anda hindari untuk dibeli.

Sumber:
http://finance.detik.com/read/2015/02/10/072444/2828303/722/asuransi-apa-yang-wajib-dimiliki--1-


Related Posts

Produk Asuransi yang Wajib Anda dan Keluarga Miliki
4/ 5
Oleh